Cara Mengcopy Data Excel Ke Powerpoint

Mungkin bagi anda yang sering menggunakan Microsoft Office, pasti sering menggunakan program seperti Excel, Access, Word maupun Powerpoint. Namun, pernahkah anda mengalami kesulitan dalam memindahkan atau mengcopy data dari satu program ke program lainnya?

Cara Mengcopy Data Excel Ke Access

Access adalah salah satu program yang digunakan untuk membuat database. Biasanya kegiatan pengisian data menggunakan Excel kemudian dipindahkan ke dalam Access sebagai database yang lebih rapi dan mudah dicari. Bagi anda yang baru menggunakan program Access, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka program Excel dan Access
  2. Pilih worksheet didalam Excel dimana data akan diambil
  3. Pilih seluruh isi kolom mulai dari kiri ke kanan kemudian copy (Ctrl + C)
  4. Buka Access kemudian buat table atau buka table yang sudah ada
  5. Pilih field yang akan diisi kemudian paste (Ctrl + V) kolom-kolom yang sudah dipilih pada Excel ke dalam field yang telah ditentukan pada Access
  6. Simpan database yang baru dibuat

Pada langkah ke-5, pastikan bahwa field pada Excel harus sama dengan field pada Access. Hal ini dilakukan agar data yang dipindahkan bisa terstruktur dengan baik.

Cara Mengcopy Dari Excel Ke Word

Excel dan Word adalah program yang sering digunakan untuk membuat berbagai laporan atau dokumen. Namun, bagaimana jika anda hendak mengcopy data pada Excel ke dalam dokumen Word? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka program Excel dan Word
  2. Pada Excel, pilih dan copy (Ctrl + C) seluruh isi kolom yang akan di-copy ke dalam Word
  3. Buka Word kemudian klik tempat anda akan meletakan data yang sudah di-copy tadi
  4. Paste (Ctrl + V) data tersebut ke dalam dokumen Word
  5. Atur format dokumen sesuai keinginan
  6. Simpan dokumen tersebut dengan nama yang diinginkan

Ketika mengcopy data dari Excel ke dalam Word, pastikan data tersebut sudah terformat dengan baik dan sesuai dengan keinginan anda. Jangan lupa untuk menyisipkan tabel pada Word jika kolom pada Excel lebih dari satu. Selain itu, pastikan juga ukuran font pada Word tidak terlalu kecil, agar lebih mudah dibaca.

Cara Memindahkan Data Excel Ke Powerpoint 2007

Powerpoint adalah program yang digunakan untuk membuat presentasi. Untuk membuat presentasi yang menarik dan informatif, anda dapat memasukkan data dari Excel ke dalam Powerpoint. Bagi anda yang belum tahu cara memindahkan data Excel ke Powerpoint, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka program Excel dan Powerpoint
  2. Pilih worksheet pada Excel dimana data akan diambil
  3. Pilih seluruh isi kolom mulai dari kiri ke kanan kemudian copy (Ctrl + C)
  4. Buka Powerpoint kemudian pilih slide yang akan diisi dengan data dari Excel. Pastikan slide tersebut sudah diberi judul yang sesuai
  5. Pada slide yang baru dibuat, klik kanan kemudian pilih Paste atau paste link
  6. Jika paste link dipilih, maka data pada slide akan selalu terupdate otomatis ketika data pada Excel diubah. Jika tidak memilih paste link, maka data pada slide tidak akan terupdate otomatis ketika data pada Excel diubah
  7. Atur format slide sesuai dengan keinginan
  8. Simpan presentasi dengan nama yang diinginkan

Dalam penyusunan presentasi, pastikan bahwa data pada slide tidak terlalu banyak. Hal ini dilakukan agar presentasi tidak terlalu panjang dan dapat disampaikan dengan jelas dan ringkas. Selain itu, pastikan pula bahwa data pada slide diatur sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh para audiens.

Cara Mengcopy Data Ke CD

Untuk membuat backup data, anda dapat memindahkan data dari komputer ke CD. Berikut adalah cara untuk mengcopy data ke CD:

  1. Masukkan CD yang akan digunakan
  2. Buka Windows Explorer dan pilih data yang akan di-copy
  3. Pilih kotak yang bersebelahan dengan data yang akan di-copy. Kotak tersebut akan terisi dengan tanda centang jika data sudah dipilih
  4. Klik kanan pada data yang sudah dipilih kemudian pilih “Copy To” atau “Send To”
  5. Pilih drive CD kemudian klik OK
  6. Tunggu proses peng-copy-an selesai. Jika sudah selesai, eject CD tersebut dari CD Drive
  7. Adjukan CD tersebut pada tempat yang aman
Baca Juga :  CARA EDIT SATU FILE EXCEL DI DUA PC

Pastikan bahwa CD yang digunakan masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jangan lupa untuk memberi label pada CD agar mudah dikenali jika akan digunakan lagi. Selain itu, jangan gunakan CD sebagai satu-satunya backup data anda, karena CD dapat rusak atau hilang.

Cara Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar Ke Excel

Bagi para guru di Indonesia, pasti tidak asing lagi dengan istilah NISN dan Verval Pd. NISN merupakan Nomor Induk Siswa Nasional, sedangkan Verval Pd merupakan Verifikasi dan Validasi Pendidik. Bagi guru yang hendak mengcopy data NISN dari Verval Pd ke Excel, berikut adalah cara yang benar:

  1. Buka Verval Pd lalu pilih menu “Data Anggota Keluarga”
  2. Klik tombol “Export”
  3. Pilih format file Excel yang akan digunakan. Biasanya format yang di-export adalah “File .xls”
  4. Simpan file tersebut pada lokasi yang diinginkan

Pastikan bahwa data pada Excel sudah sesuai dengan data pada Verval Pd. Hal ini dilakukan agar data yang digunakan sudah sesuai dengan data sebenarnya. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan backup data pada excel anda secara reguler untuk mencegah terjadinya data yang hilang atau rusak.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika data yang dipindahkan tidak sesuai dengan keinginan?

Jika data yang dipindahkan tidak sesuai dengan keinginan, anda dapat menghapus atau mengedit data tersebut sesuai dengan keinginan. Biasanya, program seperti Excel dan Access memiliki fitur yang memudahkan pengeditan data yang telah di-import dari program lainnya.

2. Bagaimana memastikan data yang dipindahkan tidak berubah ketika dipindahkan dari satu program ke program lainnya?

Untuk memastikan agar data tidak berubah ketika dipindahkan ke program lainnya, pastikan format data yang digunakan sudah sesuai dengan format data pada program lainnya. Selain itu, pastikan juga bahwa pengambilan data dilakukan secara lengkap dan tidak ada data yang terlewatkan.

Video Tutorial Cara Memindahkan Data Dari Excel Ke Word

Demikianlah beberapa cara untuk memindahkan atau mengcopy data dari satu program ke program lainnya. Dengan menguasai cara-cara tersebut, anda akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan penginputan data maupun penyusunan dokumen atau presentasi.