Cara Membuat Daftar Pilihan Harga Dalam 1 Kotak Pada Excel

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat daftar pilihan dan kotak centang di Microsoft Excel. Excel sendiri adalah program pengolah data yang sering digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, baik di lingkungan akademik maupun profesional. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah daftar pilihan (dropdown list) dan kotak centang (checkbox) dalam pengisian formulir maupun laporan.

Daftar Pilihan (Dropdown List)

Daftar pilihan adalah sebuah pilihan yang disediakan untuk mempermudah pengisian data dalam sebuah formulir atau laporan. Dalam Microsoft Excel, fitur ini dapat dibuat dengan mudah dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang terlalu dalam.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daftar pilihan di Microsoft Excel:

1. Siapkan Data

Pertama, siapkan data yang akan dijadikan daftar pilihan. Misalnya, kita ingin membuat daftar pilihan untuk memilih jenis buah yang ada di sebuah toko buah. Berikut adalah contoh data yang kita akan gunakan.

Jenis Buah | Harga
————|——-
Apel | Rp 10.000
Jeruk | Rp 15.000
Mangga | Rp 20.000
Semangka | Rp 25.000

2. Buat Daftar Pilihan

Setelah siap dengan data, langkah selanjutnya adalah membuat daftar pilihan. Caranya sangatlah mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

– Pilih sel atau range sel yang ingin dijadikan sebagai daftar pilihan.
– Klik pada tab Data dan pilih Data Validation.
– Pilih List pada Allow, dan masukkan range dari data yang ingin dijadikan sebagai pilihan di Source.
– Klik OK.

Daftar pilihan telah berhasil dibuat, dan Anda akan melihat tanda panah mengarah ke bawah di samping sel yang telah dipilih. Ketika Anda mengklik tanda panah tersebut, daftar pilihan yang telah dibuat akan muncul.

FAQ:
1. Bagaimana saya bisa menambahkan pilihan baru pada daftar pilihan yang telah dibuat?
Anda bisa menambahkan pilihan baru dengan menambahkan data baru pada range yang telah ditentukan pada Source ketika membuat daftar pilihan.

2. Apakah saya bisa menghapus pilihan yang telah ada pada daftar pilihan?
Ya, Anda bisa menghapus pilihan yang telah ada dengan menghapus data pada range yang telah ditentukan pada Source ketika membuat daftar pilihan.

Kotak Centang (Checkbox)

Kotak centang adalah sebuah kotak kecil yang mirip dengan tombol yang dapat dicentang atau tidak dicentang. Fitur ini biasanya digunakan dalam pengisian formulir atau laporan untuk memberikan pilihan kepada pengguna.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kotak centang di Microsoft Excel:

1. Siapkan Data

Pertama, siapkan data yang akan dijadikan kotak centang. Misalnya, kita ingin membuat daftar hadir pada sebuah acara. Berikut adalah contoh data yang kita akan gunakan.

No. | Nama | Hadir
—-|———-|——
1 | Andi |
2 | Budi |
3 | Cici |

2. Buat Kotak Centang

Setelah siap dengan data, langkah selanjutnya adalah membuat kotak centang. Caranya sangatlah mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

– Pilih sel atau range sel yang akan diberi kotak centang.
– Klik pada tab Developer. Jika tab Developer belum muncul, klik pada File > Options > Customize Ribbon. Pilih Developer pada Choose commands from dan klik Add.
– Klik pada Insert dan pilih Check Box (Form Control) atau Check Box (ActiveX Control). Anda dapat memilih antara dua jenis kotak centang. Check Box (Form Control) dapat dicetak dan diisi secara manual, sedangkan Check Box (ActiveX Control) dapat diisi secara elektronik.
– Kotak centang akan muncul pada sel yang telah dipilih. Jika Anda menggunakan Check Box (Form Control), klik pada kotak centang untuk menandai atau tidak menandai. Jika Anda menggunakan Check Box (ActiveX Control), klik kanan pada kotak centang dan pilih Properties untuk mengubah setting kotak centang.

FAQ:
1. Apakah saya bisa menampilkan nilai dari kotak centang pada sel yang lain?
Ya, Anda bisa menampilkan nilai dari kotak centang pada sel yang lain dengan menggunakan rumus. Misalnya, untuk menampilkan “Hadir” ketika kotak centang dicentang pada sel C2, Anda dapat menggunakan rumus berikut pada sel D2: =IF(C2=TRUE,”Hadir”,””).

Baca Juga :  CARA MENAMPILKAN 2 FILE EXCEL DALAM 1 LAYAR

2. Bagaimana cara menghapus kotak centang yang telah dibuat?
Anda bisa menghapus kotak centang dengan mengklik pada kotak centang dan menekan tombol Delete pada keyboard.

Selesai sudah pembahasan mengenai cara membuat daftar pilihan dan kotak centang di Microsoft Excel. Kedua fitur ini sangat berguna dalam mempermudah pengisian data dan memastikan bahwa data yang diinputkan tercatat dengan benar. Jangan lupa untuk mencoba sendiri dan semoga bermanfaat!

Berikut adalah video tutorial cara membuat daftar pilihan dan kotak centang di Microsoft Excel:

– Cara Membuat Daftar Pilihan Harga Dalam 1 Kotak Pada Excel: [Video](https://www.youtube.com/watch?v=1w5_oCVC9m0)
– Cara Membuat Pilihan Di Excel: [Video](https://www.youtube.com/watch?v=uLE1-L7UuG4)

FAQ:
1. Apakah saya bisa membuat daftar pilihan dengan warna yang berbeda-beda?
Ya, Anda bisa membuat daftar pilihan dengan warna yang berbeda-beda dengan menggunakan conditional formatting. Misalnya, jika ingin memberikan warna hijau pada jenis buah semangka, Anda dapat menggunakan rumus berikut pada conditional formatting untuk range sel yang diinginkan: =IF(A:A=”Semangka”,TRUE,FALSE). Lalu atur warna sel hijau pada setting conditional formatting.

2. Bagaimana cara membuat kotak centang yang lebih besar dari kotak centang standar?
Anda bisa menggunakan tombol Properties ketika memilih kotak centang ActiveX untuk mengubah ukuran kotak centang. Sedangkan untuk kotak centang Form Control, ukuran hanya bisa diubah dengan memperbesar atau memperkecil sel yang telah diberi kotak centang.