BAGAIMANA CARA DEFINE DATA EXCEL KE GROUP

BAGAIMANA CARA DEFINE DATA EXCEL KE GROUPCara Mudah Memasukkan Data Excel ke Website

Saat ini, menggunakan Excel untuk membuat laporan dan data sudah menjadi hal yang lazim. Namun, bagaimana jika data yang sudah diolah di Excel harus ditampilkan di website? Tentu saja, Anda dapat mengcopy-paste data dari Excel ke website secara manual, namun hal tersebut bisa memakan waktu dan berisiko terjadinya kesalahan saat penginputan data. Sebagai solusinya, berikut adalah cara kilat untuk memasukkan data Excel ke website:

1. Menggunakan Excel to HTML Converter
Salah satu cara tercepat dan mudah untuk memasukkan data Excel ke website adalah dengan menggunakan Excel to HTML Converter. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan software yang bernama “EasyTables”. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat mengubah file Excel menjadi kode HTML yang siap dipasang di website.
Cara menggunakan software ini pun cukup mudah. Setelah Anda memasukkan data ke file Excel, cukup select range data yang ingin Anda masukkan ke website, lalu klik “Create HTML”. Setelah itu, salin dan paste kode HTML yang sudah dihasilkan ke website.
Keuntungan menggunakan Excel to HTML Converter adalah hasilnya yang rapi, dan kita tidak perlu melakukan penginputan data secara manual.

2. Menggunakan PHP dan MySQL
Salah satu cara lain untuk memasukkan data Excel ke website adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan MySQL. Baik PHP maupun MySQL adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan dalam pemrograman website, sehingga setiap web programmer pasti sudah familiar dengan bahasa ini.
Yang perlu dilakukan adalah mengambil data dari file Excel yang ingin dimasukkan ke website, kemudian menyimpannya ke database MySQL, dan akhirnya menampilkan data tersebut di website menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Cara Membuat Import Data Excel ke Database MySQL dengan PHP

Untuk dapat memasukkan data Excel ke database MySQL, berikut adalah beberapa tahapan yang bisa Anda ikuti:

1. Membuat database dan table di MySQL
Untuk dapat memasukkan data ke MySQL, Anda harus membuat database pada panel admin MySQL, lalu membuat table di dalam database tersebut. Anda harus memastikan column pada table tersebut memiliki nama yang sama dengan column pada data Excel yang ingin dimasukkan ke MySQL.

2. Membuat form upload Excel
Buat form upload Excel di website menggunakan HTML. Anda juga bisa menggunakan library PHPExcel untuk membaca data pada file Excel. Setelah itu, data pada file Excel akan disimpan di variabel yang bisa Anda gunakan pada langkah selanjutnya.

3. Menggunakan fungsi INSERT untuk memasukkan data ke MySQL
Untuk memasukkan data yang sudah diperoleh dari file Excel ke MySQL, Anda bisa menggunakan fungsi INSERT pada PHP. Syntax untuk fungsi INSERT adalah sebagai berikut :
“`
INSERT INTO nama_tabel
VALUES (value1, value2, value3, …);
“`
Dalam syntax tersebut, nama_tabel adalah nama table di MySQL, sedangkan value1, value2, dan value3 adalah nilai yang ingin dimasukkan ke column pada table tersebut. Anda bisa mengulang syntax INSERT untuk setiap row pada data Excel.

4. Menampilkan data pada website
Setelah data sudah berhasil dimasukkan ke database MySQL, langkah selanjutnya adalah menampilkan data tersebut di website. Anda bisa menggunakan PHP untuk melakukan query SELECT pada table di MySQL, kemudian menampilkan data tersebut di website menggunakan bahasa HTML.

Demikian cara mudah memasukkan data Excel ke website. Dengan adanya cara-cara tersebut, Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

FAQ

1. Bagaimana jika file Excel memiliki ribuan data? Apakah masih bisa memakai cara ini?
Ya, tentu saja bisa, jika Anda memakai cara yang benar. Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti PHP dan MySQL untuk mengimport ribuan data dari Excel ke website hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Baca Juga :  Cara Mengimport Data Excel Ke Aplikasi Simrs Khanza 2019

2. Apakah ada software lain selain EasyTables yang bisa digunakan untuk memasukkan data Excel ke website?
Ya, ada banyak software lain yang bisa digunakan untuk memasukkan data Excel ke website. Beberapa diantaranya adalah:
– Excel to JSON Converter
– Excel to XML Converter
– Excel to CSV Converter

FAQ

1. Apakah saya harus memiliki kemampuan pemrograman untuk dapat memasukkan data Excel ke website?
Tidak, Anda tidak perlu memiliki kemampuan pemrograman yang tinggi untuk dapat melakukan ini. Namun, jika Anda ingin memanfaatkan PHP dan MySQL, sebaiknya memiliki pengetahuan dasar mengenai bahasa tersebut.

2. Bagaimana jika saya masih merasa kesulitan dalam memasukkan data Excel ke website?
Anda bisa mencari bantuan dari web developer atau memanfaatkan jasa konversi Excel ke website dari provider layanan di internet. Beberapa provider mungkin menawarkan jasa konversi dengan harga yang terjangkau.

[include video Youtube disini]