Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak pengolah angka yang paling populer di dunia. Excel digunakan untuk mengelola data seperti rumus-rumus matematika, tabel, grafik, dan banyak lagi. Namun, ketika menggunakan Excel, kita seringkali dipusingkan oleh banyaknya data yang ada dalam format spreadsheet yang besar. Carilah cara-cara untuk melakukan pencarian data dengan cepat dapat sangat membantu dalam menghemat waktu dan usaha. Itulah sebabnya dalam artikel ini, kami akan mengajarkan Cara Mencari Data di Excel dengan Cepat yang bisa membantu anda meningkatkan produktivitas pekerjaan anda.
Memulai Pencarian Data
Cara pertama yang dapat anda coba saat mencari data di Excel adalah dengan menggunakan fitur “Find”. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Pilih spreadsheet tempat anda ingin menjalankan pencarian data;
Periksa apakah data dalam spreadsheet sudah terurut atau tidak;
Anda bisa menggunakan shortcut keyboard CTRL + F atau klik menu Edit di toolbar untuk membuka kotak dialog “Find and Replace”;
Masukkan data atau kata kunci yang ingin dicari di dalam kotak “Find What”;
Anda dapat memilih opsi “Match Case” dan “Match Entire Cell Contents” jika ingin mencari kata yang tepat.
Klik tombol “Find Next” untuk memulai pencarian pertama kali.
Selain itu, jika anda ingin mencari seluruh sebaris atau seluruh sebaris pada sheet kerja anda, anda dapat menggunakan tombol keyboard F5. Kemudian, pilih tab “Special” dan pilih opsi “Row” atau “Column”. Setelah itu, klik tombol “Find All”, maka Excel akan menampilkan seluruh baris atau kolom yang mengandung data atau kata kunci yang diinginkan.
Mencari Data dengan Filter
Fitur kedua yang dapat anda coba saat mencari data di Excel adalah dengan menggunakan fitur “Filter”. Seperti yang kita ketahui, fitur filter memungkinkan kita untuk memfilter kiriman dari data tertentu yang kita inginkan;
Anda perlu memilih sheet kerja yang memuat data yang ingin anda filter;
Klik pada tombol Filter yang ada di toolbar atau klik Ctrl + Shift + L;
Anda akan melihat panah dropdown disamping setiap kolom pada data anda;
Klik pada panah dropdown disamping kolom yang ingin anda filter;
Pilih kriteria filter yang anda sukai;
Tentukan nilai atau kata kunci yang ingin anda filter;
Klik OK.
Setelah menyelesaikan fitur filter diatas, Excel akan menunjukkan baris-baris yang cocok dengan kriteria filter yang anda tentukan.
Rumus Excel Memberi Warna Pada Cell
Rumus Excel memungkinkan penggunanya untuk melakukan beberapa tindakan secara otomatis seperti menyederhanakan proses dan mempermudah pekerjaan. Adakalanya membuat penyorotan warna pada beberapa cell dapat membantu anda dalam mengamati angka-angka vital pada data anda. Sekarang, kita akan membahas bagaimana cara untuk memberikan baris atau sel dalam spreadheet dengan kode warna yang kita inginkan menggunakan tabel ini:
No.
Warna
Nilai Warna
1
Merah
255
2
Biru
16711680
3
Hijau
65280
4
Putih
16777215
Berikut adalah contoh bagaimana untuk memberi warna pada cell dalam Excel dengan rumus:
Contoh: Menambahkan Warna pada Cell A1 Jika Nilainya Lebih Besar dari 500
Klik pada sel A1 yang ingin di beri warna;
Pilih Format Cells di toolbar atau klik kanan pada sel dan pilih “Format Cells”;
Pilih tab “Fill” dan pastikan warna yang diinginkan;
Klik OK;
Untuk memberikan warna pada sel jika nilai lebih besar dari 500, gunakan rumus berikut: =IF(A1>500,Warna Sel,Kosong)
Cara Mencari File/Folder Besar di Windows!
Jika anda ingin menghapus beberapa file atau folder pada PC anda untuk membebaskan ruang penyimpanan, maka Cara Mencari File/Folder Besar di Windows akan sangat membantu. Dengan melacak folder atau file besar di PC atau laptop, anda dapat dengan mudah mengakses dan menghapus file dan folder dengan ukuran terbesar yang tidak terpakai lagi.
Berikut adalah Cara Mencari File/Folder Besar di Windows melalui Properties:
Klik kanan pada salah satu drive atau folder yang ingin anda periksa;
Pilih Properties;
Pada tab “General,” Anda akan melihat jumlah kapasitas drive atau folder dan berapa banyak yang masih tersedia;
Klik pada tombol “Disk Cleanup” yang ada di bagian “General” untuk menghapus file yang tidak diperlukan;
Untuk mengetahui seberapa besar file dan folder yang ada di PC anda, klik pada tombol “Disk Cleanup” yang ada di bagian “General” untuk menghapus file yang tidak diperlukan;
Dalam “Disk Cleanup” pilih file atau folder yang ingin anda periksa, lalu klik “OK”.
Cara lain untuk mencari file atau folder besar adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TreeSize Free. TreeSize Free dapat mengidentifikasi file dan folder yang memiliki ukuran besar dan membantu anda membongkar penumpukan file dan folder di komputer anda.
Cara Mencari File pdf di Google dengan Mudah dan Cepat
Google tidak hanya digunakan sebagai mesin pencari umum, tetapi juga dapat digunakan sebagai pencari file pdf. Ketika mencari file pdf, google menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mencari konten digital yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas Cara Mencari File pdf di Google dengan Mudah dan Cepat.
Berikut adalah Caranya:
Buka website Google;
Masukkan kata kunci file PDF yang anda cari di kotak pencarian Google;
Lalu, tambahkan kata kunci “filetype: pdf” di depan kata kunci Anda;
Setelah itu, klik tombol pencarian Google;
Anda akan melihat semua hasil pencarian PDF yang terkait dengan kata kunci yang anda masukkan;
Misalnya, jika anda ingin mencari file PDF tentang SEO, anda dapat mengetik “SEO filetype: pdf”.
FAQ:
1. Seberapa sering saya perlu mencari data di Excel?
Jawaban: Frekuensi mencari data di Excel tergantung pada kerjaannya masing-masing, terutama jika kita bekerja dengan spreadsheet yang menunjukkan data dalam jumlah besar. Apa yang penting untuk dicatat adalah pengguna Excel perlu memahami bagaimana cara mencari data di Excel dengan cepat dan benar agar pekerjaannya dapat selesai dengan lebih efektif dan efisien.
2. Apakah rumus Excel dapat dimanfaatkan untuk memberikan kode warna pada sel?
Jawaban: Ya. Rumus Excel memungkinkan penggunanya untuk melakukan beberapa tindakan secara otomatis seperti menyederhanakan proses dan mempermudah pekerjaan termasuk untuk memberikan kode warna pada sel.
Video Youtube Cara Mencari Data di Excel dengan Cepat:
Video Youtube Cara Mencari File pdf di Google dengan Mudah dan Cepat:
Rekomendasi:
CARA MENCARI FILE DI EXCEL Cara mencari file dalam komputer seringkali dianggap sepele, namun memiliki keahlian untuk melakukan ini dapat sangat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara mencari file dalam Windows 11 dan aplikasi seperti…
Cara Mencari Data Yang Dua Kolom Di Excel Cari data di Excel merupakan salah satu tugas yang sering dilakukan oleh banyak orang, terutama mereka yang bekerja dengan data dalam jumlah besar. Dalam Excel, terdapat beberapa rumus yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian data, seperti mencari nama yang sama…
CARA CEPAT MENCARI NAMA DI EXCEL Microsoft Excel adalah salah satu software pengolah data yang paling populer di dunia. Sebagai pengguna Excel, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan kata "cari data" atau "mencari data". Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mencari data…
CARA MENCARI PERBEDAAN DATA DI EXCEL Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah spreadsheet yang sangat populer di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan Excel untuk membantu mereka mengelola dan memanipulasi data dalam bentuk tabel dan grafik. Dalam Excel, terkadang Anda mungkin perlu mencari data duplikat atau…
CARA MENCARI BANYAK DATA DI EXCEL Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan Excel untuk berbagai macam tujuan, seperti mengelola catatan keuangan, menyimpan data pelanggan, menghitung formula matematika, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kemampuan…
Cara Menemukan Data Kembar Di Excel Microsoft Excel merupakan salah satu program pengolah data terpopuler di dunia. Bagi kebanyakan orang, Excel digunakan sebagai alat bantu pengolah data yang sederhana dan mudah digunakan. Namun ternyata Excel memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah fitur untuk…
Belajar Membuat Form Dengan Excel Belajar Excel: Cara Menggunakan Rumus HLookup Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet yang paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Dalam Excel, pengguna dapat membuat dan mengelola data mereka dengan mudah dan efisien. Ada banyak fitur dan fungsi di…
Cara Menghitung Angka Tertentu Di Excel Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam menggunakan Microsoft Excel yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi saat bekerja dengan data. 1. Cara Mencari Data yang Sama di Excel Mencari data yang sama dalam sejumlah besar data dapat sangat merepotkan,…
Cara Membuat Harga Otomatis Di Excel Excel adalah salah satu program pengolah data terpopuler di dunia, terutama dalam dunia bisnis dan keuangan. Dengan Excel, pengguna dapat melakukan berbagai macam pengolahan data, seperti menghitung angka, memvisualisasikan data dalam bentuk grafik, membuat tabel, dan banyak lagi. Dalam artikel…
Cara Membuat Rumus Tidak Sama Dengan Di Excell Pilar Excel untuk Bisnis dan Karier Anda Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang paling populer di dunia dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk bisnis, pendidikan, atau bahkan keperluan pribadi. Anda mungkin sudah familiar dengan Microsoft Excel,…
Cara Membuat Rumus Campuran Di Excel Rumus Excel dapat sangat berguna untuk pekerjaan kantor. Itulah sebabnya dalam artikel ini saya akan berbagi tips dan trik untuk menggunakan fungsi Index and Match di Excel. Fungsi Index and Match sangat berguna untuk mengambil data dari dua sumber dan…
Cara Mencari Data Yang Sama Dalam 1 Kolom Di Excel Mencari Data yang Sama pada File Excel dengan Mudah Saat bekerja dengan file Excel, seringkali kita perlu mencari data yang sama pada sheet yang berbeda, dua kolom atau tempat lainnya dalam file Excel. Ini dapat menjadi proses yang cukup rumit…
CARA MENCARI NAMA DI EXCEL Dalam dunia bisnis, kebutuhan untuk menjaga efisiensi dan produktivitas sangat penting dan salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Excel adalah salah satu program pengolah spreadsheet yang sangat populer digunakan oleh perusahaan dan individu, terutama di…
Cara Membuat Rumus Di Kolom Excel Rumus merupakan sebuah metode matematika yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan atau pemahaman yang cukup tentang rumus. Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan singkat tentang bagaimana menggunakan rumus di Excel. Rumus Mencari Nama Yang…
Cara Membuat Search Engine Di Excel Search Engine Excel adalah sebuah alat yang sangat berguna bagi para pengguna Microsoft Excel. Alat ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan cepat mencari data pada tabel Excel tanpa harus melalui proses manual yang memakan waktu dan sulit. Sebagian besar…
Cara Menghitung Nilai Tertinggi Di Excel Dengan Sorter Menggunakan Microsoft Excel merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi setiap pekerja khususnya di bidang keuangan, akuntansi dan bisnis pada saat ini. Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data terbaik di dunia yang dapat membantu pengguna untuk melakukan perhitungan matematis…
Cara Membuat Rumus Excel Dengan If Selamat datang di artikel ini! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat tabel dan rumus otomatis di Excel, serta cara membuat rumus matematika di Excel dengan mudah. Kedua hal ini tentu sangat berguna bagi kita dalam membuat…
Cara Membuat Rumus Yang Asolute Pada Excell Excel memang salah satu perangkat lunak yang paling populer di seluruh dunia, terutama di dunia bisnis dan keuangan. Tak bisa dipungkiri, Microsoft Excel menjadi alat bantu yang sangat efektif untuk memudahkan pekerjaan kita dalam menganalisis data atau membuat laporan keuangan.…
Cara Membuat Rumus Excel Rounddown Rumus hlookup dan index match merupakan dua rumus penting dalam Microsoft Excel yang sering digunakan dalam pengolahan data. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang kedua rumus ini beserta contoh penggunaannya. Rumus HLOOKUP Rumus HLOOKUP berfungsi untuk mencari…
CARA MEMBUAT FORM PENCARIAN DATA DI EXCEL Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang sangat populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu profesional atau pun personal. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Excel adalah pencarian data atau search function. Dengan fitur ini, kita…
Cara Membuat Rumus Di Excel Hari Libur Program Excel memungkinkan Anda membuat rumus untuk mempermudah pekerjaan Anda. Rumus Excel dapat menghitung, menambah, mengurangi, mencari dan menyortir data. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat rumus di program Excel. Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan kepada Anda…
Cara Membuat Rumus Search Di Excel Belajar Microsoft Excel bisa menjadi sebuah kegiatan yang menarik. Berbeda dengan pelajaran matematika yang terkadang membosankan dan sulit dipahami, Microsoft Excel bisa memberikan kesenangan tersendiri bagi kamu yang suka dengan angka dan data. Dalam Microsoft Excel, kamu akan dipermudah untuk…
Cara Membuat Rumus Excel Dengan Persenan Excel merupakan program pengolah data yang sangat populer di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Banyak orang menggunakan Excel untuk berbagai keperluan seperti menghitung, membuat grafik, dan membuat tabel. Namun, banyak dari kita mungkin hanya menggunakan Excel secara dasar dan…
CARA MEMBUAT PENCARIAN DI EXCEL BEDA SHEET Pilar Excel yang Wajib Dikuasai untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Excel adalah salah satu aplikasi yang penting bagi sebagian besar orang di dunia kerja. Excel digunakan untuk mengatur data, menghitung angka-angka, membuat laporan, dan masih banyak lagi. Namun, banyak orang yang…
Cara Menemukan Data Di Sheet Excel Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan Excel, kita dapat membuat tabel, grafik, dan rumus matematika yang berguna dalam pekerjaan sehari-hari. Namun, bagi sebagian orang, menggunakan Excel terkadang bisa menjadi pengalaman yang menantang.…
CARA BELAJAR RUMUS EXCEL BIAR CEPAT MENGERTI Belajar Rumus Excel Biar Cepat Mengerti Excel adalah program spreadsheet dari Microsoft Office Suite. Program ini digunakan untuk mengatur, mengelola, dan menganalisis data. Excel sangat populer di kalangan profesional dan akademisi karena kemampuannya untuk mengatur data dan membuat grafik. Tetapi,…
Cara Membuat Rumus Tuntas Dan Tidak Tuntas Di Excel Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai spread sheet dan rumus-rumus yang dapat digunakan pada Microsoft Excel. Dalam bisnis modern saat ini, keterampilan menggunakan software spread sheet menjadi sangat penting untuk mendukung efisiensi data dan analisis pasar. Untuk memahami tentang…
CARA DATA YANG SAMA PADA EXCEL Mencari data yang sama dalam Excel sering kali diperlukan saat Anda ingin membandingkan nilai antara dua tabel atau lebih, atau saat Anda ingin menghitung jumlah nilai dalam beberapa sel. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk mencari data…
Cara Mencari Data Di Sheet Excel Cara Mencari Data yang Sama pada Kolom atau Sheet Berbeda di Excel Excel adalah aplikasi produktivitas yang sangat populer dalam dunia bisnis dan pekerjaan. Dalam melakukan pekerjaan dengan Excel, seringkali kita perlu mencari data yang sama pada kolom atau sheet…
CARA MENCARI DATA DI MICROSOFT EXCEL Semua orang pasti pernah menggunakan Microsoft Excel untuk keperluan pekerjaan atau tugas kuliah. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana caranya mencari data atau rumus predikat di dalam Excel dengan efektif. Berikut ini adalah beberapa cara mencari data dan rumus predikat…