Cara Menghitung Masa Kerja Untuk Thr Excel

Menghitung Masa Kerja Pegawai dengan Rumus

Cara Menghitung Masa Kerja PNS

Cara Menghitung Masa Kerja Untuk Thr Excel

Masa kerja merupakan sebuah perhitungan mengenai lamanya waktu seorang pegawai telah bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Pada umumnya, masa kerja ini digunakan sebagai bahan perhitungan dalam penghitungan besarnya gaji yang harus diterima oleh pegawai tersebut.

Untuk pegawai negeri sipil atau PNS, perhitungan masa kerja memiliki rumus yang dapat diaplikasikan. Dalam rumus tersebut, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan agar hasil perhitungan tidak mengalami kesalahan.

Cara Menghitung Masa Kerja PNS

Cara Menghitung Masa Kerja PNS – Mama Baca

Sebelum kita membahas rumus perhitungan masa kerja PNS, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang berkaitan dengan perhitungan ini.

Masa kerja dalam dunia PNS diukur dengan satuan tahun, bulan dan hari. Dan, terkait dengan ini, ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui:

  • 1 tahun dihitung dengan nilai 12 bulan atau 365 hari (kalender masehi);
  • 1 bulan dihitung dengan nilai rata-rata harinya, yaitu 30 atau 31 hari, tergantung pada bulan tersebut;
  • Sebelum tahun 1978, 1 bulan dihitung dengan nilai 3 hari, 10 jam, dan 24 menit;
  • Pada masa pelatihan, masa penjagaan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), dan masa penjagaan di BP7 (Benteng Pembinaan dan Pengawasan Keamanan), setiap 2 bulan diperhitungkan sebagai 1 bulan masa kerja;
  • 1 hari dihitung sebagai perhitungan penuh (1 x 1);
  • Terakhir, masa kerja yang dihitung berdasarkan surat keputusan pengangkatan pegawai negeri sipil (SK PNS). Dalam SK tersebut, masa kerja ditulis secara lengkap dalam format tahun-bulan-hari.
Baca Juga :  Cara Membuat File Excel Agar Bisa Dilipat

Dengan memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas, berikut adalah rumus perhitungan masa kerja PNS secara lengkap:

Cara Menghitung Lamar Hari di Excel

Cara Menghitung Lama Hari Di Excel - Excel dan Rumus Microsoft Excel

Excel merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mempermudah dalam proses penghitungan akuntansi, perhitungan keuangan, dan perhitungan lainnya. Anda dapat menghitung lama hari di excel dengan mudah dan tak perlu khawatir lagi dengan perhitungan yang rumit.

Berikut ini adalah cara menghitung lama hari di excel:

  1. Buka aplikasi Excel pada laptop atau komputer Anda.
  2. Buat kolom untuk tanggal awal dan tanggal akhir, serta kolom untuk penanggalan lama hari.
  3. Pada kolom tanggal awal, ketikkan tanggal mulai dari keperluan perhitungan Anda.
  4. Lakukan hal yang sama pada kolom tanggal akhir.
  5. Setelah mengetahui tanggal awal dan akhir, hitung selisih tanggalnya dengan menjumlahkan kedua kolom.
  6. Cara lain yang bisa digunakan untuk menghitung lama hari adalah dengan menggunakan add-in pada aplikasi excel, salah satu add-in yang bisa digunakan adalah WEEKNUM.

Cara Menghitung Gaji THR

Cara Menghitung Gaji THR

Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan salah satu bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya pada momen tertentu, biasanya pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. THR juga dikenal dengan nama Tunjangan Hari yang Dibayarkan Secara Berkala, atau biasa disingkat THDP.

Namun, berniat memberikan THR saja tidak cukup. Anda juga harus tahu bagaimana cara menghitung gaji THR yang akan diberikan. Berikut adalah langkah-langkah cara menghitung gaji THR:

  • Perhatikan persentase dari jumlah THR yang akan diberikan. Persentase yang biasanya digunakan adalah 1 (satu) bulan gaji penuh.
  • Hitung gaji karyawan selama 12 bulan terakhir. Hal ini dilakukan untuk mengetahui gaji bulanan rata-rata yang diterima oleh karyawan selama setahun.
  • Lalu, kalikan gaji bulanan rata-rata tersebut dengan persentase THR yang telah ditentukan tadi. Hasil akhir dari rumus ini merupakan nilai THR yang akan diterima oleh karyawan.
Baca Juga :  Cara Membuat Background Kartu Ujian Di Excel

FAQ

1. Apa itu masa kerja?

Masa kerja merupakan sebuah perhitungan mengenai lamanya waktu seorang pegawai telah bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Pada umumnya, masa kerja ini digunakan sebagai bahan perhitungan dalam penghitungan besarnya gaji yang harus diterima oleh pegawai tersebut.

2. Apa itu THR?

Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan salah satu bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya pada momen tertentu, biasanya pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. THR juga dikenal dengan nama Tunjangan Hari yang Dibayarkan Secara Berkala, atau biasa disingkat THDP.”