Cara mengurutkan data di Excel salah satu hal yang mungkin seringkali dijumpai dalam pekerjaan sehari-hari. Bayangkan jika kita memiliki banyak data dalam Excel, tentunya kita akan kesulitan untuk mencari data tertentu, menghitung data tertentu, atau melakukan perhitungan lain. Namun, dengan cara mengurutkan data tersebut akan mempermudah kita melakukan pencarian data dan perhitungan. Dalam artikel ini, kita akan membahas 2 cara untuk mengurutkan data di Excel secara otomatis.
Fungsi Sort pada Excel
Sort merupakan sebuah fungsi yang ada di Excel yang digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu. Excel dapat mengurutkan data berdasarkan kriteria yang kita tentukan, baik itu dari huruf, angka, atau waktu. Dalam Excel, terdapat dua jenis pengurutan data, yaitu pengurutan data secara ascending dan descending.
Cara Pertama: Menggunakan Fungsi Sort and Filter
Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengurutkan data di Excel secara otomatis adalah menggunakan fungsi sort and filter yang terdapat pada tab data.
- Buka spreadsheet yang akan diurutkan. Pilih range dari data yang akan diurutkan.
- Pilih Tab data lalu Klik “Sort Smallest to Largest” atau “Sort Largest to smallest” pada grup Sort & Filter.
- Pilih kriteria yang sesuai dengan range data yang diurutkan.
Misalnya: Data terdiri dari angka, maka pilihlah “largest to smallest” untuk mengurutkan data dari nilai terbesar ke terkecil atau “smallest to largest” untuk mengurutkan data dari nilai terkecil ke terbesar.
Sedangkan, jika Data terdiri dari Text pilihlah “A to Z” untuk mengurutkan data secara alfabet atau “Z to A” untuk mengurutkan data secara reverse alfabet. - Klik Oke.
Cara Kedua: Menggunakan Tombol Shortcut Excel
Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk mengurutkan data di Excel secara otomatis adalah menggunakan tombol shortcut. Tombol shortcut dapat digunakan untuk mempercepat proses pengurutan data tanpa mengeklik menu sort pada ribbon. Shortcut ini dapat kamu gunakan pada sel atau range yang kamu inginkan dan pada salah satu mode pengurutan yaitu ascending atau descending.
Tombol Shortcut Ascending
Berikut adalah tombol shortcut untuk pengurutan data secara ascending:
- Pilihlah sel pada data yang kamu inginkan.
- Tekan Tombol Alt + A + S
- Centang “My Data Has Headers” jika data yang akan didaftar memliki judul.
- Pilihlah kolom yang akan kamu urutkan data.
- Klik OK untuk menerapkan pengurutan.
Tombol Shortcut Descending
Berikut adalah tombol shortcut untuk pengurutan data secara descending:
- Pilihlah sel pada data yang kamu inginkan.
- Tekan Tombol Alt + A + S + A
- Centang “My Data Has Headers” jika data yang akan didaftar memiliki judul.
- Pilihlah kolom yang akan kamu urutkan data.
- Klik OK untuk menerapkan pengurutan.
Frequently Asked Questions (FAQ)
1. Bagaimana cara mengurutkan data dari beberapa kolom?
Untuk mengurutkan data dari beberapa kolom, dapat dilakukan dengan cara:
- Pilihlah range data yang akan diurutkan.
- Pada tab “Data”, klik pilihan “Sort” yang terdapat pada toolbar
- Pada kotak dialog “Sort”, tentukan kolom utama yang akan menjadi acuan nomor saat melakukan pengurutan data
- Setelah itu, tentukan kolom kedua sebagai bahan pengurutan yang berguna saat kondisi kolom utama tersebut sama nilainya.
- Klik OK untuk memulai pengurutan
2. Apa yang bisa dilakukan untuk mengurutkan seluruh kolom dalam satu data yang tercampur?
Untuk mengurutkan seluruh kolom dalam satu data yang tercampur, dapat dilakukan dengan cara:
- Pada kolom terakhir di Excel, tambahkan kolom baru.
- Isi nama kolom barunya dengan judul kolom data awal yang ingin diurutkan.
- Lakukan COPY-PASTE pada seluruh data pengisi kolom lainnya ke kolom baru tersebut.
- Urutkan semua data tersebut sesuai dengan kolom baru di Excel.
- Setelah diurutkan, kembalikan setiap kolom data awal pada posisi semula dengan COPY- PASTE FORWARD.
Video Tutorial Sorting Data di Excel
Untuk lebih memudahkan kamu dalam melakukan sorting data di Excel, kamu bisa menonton tutorial berikut ini: