Cara Menghitung Otomatis Antar Sheet Pada Excel

Untuk para pengguna Microsoft Excel, Anda pasti pernah mengalami kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Ada begitu banyak fitur yang tersedia, bahkan mungkin masih ada banyak hal yang belum diketahui. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, akan diulas beberapa tips dan trik untuk lebih mudah menggunakan aplikasi Excel.

Cara Membuat Nomor Otomatis Pada Excel

Cara Menghitung Otomatis Antar Sheet Pada Excel

Seringkali pada saat kita membuat tabel, kita membutuhkan nomor pada setiap barisnya. Namun, jika kita harus memasukkan secara manual satu per satu, tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi masalah ini, Excel menyediakan fitur untuk membuat nomor otomatis pada setiap barisnya. Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, klik cell tempat Anda ingin memasukkan nomor urut
  2. Kemudian ketikkan angka 1 pada cell tersebut
  3. Setelah itu, klik dan tahan klik pada kotak yang berada pada sisi kanan bawah cell tersebut. Tarik kotak tersebut sampai baris yang diinginkan.

Dengan langkah-langkah tersebut, nomor urut akan muncul secara otomatis pada setiap barisnya.

Cara Menyimpan Workbook Pada Excel Dengan Menggunakan Link Antar Sheet

Cara Menyimpan Workbook Pada Excel Dengan Menggunakan Link Antar Sheet

Ketika kita membuat sebuah tabel atau daftar pada Excel, seringkali kita ingin membuat link antar sheet untuk mempermudah navigasi dalam workbook tersebut. Berikut cara membuat link antar sheet pada Excel:

  1. Pertama, buka workbook yang ingin Anda edit
  2. Kemudian, pilih cell tempat Anda ingin menambahkan link
  3. Setelah itu, klik pada tab “Insert” kemudian pilih “Hyperlink”
  4. Pilih “Place in this Document”
  5. Pilih sheet yang akan dituju pada bagian “Or select a place in this document”
  6. Pilih cell yang akan dituju pada bagian “Type the cell reference”
  7. Klik “OK”
  8. Link antar sheet telah berhasil ditambahkan
Baca Juga :  Bagaimana Cara Menginput Data Standar Deviasi Di Excell

FAQ

Pertanyaan:

Bagaimana cara menghitung usia secara otomatis di Excel, sehingga tidak perlu membuat perhitungan manual setiap kali?

Jawaban:

Untuk menghitung usia secara otomatis pada Excel, Anda dapat menggunakan formula DATEDIF. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buat tabel yang memuat data tanggal lahir dari setiap orang
  2. Kemudian pada cell baru, ketikkan formula DATEDIF
  3. Isikan cell yang memuat tanggal lahir sebagai argumen pertama, dan TODAY sebagai argumen kedua
  4. Argumen ketiga diisi dengan “y” untuk mendapatkan hasil dalam bentuk tahun
  5. Klik “OK”
  6. Hasil perhitungan usia secara otomatis akan muncul pada cell tersebut

Pertanyaan:

Bagaimana cara menjumlahkan angka di Excel antar sheet?

Jawaban:

Untuk menjumlahkan angka di Excel antar sheet, kita dapat menggunakan formula SUMIF. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka workbook yang ingin Anda edit
  2. Buatlah dua sheet dengan data angka yang akan dijumlahkan
  3. Pada sheet baru, ketikkan formula SUMIF
  4. Isikan range pada sheet yang ingin dihitung
  5. Isikan kriteria pada sheet yang ingin dihitung
  6. Isikan range pada sheet hasil
  7. Klik “OK”
  8. Jumlah akan muncul pada sheet hasil

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial untuk melakukan perhitungan otomatis pada Excel:

Dengan mengetahui beberapa tips dan trik di atas, kita dapat lebih mudah dalam menggunakan aplikasi Excel dan mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Selamat mencoba!