Cara Membuat Rab Excel

Memulai proyek bangun rumah apartemen tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Salah satunya adalah perencanaan anggaran biaya atau Rab.

Cara Membuat RAB di Excel

Cara Membuat Rab Excel

RAB sendiri merupakan suatu perencanaan anggaran biaya dalam sebuah proyek. Dengan RAB kita dapat memperkirakan biaya dari awal hingga akhir proyek. Hal ini menjadikan kita dapat lebih mudah untuk mengatur dan menentukan kebutuhan sumber daya dalam proyek tersebut.

Microsoft Excel dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam membuat RAB. Berikut adalah tutorial mengenai cara membuat RAB di Excel:

  1. Buatlah struktur pohon RAB
  2. Pertama-tama, buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Kemudian, kelompokkan pekerjaan-pekerjaan tersebut berdasarkan kategori, seperti sumber daya, peralatan, material, bahan kimia, atau jasa. Langkah selanjutnya adalah membuat struktur pohon RAB dengan demo ini.

  3. Masukkan estimasi biaya ke dalam pohon RAB
  4. Setelah struktur pohon RAB selesai dibuat, saatnya untuk memasukkan estimasi biaya ke dalamnya. Pastikan estimasi biaya tersebut sesuai dengan kategori pekerjaan dalam struktur pohon RAB. Jangan lupa untuk menjumlahkan estimasi biaya pada setiap kategori untuk mendapatkan total biaya dari proyek tersebut.

  5. Lakukan revisi RAB jika perlu
  6. Setelah estimasi biaya selesai dimasukkan ke dalam struktur pohon RAB, lakukanlah revisi RAB jika diperlukan. Hal ini menjadikan RAB semakin akurat dan realistis sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Cara Menghitung Cepat Di Excel

Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) Menggunakan Ms Excel

Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) Menggunakan Ms Excel

Menghitung RAB dapat menjadi lebih mudah dengan menggunakan Ms Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buatlah daftar material dan harga
  2. Pertama-tama, buatlah daftar material dan harga yang dibutuhkan dalam proyek tersebut. Pastikan harga bahan tersebut sudah tertera dalam satuan tertentu, seperti per kg atau per m2.

  3. Masukkan jumlah material yang dibutuhkan
  4. Selanjutnya, masukkan jumlah material yang dibutuhkan dalam proyek tersebut. Misalnya, jika kita membutuhkan 1000m2 keramik, masukkanlah 1000 pada kolom yang tersedia.

  5. Hitung total biaya material per jenis
  6. Setelah jumlah material dimasukkan, hitunglah total biaya material per jenis. Hal ini dapat dilakukan dengan perkalian jumlah material dengan harga satuan material tersebut. Misalnya, jika harga satuan keramik adalah Rp 50.000 per m2, maka total biaya keramik adalah 1000 x 50.000 = Rp 50.000.000.

  7. Hitung total biaya keseluruhan
  8. Langkah terakhir adalah menghitung total biaya keseluruhan dengan menjumlahkan total biaya material dari setiap jenis material. Hal ini menjadikan kita dapat mengetahui estimasi anggaran biaya yang dibutuhkan dalam proyek tersebut.

Software RAB Excel Untuk Menghitung Anggaran Biaya Bangun Rumah

Software RAB Excel

Bukan hanya tutorial manual, namun kita juga dapat menggunakan software RAB Excel untuk menghitung anggaran biaya dalam proyek bangun rumah. Berikut adalah beberapa software RAB Excel yang dapat digunakan untuk proyek bangun rumah:

  1. Software RAB Excel By Indra Setiawan
  2. Software RAB Excel By Indra Setiawan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghitung anggaran biaya proyek bangun rumah. Software ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, software ini juga memiliki fitur yang lengkap untuk membuat RAB.

  3. Software RAB Excel By Rizki Sutaryono
  4. Software RAB Excel By Rizki Sutaryono adalah software RAB Excel gratis yang dapat digunakan untuk menghitung anggaran biaya dalam proyek bangun rumah. Software ini memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Selain itu, software ini juga menyediakan template RAB yang dapat digunakan oleh penggunanya.

Baca Juga :  BAGAIMANA CARA MEMASUKAN EXCEL KE ACCESS

FAQ

1. Mengapa perlu melakukan perencanaan anggaran biaya (RAB) dalam proyek bangun rumah?

Perencanaan anggaran biaya (RAB) dalam proyek bangun rumah sangatlah penting. Dengan melakukan perencanaan tersebut, kita dapat memperkirakan biaya dari awal hingga akhir proyek, juga menjadikan kita dapat lebih mudah untuk mengatur dan menentukan kebutuhan sumber daya dalam proyek tersebut.

2. Apa yang harus menjadi perhatian dalam menghitung RAB?

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam menghitung RAB, seperti:

  • Memiliki daftar lengkap dari bahan dan jasa yang dibutuhkan
  • Memastikan harga satuan bahan dan jasa sudah diperoleh
  • Mengetahui jumlah bahan yang dibutuhkan
  • Perlu melakukan perhitungan ulang jika terjadi perubahan bahan dan jasa yang dibutuhkan

Video Tutorial: Cara Membuat RAB dengan Microsoft Excel

Berikut adalah video tutorial mengenai cara membuat RAB dengan Microsoft Excel: