Cara Menghitung Nilai Sem Dengan Excell

Menggunakan Microsoft Excel sebagai bagian dari pekerjaan sehari-hari dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan sobat. Salah satu fitur dalam Microsoft Excel yang sering digunakan adalah penghitungan nilai persentase dan nilai kumulatif. Dalam artikel ini akan dibahas cara menghitung nilai persentase dan kumulatif pada Microsoft Excel serta beberapa contoh kasus penggunaannya.

Cara Menghitung Nilai Persentase di Microsoft Excel

Satu dari banyak fungsi Excel adalah kalkulator persentase. Dalam Excel, nilai persentase pada dasarnya ditunjukkan oleh format sel. Anda dapat menggunakan pengaturan format cel angka bawaan atau Anda bisa merubahnya sendiri untuk mencapai tampilan yang Anda inginkan.

Berikut panduan langkah demi langkah cara menghitung persentase pada excel:

Step 1: Buat Data Excel

Excel adalah program pengolah angka yang memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam perhitungan, Oleh karena itu untuk melakukan penghitungan jumlah persentase, maka kita harus membuat terlebih dahulu data pada excel.

Untuk kebutuhan artikel ini, akan dibuat data yang merupakan persentase jumlah belanja dalam setiap kategori produk pada sebuah toko online, yang terdiri atas:

Cara Menghitung Nilai Sem Dengan Excell

Di atas terlihat jelas bahwa ada beberapa kategori barang, jumlah barang, diskon, dan harga. Dari data ini, kita akan menghitung nilai persentase diskon dan pajak.

Baca Juga :  Cara Membuat 3 Data Grafik Dalam 1 Excel

Step 2: Sintaks Menghitung Persentase di Excel

Setelah membuat data, maka langkah selanjutnya adalah membuat perhitungan persentase. Untuk menggunakan rumus atau rumus excel lingkup persentase, kita memerlukan operator matematika persentase (%) yang merupakan pembagian dengan kelipatan 100.

Untuk menghitung nilai persentase di excel, rumus yang digunakan adalah :

Nilai Persentase = (Nilai / Total Nilai) x 100%

Contoh perhitungan nilai persentase :

Contoh Persentase Excel

Rumus di atas akan menghasilkan nilai persentase dari diskon dan pajak. Kita tinggal menaruh rumus di sel yang kosong dan melakukan drag ke baris bawah atau sel mana pun yang ingin Anda tambahkan rumusnya.

Step 3: Mengubah Format Sel Excel

Setelah menghitung nilai persentase pada sheet Excel, tahap selanjutnya adalah merubah tampilan format angka pada kolom disc dan pajak sehingga menjadi persentase yakni menambahkan tanda % pada kolom tersebut.

Untuk mengubah format sel excel menjadi persentase, langkah-langkahnya adalah:

  1. Pilih sel atau kumpulan sel yang akan diubah formatnya menjadi persentase. Kemudian klik kanan dan pilih format cells.
  2. Pada menu category, pilih Percentage.
  3. Pada menu decimal, tentukan keinginan format desimal.
  4. Akhirnya klik OK untuk menyimpan perubahan format sel excel menjadi persentase.
Contoh Merubah Format Persentase

Cara Menghitung atau Menampilkan Nilai Tertinggi dan Terendah di Excel

Menghitung nilai tertinggi dan terendah dalam suatu data Excel hampir selalu dibutuhkan pada setiap pekerjaan. Complete with a “MIN” and “MAX” formula in Excel, Anda dapat dengan mudah mengetahui nilai terkecil dan terbesar dalam setiap kumpulan data. Berikut ini cara menggunakan rumus Excel “MIN” dan “MAX” untuk menghitung atau menampilkan nilai tertinggi dan terendah dalam data Excel.

Step 1: Buat Data Excel

Untuk melakukan perhitungan, pertama-tama Anda perlu membuat data. Dalam contoh ini, kita akan membuat data jumlah pengunjung sebuah museum berdasarkan hari.

Contoh Data Pengunjung Museum

Setelah membuat data, kita dapat melakukan perhitungan pada kolom pengunjung dan jumlah kartu yang dijual.

Contoh Total

Step 2: Menggunakan Rumus MIN dan MAX

Sekarang, setelah membuat data, kita dapat melakukan penghitungan menggunakan rumus MIN dan MAX di Excel. Rumus ini memungkinkan kita untuk menampilkan nilai tertinggi dan terendah dalam kolom data Excel.

Baca Juga :  Cara Membuat Freeze Di Excel 2007

Untuk menampilkan nilai tertinggi, gunakan rumus MAX:

=MAX(cell_range)

Untuk menampilkan nilai terendah, gunakan rumus MIN:

=MIN(cell_range)

Pada contoh data pengunjung museum, untuk menampilkan jumlah pengunjung tertinggi, kita dapat menggunakan rumus:

=MAX(D2:D8)

Contoh Menghitung Nilai Tertinggi

Sedangkan untuk menampilkan jumlah pengunjung terendah, kita dapat menggunakan rumus:

=MIN(D2:D8)

Contoh Menghitung Nilai Terendah

Contoh Kasus Penggunaan Cara Menghitung Nilai Persentase dan Kumulatif di Excel

Pada kesempatan kali ini, akan diberikan dua contoh kasus penggunaan cara menghitung nilai persentase dan kumulatif pada Excel beserta penjelasannya.

Kasus 1: Menghitung Presentase Nilai Penjualan

Sebagai contoh kasus, seorang dan dia sedang bekerja sebagai penjual di perusahaan ritel untuk produk olahraga. Produk tahun lalu mencapai Rp 5,000,000, sedangkan tahun ini mencapai Rp 7,500,000. Pembeliannya terdiri dari bulan-bulan berikut:

Contoh Data Penjualan

1. Menghitung Nilai Persentase

Untuk menghitung nilai persentase, dapat menggunakan rumus yang telah dibahas sebelumnya:

Nilai Persentase = (Nilai / Total Nilai) x 100%

Dari data tersebut, kita dapat menghitung persentase perbulan seperti berikut:

Contoh Persentase Penjualan

Dari data di atas, dapat disimpulkan penjualan tertinggi adalah pada bulan Juli (100%) dan penjualan terendah adalah pada bulan April (24,79%).

2. Menghitung Nilai Kumulatif

Menghitung nilai kumulatif pada Excel juga bisa dilakukan dengan menggunakan rumus. Rumus Kumulatif merupakan penjumlahan dari data awal ke data terakhir dengan hasil perhitungan yang dinamik terus bertambah.

Rumus perhitungan nilai kumulatif adalah sebagai berikut:

Kumulatif = SUM(data_range)

Proses ini dilakukan pada setiap baris data dan kolom khususnya pada sel kumulatif. Dalam contoh kasus ini, nilai kumulatif persentase penjualan dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Kumulatif = SUM(E2:E8)

Contoh Kumulatif Penjualan

Kasus 2. Menghitung Nilai Persentase Jumlah Karyawan dan Gaji

Sebagai contoh kasus, sebuah perusahaan memiliki 50 karyawan dengan perincian data jumlah karyawan laki-laki dan perempuan serta gaji masing-masing kategori karyawan.

Contoh Data Karyawan

1. Menghitung Nilai Persentase

Menghitung persentase jumlah karyawan laki-laki dan perempuan dapat dilakukan menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buat tabel untuk jumlah karyawan berdasarkan jenis dan jumlah gaji masing-masing.
  2. Hitung jumlah karyawan laki-laki dan perempuan.
  3. Hitung jumlah gaji masing-masing jenis karyawan
  4. Hitung persentase jumlah karyawan dan gaji masing-masing jenis karyawan.
Baca Juga :  Cara Membuat Radio Button Di Excel

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan, nilai persentase karyawan dan gaji masing-masing karyawan dapat dihitung menggunakan rumus sebelumnya:

Nilai Persentase = (Nilai / Total Nilai) x 100%

Contoh Persentase Karyawan dan Gaji

Date di atas dapat digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam perusahaan dan memberikan pandangan yang lebih jelas tentang jenis karyawan mana yang memenuhi syarat gaji yang lebih tinggi.

2. Menghitung Nilai Kumulatif

Menghitung nilai kumulatif pada Excel juga bisa dilakukan dengan menggunakan rumus. Rumus Kumulatif merupakan penjumlahan dari data awal ke data terakhir dengan hasil perhitungan yang dinamik terus bertambah.

Rumus perhitungan nilai kumulatif adalah sebagai berikut:

Kumulatif = SUM(data_range)

Proses ini dilakukan pada setiap baris data dan kolom khususnya pada sel kumulatif. Dalam contoh kasus ini, nilai kumulatif persentase karyawan dan gaji dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Kumulatif = SUM(E2:E3)

Contoh Kumulatif Karyawan dan Gaji

FAQ

1. Bagaimana cara merubah format sel excel menjadi persentase?

Untuk mengubah format sel excel menjadi persentase, langkah-langkahnya adalah:

  1. Pilih sel atau kumpulan sel yang akan diubah formatnya menjadi persentase. Kemudian klik kanan dan pilih format cells.
  2. Pada menu category, pilih Percentage.
  3. Pada menu decimal, tentukan keinginan format desimal.
  4. Akhirnya klik OK untuk menyimpan perubahan format sel excel menjadi persentase.

2. Apa itu rumus MIN dan MAX di Excel?

Rumus MIN dan MAX pada Excel digunakan untuk menampilkan nilai terendah dan tertinggi dalam data. Rumus MIN digunakan untuk menampilkan nilai terendah dalam data, sedangkan rumus MAX digunakan untuk menampilkan nilai tertinggi dalam data.

Video Tutorial

Berikut video tutorial yang dapat membantu memahami cara menghitung nilai persentase dan nilai kumulatif di Excel:

Semoga artikel ini dapat membantu sobat dalam menghitung nilai persentase dan nilai kumulatif di Excel. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, pekerjaan sobat akan lebih mudah dan efisien.