Cara Menyortir Data Berdasarkan Warna Cell Di Excel

Excel merupakan salah satu aplikasi yang sangat digunakan di banyak bidang kerja, baik itu di kantor, lembaga pemerintahan, ataupun dalam bidang pendidikan. Sebagai aplikasi yang bisa membantu dalam mengolah data, Excel memiliki berbagai fitur yang sangat membantu dalam mengolah data dengan cepat dan efisien.

Cara Membuat Macro untuk Memilih Data Berdasarkan Warna Cell Excel

Salah satu fitur Excel yang sangat penting adalah warna cell. Dengan fitur ini, Anda bisa memberi warna pada beberapa cell tertentu yang memiliki kesamaan. Dalam hal ini, Excel akan memudahkan Anda untuk menyebutkan kelompok data tertentu dengan cepat dan mudah.

Nah, dalam tutorial ini, kita akan membahas cara membuat macro untuk memilih data berdasarkan warna cell Excel. Langsung saja kita mulai.

Pertama, buka Excel dan buatlah sebuah file baru dengan memilih menu File > New Workbook atau tekan tombol Ctrl + N.

Kedua, buat sebuah tabel data yang Anda akan gunakan dan beri warna pada beberapa cell tertentu yang akan menjadi kelompok data.

Ketiga, buka menu Developer yang ada di toolbar Excel. Jika menu Developer belum muncul, klik kanan pada toolbar Excel dan pilih Customize Ribbon. Kemudian centang pilihan Developer pada bagian kanan dan klik OK.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT BAGAN STRUKTUR ORGANISASI DI EXCEL

Keempat, pilih Visual Basic dari menu Developer. Hal ini akan membuka sebuah jendela Visual Basic dimana kita akan membuat macro.

Kelima, pilih Insert dan pilih Module. Ini akan membuat sebuah module baru dalam jendela Visual Basic.

Keenam, ketikkan kode program berikut ini:

Sub SelectColoredCells()
    'Declare the variables
    Dim i As Long
    Dim j As Long
    Dim k As Long
    Dim l As Long
    'Change the RGB color codes below to match your colors
    Dim Color1 As Long: Color1 = RGB(255, 255, 0) 'Yellow
    Dim Color2 As Long: Color2 = RGB(0, 255, 0) 'Green
    Dim Color3 As Long: Color3 = RGB(255, 0, 0) 'Red
    Dim Color4 As Long: Color4 = RGB(179, 0, 134) 'Purple
    Dim Color5 As Long: Color5 = RGB(255, 0, 255) 'Magenta
    Dim Color6 As Long: Color6 = RGB(0, 0, 255) 'Blue
    'Change the worksheet name below to match your worksheet name
    Dim ws As Worksheet: Set ws = ThisWorkbook.Worksheets("Sheet1")
    'Set the way Excel handles errors
    On Error Resume Next
    'Loop through all the cells in the worksheet
    For i = 1 To ws.Cells.SpecialCells(xlCellTypeLastCell).Row Step 1
        For j = 1 To ws.Cells.SpecialCells(xlCellTypeLastCell).Column Step 1
            'Check if the cell is colored and in the range we're interested in
            If ws.Cells(i, j).Interior.Color = Color1 Or _
                ws.Cells(i, j).Interior.Color = Color2 Or _
                ws.Cells(i, j).Interior.Color = Color3 Or _
                ws.Cells(i, j).Interior.Color = Color4 Or _
                ws.Cells(i, j).Interior.Color = Color5 Or _
                ws.Cells(i, j).Interior.Color = Color6 Then
                'If the cell is colored, select the entire row
                ws.Cells(i, j).EntireRow.Select
            End If
        Next j
    Next i
    'Reset the way Excel handles errors
    On Error GoTo 0
End Sub

Ketujuh, lalu klik the Run (tanda segitiga atau F5) untuk menjalankan macro. Kini, data kelompok tertentu berada di dalam pilihan Anda.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DOKUMEN BARU PADA MICROSOFT EXCEL

Cara Menyortir Data Yang Sama Di Excel

Menyortir data yang sama di Excel menjadi sebuah hal yang sangat mudah dan efisien. Berikut adalah cara untuk menyortir data yang sama di Excel.

  1. Pertama, buka file Excel yang Anda akan gunakan. Setelah itu, select seluruh data yang akan disortir.
  2. Buka tab Data Excel, lalu pilih opsi Sort A-Z atau Sort Z-A yang terletak di bagian kanan halaman Excel.
  3. Selanjutnya masukkan opsi level sort Anda. Dalam tutorial ini, pilih opsi column A terlebih dulu.
  4. Kemudian klik Add Level dan pilhlah data yang akan disortir. Setelah memilih data, Excel akan memindahkan semuanya ke dalam kolom baru di sebelah kanan.
  5. Setelah itu, pilih bagaimana Excel akan menyortir data tersebut dengan memilih opsi sort A-Z atau sort Z-A pada setiap kolom yang telah dipilih.
  6. Klik OK pada pop up dialog box dan Excel akan menyortir data Anda berdasarkan kolom yang telah dipilih dengan cara yang dipilih oleh Anda.

Rumus Excel Memberi Warna Pada Cell/Tutorial Excell Membandingkan Dua

Kita dapat memberikan warna pada cell atau membandingkan dua cell dalam Excel dengan dua rumus Excel yang berbeda. Berikut ini adalah cara membuat warna pada cell atau membandingkan dua cell pada Excel.

Rumus Excel untuk Memberikan Warna pada Cell

Salah satu fungsi terbaik di Excel adalah kemampuannya untuk memberikan warna pada cell tertentu yang berisi data tertentu. Gunakan rumus Excel berikut untuk memberikan warna pada cell:

=IF(A1="Yes", "Green", IF(A1="No", "Red", ""))

Dalam rumus ini, pada contoh kita akan mengatur sel A1 untuk memberikan warna hijau jika isinya “Yes” dan warna merah jika isinya “No”. Variabel lainnya akan diabaikan.

Baca Juga :  Cara Membuat Format Nomor Faktur Pajak Di Excel

Rumus Excel untuk Membandingkan Dua Cell

Selain memberikan warna pada cell, kita juga dapat membandingkan dua cell dan memberikan hasilnya. Gunakan rumus Excel berikut untuk membandingkan dua cell:

=IF(A1=B1, "True", "False")

Dalam rumus ini, pada contoh kita akan membandingkan sel A1 dan B1 dan memberikan jawaban “True” jika kedua cell memiliki nilai yang sama, dan “False” jika tidak sama.

FAQ

1. Bagaimana cara menyortir data secara otomatis pada Excel?

Jawab: Ada beberapa cara untuk melakukan sort secara otomatis pada Excel, salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan fitur filter di tabel. Untuk mengaktifkan fitur filter, klik salah satu sel di dalam tabel, dan kemudian klik tombol Filter pada tab Data.

2. Apakah Excel hanya digunakan untuk pengolahan data numerik saja?

Jawab: Excel memang terkenal untuk pengolahan data numerik, namun software ini juga cukup fleksibel untuk melakukan pengolahan data berupa teks dan gambar. Dengan bantuan beberapa fungsi dan pembuatan format, Excel bisa melakukan pengolahan dan presentasi data dengan baik.

Itulah beberapa tips dan trik tentang pengolahan data di Excel. Selamat mencoba!