Cara Menghitung Lama Tahun Dalam Excel

Excel adalah salah satu program yang sangat berguna dalam mempermudah pekerjaan di kantor maupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan Excel yang sangat berguna adalah kemampuannya untuk menghitung waktu. Ada banyak cara untuk menghitung waktu di Excel, tetapi dalam artikel ini kita akan membahas cara untuk menghitung jumlah jam antara dua waktu, menghitung lama hari, dan menghitung umur tahun dan bulan menggunakan Excel.

Rumus Excel Menghitung Jumlah Jam Antara Dua Waktu

Untuk menghitung jumlah jam antara dua waktu, pertama-tama kita perlu mengetahui cara yang benar untuk menyimpan waktu di Excel. Biasanya, waktu disimpan dalam format 24-jam dengan format HH:MM:SS, misalnya 09:45:00. Namun, dalam banyak kasus, waktu juga bisa diinput dalam format AM/PM dengan format jam (1-12), menit, dan AM atau PM, misalnya 9:45 AM.

Pertama, kita perlu mengubah format waktu ke nomor desimal menggunakan fungsi TIME di Excel. Fungsi TIME mengambil tiga argumen: jam, menit, dan detik, dan mengembalikan nilai desimal yang mewakili waktu tersebut. Berikut adalah sintaksisnya:

=TIME(jam, menit, detik)

Setelah kita mengubah waktu ke nomor desimal, kita dapat menghitung selisih antara dua waktu dan kemudian mengalikannya dengan 24 untuk mendapatkan jumlah jam. Berikut adalah rumus lengkapnya:

=24*(waktu_akhir-waktu_awal)

Di sinilah konversi ke format waktu yang benar sangat penting. Jika waktu_disimpan dalam format AM/PM, kita perlu menambahkan “12/24” ke jam yang dihasilkan oleh fungsi TIME tergantung pada apakah waktu tersebut adalah AM atau PM. Berikut adalah contoh rumus yang menghitung selisih antara dua waktu dengan waktu yang disimpan dalam format AM/PM:

=IF(PM(waktu_awal),IF(HOUR(waktu_awal)=12,-12,0)+HOUR(waktu_awal)+MINUTE(waktu_awal)/60,IF(HOUR(waktu_awal)=12,0,HOUR(waktu_awal))+MINUTE(waktu_awal)/60)-IF(PM(waktu_akhir),IF(HOUR(waktu_akhir)=12,-12,0)+HOUR(waktu_akhir)+MINUTE(waktu_akhir)/60,IF(HOUR(waktu_akhir)=12,0,HOUR(waktu_akhir))+MINUTE(waktu_akhir)/60)

Di sini, fungsi IF digunakan untuk menentukan jika waktu yang disimpan adalah PM atau bukan. Jika ya, kita menambahkan “12/24” ke jam. Jika tidak, kita tidak menambahkan apa-apa. Akhirnya, kita mengurangi jam akhir dari jam awal dan mengalikannya dengan 24 untuk mendapatkan jumlah jam.

Cara Menghitung Lama Hari Di Excel

Untuk menghitung lama hari di Excel, pertama-tama kita perlu menyimpan dua tanggal yang ingin dihitung selisihnya. Excel mengizinkan pengurangan tanggal dengan cara langsung mengurangi tanggal awal dari tanggal akhir, akan tetapi Excel menggunakan sistem waktu untuk menghitung selisih hari tersebut.

Sebagai contoh, jika kita ingin menghitung selisih antara tanggal 1 Januari 2022 dan 31 Desember 2022, kita akan mendapatkan hasil selisih 364 hari, karena Excel menghitung 31 Desember 2022 sebagai 31 Desember 2022 12:00:00 AM. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa waktu tidak diikutsertakan dalam penghitungan tersebut.

Untuk menghitung selisih antara dua tanggal di Excel, kita perlu menggunakan fungsi DATEDIF. DATEDIF bukanlah fungsi standar di Excel dan hanya tersedia dalam versi tertentu. Sintaksis fungsi DATEDIF adalah sebagai berikut:

=DATEDIF(tanggal_awal,tanggal_akhir,"unit")

Di sini, tanggal_awal dan tanggal_akhir mewakili tanggal yang ingin kita hitung selisihnya. Unit mewakili unit waktu yang ingin kita hitung, seperti “d” untuk hari, “m” untuk bulan, dan “y” untuk tahun. DATEDIF mengembalikan selisih antara dua tanggal dalam unit yang kita tentukan.

Setelah kita mendapatkan selisih hari, kita perlu memastikan bahwa waktu tidak diikutsertakan dalam penghitungan tersebut. Ada dua cara untuk mengatasi masalah ini. Yang pertama adalah dengan menetapkan dua tanggal pada waktu yang sama (misalnya, pukul 12 siang) menggunakan fungsi TIME. Ini memastikan bahwa waktu tidak diikutsertakan dalam penghitungan. Cara lain adalah dengan mengurangi 1 dari selisih hari dan memastikan bahwa Excel tidak melakukan pembulatan ke atas. Berikut adalah contoh rumus yang menghitung selisih antara dua tanggal:

=DATEDIF(tanggal_awal,tanggal_akhir,"d")

Cara Menghitung Umur Tahun Dan Bulan Di Excel

Untuk menghitung umur tahun dan bulan di Excel, pertama-tama kita perlu menyimpan tanggal lahir orang yang ingin kita hitung umurnya. Kita juga perlu menetapkan tanggal hari ini agar kita dapat menghitung selisih antara dua tanggal tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Jadwal Di Excel 2013

Untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam bulan, kita dapat menggunakan rumus yang sama seperti yang kita gunakan untuk menghitung selisih hari. Namun, kali ini unit yang kita gunakan adalah “ym”. Ini mengembalikan selisih antara dua tanggal dalam bulan, dan kita dapat mengabaikan bulan dan tahun dari selisih tersebut dengan menggunakan fungsi MOD. Fungsi MOD mengambil dua argumen: nomor dan pembagi. Fungsi ini mengembalikan sisa pembagian nomor oleh pembagi. Misalnya, =MOD(10,3) mengembalikan nilai 1, karena 10 dibagi dengan 3 menghasilkan sisa 1.

Jika kita ingin menghitung umur seseorang dalam tahun dan bulan, kita perlu mengambil hasil DATEDIF untuk bulan dan menggunakan fungsi MOD untuk menghitung bulan yang tersisa. Kita kemudian dapat membagi hasil DATEDIF untuk bulan dengan 12 untuk mendapatkan hasil dalam tahun. Berikut adalah contoh rumus:

=DATEDIF(tanggal_lahir,tanggal_hari_ini,"ym")&" bulan, "&MOD(DATEDIF(tanggal_lahir,tanggal_hari_ini,"m"),12)&" tahun"

Di sini, “&” digunakan untuk menggabungkan nilai yang berbeda menjadi satu string. Kita juga menggunakan fungsi TEXT untuk memformat hasil sehingga memiliki tampilan yang lebih enak dilihat. Berikut adalah contoh rumus yang sama dengan hasil yang diformat menggunakan fungsi TEXT:

=TEXT(DATEDIF(tanggal_lahir,tanggal_hari_ini,"ym"),"0 bulan ")&TEXT(MOD(DATEDIF(tanggal_lahir,tanggal_hari_ini,"m"),12),"0 tahun")

FAQ

1. Apakah Excel dapat menghitung waktu di atas 24 jam?

Ya, Excel dapat menghitung waktu di atas 24 jam dengan benar. Namun, waktu harus disimpan dalam format terstandardisasi yang disetujui oleh Excel (misalnya, format HH:MM:SS). Jika kita ingin mengubah waktu yang diinput oleh user ke format waktu yang benar, kita dapat menggunakan fungsi TEXT dan fungsi TIME yang telah diperkenalkan sebelumnya.

2. Apakah Excel dapat menghitung selisih antara dua tanggal di bawah era 1900 atau di atas 9999?

Ya, Excel dapat menghitung selisih antara dua tanggal di bawah era 1900 atau di atas 9999 dengan benar. Namun, kita perlu mengubah tanggal tersebut menjadi nomor seri terlebih dahulu agar Excel dapat menghitung selisihnya dengan benar. Ini dapat dilakukan dengan fungsi DATEVALUE dan DATE.

Video Tutorial: Rumus Excel Menghitung Jumlah Jam Antara Dua Waktu