CARA MEMBUKA FILE YANG DI KUNCI DI EXCEL

Excel adalah perangkat lunak lembar kerja yang sangat populer digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga pebisnis. Excel menjadi sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang sangat membantu. Namun, terkadang ada situasi saat kita perlu membuat formula yang sangat penting namun kita takut bahwa orang lain bisa melihat atau merubah formula tersebut. Oleh karena itu, disini kita akan membahas tentang cara untuk mengunci rumus atau sheet pada Excel

Mengapa Mengunci Sheet atau Rumus pada Excel Penting?

Mungkin ada orang yang bertanya-tanya mengapa kita harus mengunci rumus dan sheet pada Excel. Pada kenyataannya, mengunci sheet atau rumus pada Excel penting karena ada banyak alasan. Pertama, rumus kita dapat dirusak oleh orang lain jika tidak terkunci. Jika orang lain merubah rumus kita, itu dapat merusak data dan informasi yang dikandung di dalam rumus tersebut. Kedua, mengunci rumus juga akan membantu mencegah orang lain untuk melihat rumus kita. Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak ingin orang lain melihat rumus mereka, hanya saja masing-masing orang memiliki alasan yang berbeda.

Cara Mengunci Rumus pada Excel

Sekarang setelah menyadari bahwa mengunci rumus atau sheet pada excel sangat penting, maka kita akan membahas cara-cara untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengunci rumus pada Excel:

1. Mengunci Sel pada Excel

Awalnya, kita dapat mengunci sel pada Excel. Dengan mengunci sel, kita dapat yakin bahwa rumus yang berisi pada sel tersebut hanya dijalankan pada sel itu saja, dan tidak berjalan di sel lainnya. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Klik pada sel yang ingin kita kunci.
  2. Di tab Home, klik pada tombol Format
  3. Pilih Cells
  4. Pada jendela Format Cells, klik pada tab Protection
  5. Centang kotak Locked dan Hidden
  6. Klik OK

Setelah itu, ada langkah selanjutnya yang harus kita lakukan setelah mengunci sel pada Excel. Berikut adalah langkah selanjutnya:

  1. Klik pada sel atau range yang kita ingin kunci
  2. Di Home, klik pada Format
  3. Pilih Cells
  4. Pada jendela Format Cells, klik pada tab Protection
  5. Hapus centangan pada kotak Locked
  6. Klik OK

Dalam cara kedua ini, kita mengunci sel yang tidak ingin kita rubah tapi membiarkan mengisi nilai ke dalam sel tersebut. Dalam hal ini, kita juga menghindari perubahan pada format cell atau halaman.

2. Mengunci Rumus pada Excel menggunakan Password

Cara kedua untuk mengunci rumus pada Excel adalah menggunakan password. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin kita kunci
  2. Di Review, klik pada tombol Protect Sheet
  3. Pada jendela Protect Sheet, pilih jenis akses yang dibatasi dimana user bisa melakukan pada workbook seperti “Select unlocked cells” atau “Format Cells”
  4. Isi password protection sheet pada form yang tersedia dan konfirmasi password
  5. Klik OK

Sekarang, dokumen kita akan dilindungi oleh password yang telah disediakan. Jika seseorang ingin mengedit dokumen tersebut, maka dia harus memasukkan password yang telah kita berikan sebelumnya.

Cara Mengunci Sheet pada Excel

Selain mengunci rumus pada Excel, ada juga cara lain untuk mengunci Sheet pada Excel. Berikut adalah cara-cara untuk melakukannya:

1. Mengunci Sheet dengan Password

Kita juga dapat mengunci Sheet pada Excel dengan password. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin kita kunci
  2. Di Review, klik pada tombol Protect Workbook
  3. Pada jendela Protect Workbook, pilih Structure dan Windows
  4. Isi password yang kita inginkan pada form yang tersedia.
  5. Konfirmasi password tersebut
  6. Klik OK
Baca Juga :  CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL YANG KE PROTEKSI

Sekarang, dokumen Excel yang telah kita kunci tidak bisa dibuka dan diubah oleh siapapun kecuali orang yang memiliki password yang sesuai.

Pertanyaan dan Jawaban seputar Mengunci Sheet/Rumus pada Excel

Pertanyaan 1: Bisakah Saya Membuka Sheet/Rumus yang Telah Dikunci?

Jawaban: Ada beberapa cara untuk membuka Sheet/Rumus yang telah dikunci. Namun secara umum, jika Sheet/Rumus tersebut telah dikunci dengan password, kita tidak bisa membuka dan mengedit tanpa mengetahui password yang tepat. Ada dua cara untuk membuka Sheet/Rumus yang telah dikunci yaitu:

  1. Buka Sheet/Rumus pada Excel yang sama yang digunakan untuk mengunci
  2. Gunakan software khusus untuk membuka password Sheet/Rumus

Pertanyaan 2: Apakah Saya Bisa Mengunci Sheet/Rumus di Google Sheet?

Jawaban: Ya, kita bisa mengunci Sheet/Rumus di Google Sheet. Caranya hampir sama seperti di Excel, yakni kita bisa mengunci sel atau sheet pada Google Sheet. Untuk mengunci Sheet pada Google Sheet, anda harus menekan kanan pada halaman Sheet yang ingin Anda kunci, kemudian klik pada Protect sheet, dan setelah itu isi detail

Dalam video ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang Mengunci Sheet/Rumus pada Excel. Kami akan membahas tentang mengapa itu penting, dan bagaimana cara melakukannya menggunakan dua cara yang berbeda yaitu, mengunci sel pada Excel, menggunakan password untuk mengunci sheet Excel serta menjawab beberapa pertanyaan seputar mengunci Sheet/Rumus pada Excel. Semoga tips ini bisa membantu untuk memastikan dokumen Excel Anda aman dan terjaga dari para pengunjung yang tidak diinginkan.