CARA MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DI EXCEL

Apakah anda bosan dengan hitungan gaji karyawan yang konvensional? Atau mungkin anda sedang mencari cara yang lebih mudah dan efektif untuk menghitung gaji karyawan? Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara menghitung gaji karyawan dengan menggunakan Microsoft Excel. Kami akan memberikan beberapa contoh praktis dan panduan langkah demi langkah, sehingga anda dapat menghasilkan hitungan gaji karyawan dengan lebih mudah dan akurat.

CARA MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DI EXCEL

Tentu saja, program Microsoft Excel memiliki kemampuan untuk menghitung gaji karyawan. Excel memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan otomatis dengan formula tertentu yang ditunjukkan pada sel-sel spreadsheet. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa contoh formula untuk menghitung gaji karyawan serta beberapa tips dan trik untuk meningkatkan efektifitas menghitung gaji karyawan menggunakan Microsoft Excel.

format-gaji

Contoh 1 – Menghitung gaji karyawan dengan formula sederhana

Formula sederhana yang dapat digunakan untuk menghitung gaji karyawan adalah:

Gaji Karyawan = Gaji Pokok + Tunjangan
Dimana:

  • Gaji Pokok adalah gaji dasar yang diterima karyawan
  • Tunjangan adalah bonus atau uang tambahan yang diberikan kepada karyawan

Misalnya, terdapat seorang karyawan dengan gaji pokok sebesar Rp 5.000.000 dan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 2.000.000. Maka, gaji karyawan tersebut adalah:

Gaji Karyawan = Rp 5.000.000 + Rp 2.000.000
Gaji Karyawan = Rp 7.000.000

Dalam contoh sederhana ini, dapat kita lihat cara menghitung gaji karyawan dengan cara manual, namun jika terdapat banyak karyawan dalam sebuah perusahaan, maka akan memakan waktu dan susah untuk menghitung gaji karyawan tersebut satu per satu secara manual. Oleh karena itu, menghitung gaji karyawan dengan menggunakan program seperti Microsoft Excel sangat berguna dan mudah.

Baca Juga :  Cara Membuat Kalender Di Microsoft Excel 2007

format-excel

Contoh 2 – Menghitung gaji karyawan menggunakan formula Excel

Formula Excel yang dapat digunakan untuk menghitung gaji karyawan adalah:

=Gaji_Pokok+Tunjangan+Bonus-Potongan_Cuti
Dimana:

  • Gaji_Pokok merupakan gaji dasar dari sebuah karyawan
  • Tunjangan merupakan tunjangan yang didapatkan karyawan
  • Bonus merupakan bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan
  • Potongan_Cuti merupakan jumlah potongan untuk cuti karyawan

Dalam rumus di atas, simbol tambah (+) digunakan untuk menambahkan nilai-nilai tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan tanda dolar ($) pada setiap nilai tersebut agar formula dapat menyesuaikan dan menghitung nilai tersebut pada setiap sel yang berbeda dalam menampilkan hasil.

Cara menghitung gaji karyawan dalam Excel

  1. Langkah pertama, ketiklah nama kolom pada sel yang kosong atau dapat juga dimasukkan langsung di atas area kolom seperti gambar berikut
  2. kolom-gaji

  3. Langkah kedua, masukkan semua data gaji karyawan anda ke dalam workspace Excel anda sesuai kolom yang telah anda buat pada langkah pertama
  4. data-gaji

  5. Langkah ketiga, hitung gaji karyawan menggunakan formula yang telah dimasukkan pada langkah kedua. Sebagai contoh, jika ingin menghitung gaji karyawan A, masukkan formula berikut pada kolom Total salary
  6. =SUM(B2:E2)

    formula-gaji

  7. Langkah keempat, otomatis hitungan gaji karyawan telah muncul pada kolom Total salary sesuai dengan rumus yang telah anda masukkan
  8. hasil-gaji

Dengan demikian, langkah-langkah sederhana tersebut dapat membantu anda untuk menghitung gaji karyawan dengan lebih mudah dan cepat, sehingga anda dapat memiliki hasil yang lebih akurat dan efektif.

gaji-bersih

Contoh 3 – Menghitung gaji bersih karyawan dengan Excel

Sebelum menghitung gaji bersih karyawan, perlu diketahui bahwa gaji bersih karyawan merupakan jumlah gaji yang diterima karyawan setelah dipotong dengan pajak penghasilan atau PPh 21, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta biaya-biaya lain seperti potongan iuran koperasi dan potongan iuran dana pensiun.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TULISAN KEBAWAH DI EXCEL

Pada umumnya, perusahaan akan memberikan pemberitahuan slip gaji secara bulanan atau periodik sebagai informasi mengenai jumlah gaji dan tunjangan, jumlah potongan dan juga gaji bersih yang diterima oleh karyawan.

Namun, jika anda ingin melakukan perhitungan sendiri, anda dapat mengikuti rumus berikut:

Gaji Bersih = (Gaji Pokok + Tunjangan – Potongan) x (1 – Pajak Penghasilan)

Dimana:

  • Gaji Pokok adalah gaji dasar yang diterima karyawan
  • Tunjangan adalah bonus atau uang tambahan yang diberikan kepada karyawan
  • Potongan adalah pengurangan dari jumlah gaji yang harus dibayarkan
  • Pajak Penghasilan atau PPh 21 adalah pajak yang harus dibayarkan oleh karyawan berdasarkan penghasilannya

Untuk menjadikan rumus tersebut lebih jelas dalam penerapannya, berikut ini contoh cara menghitung gaji bersih karyawan dengan menggunakan Microsoft Excel:

  1. Langkah pertama yaitu masukkan data penerimaan gaji pada worksheet dengan kolom-kolom seperti gambar di bawah
  2. worksheet-gaji-blank

  3. Langkah kedua, masukkan rumus pengurangan potongan pada kolom Total Pengurangan Potongan yang dapat diisi dengan formula:
  4. =SUM($E$2:$E$4)

    formula-potongan

  5. Langkah ketiga, masukkan rumus penghitungan gaji bersih karyawan pada kolom Gaji Bersih yang dapat diisi dengan formula:
  6. =((SUM($B2:$D2)-$F2)*(1-($G2+$H2+$I2)))

    formula-gaji-bersih

  7. Langkah keempat, isi nilai pada kolom tunjangan, potongan dan pajak penghasilan masing-masing karyawan yang tertera pada slip gaji yang diberikan oleh perusahaan
  8. worksheet-gaji

  9. Langkah kelima, otomatis hasil perhitungan gaji bersih karyawan akan muncul pada kolom Gaji Bersih
  10. hasil-gaji

Dengan demikian, anda dapat menghitung gaji bersih karyawan dengan menggunakan Microsoft Excel dengan lebih mudah dan cepat.

gaji-harian

Contoh 4 – Menghitung gaji harian karyawan dengan Excel

Selain menghitung gaji karyawan bulanan, tentu saja masih ada hitungan gaji harian yang harus diperhatikan. Hitungan gaji harian biasanya didasarkan pada jumlah hari kerja dalam satu bulan kalender yang digunakan sebagai acuan. Oleh karena itu, rumus Excel untuk menghitung gaji harian seringkali digunakan oleh perusahaan dalam melakukan pembayaran gaji karyawan.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT LEBAR KOLOM SAMA DI EXCEL

Formula Excel yang dapat digunakan untuk menghitung gaji harian karyawan adalah:

Gaji Harian = Gaji Bulanan / Jumlah hari kerja dalam satu bulan

Sebagai contoh, seorang karyawan memiliki gaji bulanan sebesar Rp 5.000.000 dan jumlah hari kerja dalam satu bulan selama 22 hari. Maka, gaji harian karyawan tersebut adalah:

Gaji Harian = Rp 5.000.000 / 22
Gaji Harian = Rp 227.272,73

Dalam contoh sederhana ini, kita bisa lihat cara menghitung gaji harian karyawan dengan rumus sederhana menggunakan Microsoft Excel.

FAQ

1. Apakah rumus yang digunakan untuk menghitung gaji karyawan sudah mencakup tunjangan, bonus, potongan dan pajak?

Ya, rumus yang digunakan sudah mencakup semua komponen tersebut. Selain itu, anda juga dapat menyesuaikan rumus sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan, serta dapat menambahkan komponen pengeluaran lainnya seperti biaya transportasi dan biaya kesehatan.

2. Apa keuntungan dari penggunaan Microsoft Excel dalam menghitung gaji karyawan?

Keuntungan dari penggunaan Microsoft Excel dalam menghitung gaji karyawan adalah dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menghitung gaji karyawan, karena program ini memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan otomatis dengan formula tertentu yang ditunjukkan pada sel-sel spreadsheet yang menjadikan penghitungan lebih mudah dan akurat. Selain itu, Microsoft Excel juga mudah digunakan dan dirancang untuk para pekerja yang memiliki latar belakang IT yang minim sehingga dapat digunakan oleh siapa saja.

Video Tutorial

Berikut video tutorial penggunaan Microsoft Excel untuk menghitung gaji karyawan:

Dalam video tersebut, anda dapat melihat langkah-langkah sederhana untuk menggunakan Microsoft Excel dalam menghitung gaji karyawan termasuk rumus-rumus dan tips tambahan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi penghitungan.

Dengan demikian, penggunaan Microsoft Excel sangat penting sebagai alat bantu untuk menghitung gaji karyawan dengan mudah dan akurat sehingga perusahaan dapat menghemat waktu dan tenaga, serta memastikan karyawan mendapatkan gaji yang sesuai dengan hak dan kewajibannya sebagai tenaga kerja di perusahaan tersebut.