Cara Install Windows 8.1 From Usb

Apakah kamu sedang mencari cara untuk menginstall windows di laptop atau komputer kamu tanpa perlu menggunakan CD atau DVD? Mungkin kamu bisa mencoba menginstallnya melalui flashdisk. Berikut adalah panduan lengkap cara install windows 7, 8, dan 10 menggunakan flashdisk:

Cara Install Windows dengan Flashdisk

Pertama-tama, pastikan kamu sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB, file ISO dari windows yang ingin diinstall, dan tentunya laptop atau komputer yang ingin diinstall windows-nya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Bootable Flashdisk

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat flashdisk kamu menjadi bootable. Caranya, download dan instal software bernama Rufus. Setelah itu, jalankan Rufus dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih flashdisk yang ingin kamu gunakan sebagai media instalasi.
  • Pilih file ISO windows yang ingin kamu install.
  • Pilih opsi MBR jika kamu ingin menginstall windows pada komputer atau laptop dengan BIOS legacy dan pilih opsi GPT jika kamu ingin menginstall windows pada komputer atau laptop dengan UEFI.
  • Klik start dan tunggu hingga proses bootable selesai.

Setelah bootable flashdisk kamu berhasil dibuat, kamu siap untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Setting Bios pada Komputer atau Laptop

Setelah flashdisk kamu siap, kamu perlu setting bios pada komputer atau laptop yang ingin kamu install windows-nya. Caranya, restart komputer atau laptop kamu dan tekan tombol F2 (atau tombol lain sesuai merek komputer kamu) untuk masuk ke menu bios. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih opsi Boot atau Boot Device.
  • Pilih flashdisk yang sudah kamu buat tadi sebagai media instalasi pada opsi Boot Order atau Boot Priority. Posisikan flashdisk di paling atas.
  • Simpan perubahan dan keluar dari menu bios.

Setelah kamu setting bios, komputer atau laptop kamu akan otomatis melakukan boot melalui flashdisk yang kamu siapkan tadi saat kamu restart.

3. Instal Windows

Selanjutnya, kamu perlu mengikuti panduan install windows seperti biasa. Pilih bahasa dan opsi instalasi yang kamu inginkan seperti umumnya. Pastikan kamu memilih partisi hardisk yang kosong untuk menginstall windows-nya. Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi selesai. Kamu akan diminta untuk memasukkan serial number saat kamu menginstal windows 10.

FAQ

1. Bagaimana Jika Flashdisk Saya Lebih Kecil dari 4GB?

Flashdisk dengan kapasitas lebih kecil dari 4GB tidak bisa digunakan untuk membuat bootable media. Sebaiknya kamu menggunakan flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB agar bisa digunakan untuk membuat bootable media.

2. Mengapa Pembuatan Bootable Flashdisk Gagal?

Ada beberapa alasan mengapa pembuatan bootable flashdisk bisa gagal, antara lain :

  • File ISO rusak atau corrupted.
  • Flashdisk corrupt, rusak, atau berisi file yang tidak bisa dihapus.
  • Koneksi internet yang buruk saat download file ISO dari internet.
  • Software Rufus yang error. Masalah ini bisa diatasi dengan menghapus software Rufus yang sudah terpasang dan menginstal kembali software Rufus yang terbaru.

Video Tutorial : Cara Install Windows 7, 8 dan 10 Menggunakan Flashdisk

Cara Install Windows 8 Lengkap dengan Gambar

1. Masuk ke Menu Instalasi Windows

Cara Install Windows 8.1 From Usb

Setelah kamu berhasil membuat bootable flashdisk, masukkan flashdisk kamu ke dalam komputer atau laptop yang ingin kamu install windows-nya. Kemudian restart dan tekan tombol F12 (atau tombol lain sesuai merek komputer kamu) untuk memilih bootable media-nya. Pilih flashdisk dan kamu akan masuk ke menu instalasi windows seperti gambar di atas.

Baca Juga :  Cara Update Driver Laptop Windows 7

2. Pilih Bahasa dan Klik Next

Pilih Bahasa

Setelah kamu masuk ke menu instalasi windows, pilih bahasa yang kamu inginkan dan klik Next.

3. Klik Install Now

Klik Install Now

Pada menu selanjutnya, klik Install Now untuk memulai instalasi windows.

4. Masukkan Serial Number

Masukkan Serial Number

Pada menu selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan serial number. Masukkan serial number yang kamu miliki pada kolom yang disediakan. Kamu bisa skip langkah ini jika kamu menggunakan windows 10.

5. Pilih Tipe Instalasi Yang Diinginkan

Pilih Tipe Instalasi

Pada menu selanjutnya, kamu diminta untuk memilih tipe instalasi yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih tipe instalasi custom jika kamu ingin mengatur partisi harddisk atau memilih upgrade jika kamu ingin mengupgrade windows yang sudah kamu miliki.

6. Pilih Partisi Harddisk

Pilih Partisi Harddisk

Kamu akan diminta untuk memilih partisi harddisk berdasarkan kapasitas dan tidaknya partisi yang dipilih. Pilih partisi yang ingin kamu jadikan sebagai tempat instalasi windows-nya. Kamu bisa membuat partisi baru, memperbesar kapasitas partisi tertentu atau menghapus partisi yang tidak kamu butuhkan.

7. Tunggu Hingga Proses Instalasi Selesai

Tunggu Proses Instalasi

Setelah kamu memilih partisi hardisk, kamu akan diminta untuk memastikan untuk memilih drive yang tepat dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Kami sarankan agar kamu tetap menyalakan komputer atau laptop selama proses instalasi karena proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Itulah langkah-langkah cara install windows 8. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menginstall windows 8 dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya cara install windows 8, di atas juga terdapat panduan untuk menginstall windows 7 dan 10 menggunakan flashdisk. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara install windows menggunakan flashdisk.