Cara Update Excel 2016

Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer di dunia. Mungkin Anda baru saja memulai belajar Excel atau Anda sudah menggunakannya selama beberapa tahun – tidak peduli tingkat pengalaman Anda, pasti selalu ada cara untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam menggunakan Excel. Pada artikel pilar ini, kita akan membahas tentang cara update Excel, cara menggunakannya untuk pemula yang baru belajar, dan beberapa fitur terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi kerja.

Cara Update Excel

Microsoft secara rutin merilis pembaruan untuk program mereka, termasuk Excel. Ini dilakukan untuk memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, dan menghadirkan fitur baru. Saat ini, update Excel ke versi terbaru sangatlah penting karena memastikan keamanan dan kinerja program berjalan dengan optimal. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengupdate Excel:

1. Buka Microsoft Excel dan klik “File” di pojok kiri atas.

2. Klik “Account” pada menu yang ditampilkan.

3. Pilih “Update Options” di sebelah kanan layar Anda.

4. Klik “Update Now” pada layar yang muncul.

5. Tunggu hingga proses update selesai.

Jika ada pembaruan yang tersedia, maka Excel akan mengunduh dan menginstalnya otomatis. Setelah proses selesai, Anda harus memulai kembali Microsoft Excel untuk menggunakan versi terbaru.

Cara Menggunakan Excel untuk Pemula yang Baru Belajar

Jika Anda baru pertama kali menggunakan Microsoft Excel, kemungkinan akan merasa sedikit kewalahan dengan antarmukanya. Jangan takut, kami telah mengambil langkah-langkah untuk membantu Anda memulai, memasukkan data dan memformat sel dengan benar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memahami dasar penggunaan Excel:

1. Membuka Microsoft Excel

Untuk membuka Microsoft Excel, cukup klik icon Excel di desktop atau menu Start. Setelah itu, Anda akan melihat antarmuka Microsoft Excel yang umumnya terbagi menjadi beberapa bagian; menu ribbon, workbook, dan worksheet.

Baca Juga :  CARA LINK EXCEL TIDAK EROR SAAT FILE YANG LAIN PINDAH

2. Worksheet

Worksheet adalah kumpulan sel yang membentuk tabel. Setiap sel di worksheet memiliki posisi unik yang dikenali oleh Excel dengan sistem penomoran. Secara default, worksheet terdiri dari tiga puluh ribu baris dan kolom, namun Anda dapat menambahkannya jika diperlukan.

3. Memasukkan Data

Untuk memasukkan data ke sebuah sel, Anda hanya perlu mengkliknya dan mengetikkan data yang diperlukan. Ingatlah bahwa Excel memiliki kemampuan untuk membaca dan memproses tipe data seperti angka, tanggal, dan teks. Pastikan untuk memilih tipe data yang tepat saat memasukkan informasi.

4. Format Sel

Salah satu fitur paling sering digunakan di Excel adalah format sel. Untuk memformat sel, klik sel dan pilih opsi “Format Cells” pada menu ribbon. Di sini, Anda dapat menentukan format angka, mengatur border atau garis, warna latar belakang, jenis huruf, dan lainnya. Pastikan data Anda terlihat presentabel dan mudah dibaca.

5. Membuat Formula

Formula adalah kunci utama dari penggunaan Excel. Formula dibuat di baris formula yang ada di atas worksheet. Baris formula biasanya berdekatan dengan ribbon. Contoh formula dapat berupa penjumlahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian. Anda juga bisa menggunakan formula yang lebih kompleks untuk menghitung persentase, rasio, atau fungsi matematika lainnya.

6. Menggunakan Pengeditan Cepat

Pengeditan cepat adalah fitur Excel yang memungkinkan Anda mengedit data dalam beberapa sel secara bersamaan. Cara menggunakan pengeditan cepat adalah dengan menekan tombol F2 pada keyboard. Untuk mengedit beberapa sel, pilih sel yang ingin diubah dengan cara menahan tombol Shift dan mengeklik sel. Setelah semua sel yang diperlukan di pilih, masukkan data yang diinginkan.

7. Membuat Grafik

Excel adalah alat yang sangat berguna untuk membuat grafik. Grafik sangat berguna untuk memvisualisasikan data dalam format yang efektif. Ada banyak jenis grafik yang bisa Anda buat di Excel seperti diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan sebagainya. Untuk membuat grafik, pilih data yang ingin ditampilkan dalam grafik, lalu pilih jenis grafik yang diinginkan dari menu ribbon.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GAMBAR BACKGROUND DI EXCEL

Fitur terbaik di Excel yang harus Anda tahu

Excel adalah program yang sangat kaya fitur. Ada banyak fitur hebat lainnya di Excel, namun di sini kita akan membahas fitur terbaik yang mungkin belum banyak Anda ketahui.

1. Fitur Tingkat Lanjut

Excel memiliki banyak formula yang sangat berguna yang sangat membantu dalam menghitung data Anda. Beberapa contoh termasuk VLOOKUP dan HLOOKUP yang memungkinkan Anda untuk mencari data didalam tabel dan memuatnya ke sel lain secara otomatis. SUMIF, COUNTIF, dan AVERAGEIF adalah formula excel untuk menghitung berdasarkan kriteria tertentu dalam sel.

2. Format Tabel

Format tabel adalah cara termudah untuk mengubah data mentah ke dalam data yang siap untuk diolah. Fitur tabel ini akan memindahkan header ke baris atas dan memberikan fungsi filter pada kolom sehingga memudahkan Anda mencari data di dalam tabel.

3. Penghitung Individu

Pelepasan penghitung individu adalah fitur di Excel yang memungkinkan Anda mengambil data mentah dan menghitung informasi spesifik, seperti jumlah karyawan dari setiap departemen atau jumlah penjualan dari setiap negara.

4. Autofill

Autofill adalah fitur yang sangat membantu dalam mengisi data secara otomatis, misalnya, mengisi tanggal berurutan atau mengisi angka terus-menerus. Autofill juga dapat menyalin formula dan mengeksekusinya pada rentang data yang lebih besar.

FAQ:

1. Apa itu Excel Macro?

Excel Macro adalah program VBA (Visual Basic for Applications) yang mengotomatisasi tugas di Excel. Macro dapat dipicu oleh event seperti halte masuk dan keluar, digunakan untuk menjalankan serangkaian langkah terus menerus, dan bahkan dapat dihubungkan dengan tombol di toolbar.

2. Apa saja Keuntungan Menggunakan Excel?

Excel memungkinkan Anda untuk menganalisis data dengan mudah, mempresentasikan informasi, dan bekerja dengan data mentah. Excel juga memungkinkan Anda menjalankan operasi aritmatika, menyimpan data dalam format yang mudah dibaca, mengimbangi anggaran, menulis rencana kerja, dan menghitung angka dan statistik dalam hitungan detik. Selain itu, Excel juga sangat terintegrasi dengan program Microsoft Office lainnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Drop Down List Di Excel

Video:

Berikut adalah video tutorial yang sangat bermanfaat bagi Anda yang baru belajar Excel. Video ini menjelaskan tentang fitur dasar dan beberapa fitur tingkat lanjut. Dalam video ini, Anda akan mempelajari bagaimana membuat grafik, mengedit sel, dan menggunakan formula untuk melakukan perhitungan dasar.

Jawaban FAQ:

1. Apa itu Excel Macro?
Macro adalah program VBA yang mengotomatisasi tugas di Excel.

2. Apa saja Keuntungan Menggunakan Excel?
Excel memungkinkan Anda menganalisis data dengan mudah, mempresentasikan informasi, dan bekerja dengan data mentah. Excel juga memungkinkan Anda menjalankan operasi aritmatika, menyimpan data dalam format yang mudah dibaca, mengimbangi anggaran, menulis rencana kerja, dan menghitung angka dan statistik dalam hitungan detik.