Cara Mencari Data Yang Sama Excell

Excel adalah program pengolah data yang sering digunakan untuk membuat tabel, grafik, dan banyak lagi. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Excel adalah mencari data yang sama. Hal ini sangat berguna ketika kita ingin mengecek data tertentu atau ingin membandingkan data dari beberapa sumber yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai cara untuk mencari data yang sama di Excel.

Cara Mencari Nama yang Sama Di Excel

Salah satu cara untuk mencari data yang sama di Excel adalah dengan mencari nama yang sama. Ini berguna ketika kita ingin memeriksa apakah ada duplikat dalam data atau ingin menemukan entri tertentu dalam daftar nama yang panjang.

Langkah 1: Persiapkan Data Anda

Sebelum Anda dapat mencari nama yang sama di Excel, Anda harus memiliki data Anda siap. Pastikan bahwa data Anda tersimpan dalam format Excel dan bahwa nama yang ingin Anda cari berada dalam satu kolom.

Langkah 2: Memilih Kolom Nama

Sekarang, Anda perlu memilih kolom yang berisi nama yang ingin Anda cari. Anda dapat melakukannya dengan mengklik huruf kolom di bagian atas spreadsheet. Misalnya, jika kolom Anda berada di kolom A, klik huruf “A”. Kolom harus menjadi warna biru untuk menunjukkan bahwa itu dipilih.

Langkah 3: Mengaktifkan Fungsi Mencari

Sekarang, Anda dapat mengaktifkan fungsi Cari di Excel. Tekan tombol Ctrl + F pada keyboard Anda atau buka tab Penemuan & Seleksi di Ribbon dan klik tombol Cari & Ganti. Kemudian, kotak dialog akan muncul.

Langkah 4: Memasukkan Nama yang Ingin Dicari

Dalam kotak dialog Cari, ketikkan nama yang ingin Anda cari. Misalnya, jika Anda mencari nama John Smith, ketik “John Smith” di kotak “Find what”.

Langkah 5: Memulai Pencarian

Sekarang, Anda dapat memulai pencarian Anda di Excel. Klik tombol “Find Next” untuk menemukan nama pertama dalam daftar yang sama dengan yang Anda cari. Excel akan menyoroti sel di mana nama itu ditemukan.

Langkah 6: Menemukan Semua Eksemplar Nama

Jika Anda ingin mencari semua kemunculan nama di seluruh spreadsheet, Anda dapat mengklik tombol “Find All” di kotak dialog Cari. Ini akan menampilkan daftar semua kejadian nama dalam spreadsheet. Anda dapat mengklik salah satu entri dalam daftar untuk langsung menuju ke halaman yang sesuai.

Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan Rumus VLOOKUP

VLOOKUP adalah salah satu rumus Excel yang sangat berguna untuk mencari data yang sama di dalam spreadsheet. Rumus ini digunakan ketika data yang sama terletak dalam kolom yang berbeda atau bahkan di spreadsheet yang berbeda. Rumus ini memungkinkan Anda untuk mencari data yang sama, kemudian mengambil nilai lain dari baris yang sama.

Langkah 1: Persiapkan Data Anda

Sebelum Anda dapat menggunakan rumus VLOOKUP, Anda harus memiliki data Anda siap. Pastikan bahwa data Anda tersimpan dalam format Excel dan bahwa data yang ingin Anda cari dan data lain yang ingin Anda ambil nilainya terletak dalam dua kolom yang berbeda.

Langkah 2: Tuliskan Rumus VLOOKUP

Untuk menemukan data yang sama di Excel menggunakan VLOOKUP, mulailah dengan menuliskan rumus. Rumus VLOOKUP memiliki sintaks yang berbeda tergantung pada versi Excel yang Anda gunakan, tetapi format umumnya adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

lookup_value adalah nilai yang sedang Anda cari, table_array adalah rentang sel yang berisi data yang sedang Anda cari, col_index_num adalah nomor kolom tempat Anda ingin mengambil nilai, dan range_lookup adalah nilai yang menentukan apakah Excel harus mencari persis sama dengan nilai yang sedang Anda cari.

Langkah 3: Memasukkan Nilai yang Ingin Dicari

Masukkan nilai yang ingin Anda cari di dalam rumus VLOOKUP. Misalnya, jika Anda ingin mencari nilai “John Smith”, masukkan nilai itu ke dalam lookup_value.

Baca Juga :  CARA BUKA FILE EXCEL 2017 DI EXCEL 2007

Langkah 4: Menentukan Tabel Array

Sekarang, Anda perlu menentukan tabel array atau rentang sel di mana data Anda berada. Ini termasuk sel yang berisi data yang sedang Anda cari. Misalnya, jika data Anda terletak di kolom A dan B, pilih sel A1 sampai B1000.

Langkah 5: Menentukan Nomor Kolom

Setelah menentukan tabel array, Anda perlu menentukan nomor kolom tempat Anda ingin mengambil nilai. Ini adalah nomor kolom tertentu dalam tabel array yang berisi nilai yang ingin Anda ambil. Misalnya, jika Anda ingin mengambil nilai di kolom B, masukkan nomor 2 ke dalam col_index_num.

Langkah 6: Menyelesaikan Formula

Setelah menentukan semua nilai yang diperlukan dalam rumus VLOOKUP, Anda dapat menyelesaikan rumus dengan menekan tombol Enter. Excel akan mencari nilai yang sama dengan nilai yang Anda masukkan dan mengambil nilai yang ingin Anda ambil dari kolom lain dalam baris yang sama.

Cara Mencari Data yang Sama Pada Kolom atau Sheet Berbeda di Excel

Kadang-kadang, kita perlu mencari data yang sama pada kolom atau sheet yang berbeda di Excel. Dalam kasus seperti itu, ada dua cara yang dapat kita gunakan untuk mencari data yang sama.

Metode 1: Menggunakan Fungsi MATCH dan INDEX

Langkah 1: Persiapkan Data Anda
Pastikan bahwa data Anda tersimpan dalam format Excel dan bahwa data yang ingin Anda cari terletak pada kolom atau sheet yang berbeda.

Langkah 2: Tulis Fungsi MATCH
Ketik fungsi MATCH di sel baru dan tentukan nilai yang ingin Anda cari serta seluruh range untuk pencarian. Misalnya:

=MATCH(A2,'Sheet2'!A2:A100,0)

Fungsi MATCH mencari nilai A2 pada kolom A di Sheet2 dan mengembalikan nomor baris tempat nilai tersebut ditemukan. Argumen ketiga, yaitu 0, menandakan bahwa Excel harus mencari nilai yang cocok persis.

Langkah 3: Tuliskan Fungsi INDEX
Dalam sel yang sama, tuliskan fungsi INDEX untuk menemukan nilai dalam baris yang sesuai.

=INDEX('Sheet2'!B2:B100, MATCH(A2,'Sheet2'!A2:A100,0))

Fungsi INDEX menentukan nilai dalam kolom B di Sheet2 menggunakan nomor baris yang ditemukan oleh fungsi MATCH.

Langkah 4: Salin Formula
Salin formula yang Anda tulis di langkah 2 dan 3 ke seluruh kolom untuk menemukan nilai yang sama dalam kolom atau sheet yang berbeda.

Metode 2: Menggunakan Fungsi VLOOKUP

Langkah 1: Persiapkan Data Anda
Pastikan bahwa data Anda tersimpan dalam format Excel dan bahwa data yang ingin Anda cari terletak pada kolom atau sheet yang berbeda.

Langkah 2: Tuliskan Fungsi VLOOKUP
Buat formula VLOOKUP untuk mencari data yang sama. Masukkan nilai yang ingin Anda cari, rentang sel pencarian, nomor kolom untuk nilai yang ingin Anda ambil, dan jangan menyetel range_lookup ke nilai benar atau salah.

=VLOOKUP(A2,Sheet2!A2:B100,2,FALSE)

Formula ini mencari nilai di kolom A di Sheet2 yang sama dengan nilai A2 dan mengambil nilai di kolom B dalam baris yang sesuai. Argumen ketiga, yaitu 2, menandakan bahwa nilai yang diambil terletak di kolom kedua dalam rentang sel pencarian.

Argumen keempat, yaitu FALSE, menandakan bahwa fungsi VLOOKUP harus menemukan nilai persis. Jangan menggunakan range_lookup yang sama dengan TRUE atau 1 karena ini akan mengembalikan hasil pencarian yang tidak tepat.

Langkah 3: Salin Formula
Salin formula yang Anda tulis di langkah 2 ke seluruh kolom untuk menemukan nilai yang sama dalam kolom atau sheet yang berbeda.

FAQ

1. Apa itu fungsi exact dalam Excel?

Fungsi exact dalam Excel digunakan untuk membandingkan dua nilai teks dan mengembalikan nilai benar atau salah tergantung pada apakah kedua nilai tersebut sama persis. Fungsi exact dapat sangat berguna ketika Anda perlu membandingkan dua data dalam Excel.

2. Apa itu filter dalam Excel?

Filter dalam Excel memungkinkan Anda memfilter data berdasarkan kriteria tertentu. Anda dapat menggunakan fitur filter untuk menampilkan semua nilai unik dalam kolom tertentu, menghilangkan nilai duplikat dalam kolom, atau memfilter data hanya menampilkan entri yang memenuhi kriteria tertentu.