CARA MENCARI FILE EXCEL YANG TERSIMPAN OTOMATIS DI PC

Anda pasti pernah mengalami saat-saat ketika Anda sedang dalam tenggat waktu, namun file dokumen yang tengah Anda kerjakan tiba-tiba hilang akibat komputer crash atau kehilangan jaringan. Atau mungkin saja Anda telah melakukan banyak perubahan pada dokumen, namun lupa untuk menyimpan dan tiba-tiba file tersebut tertutup secara otomatis. Meskipun begitu, jangan hawatir, karena ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang hilang atau belum tersimpan dalam program seperti Excel atau Word. Artikel ini akan membahas 5 Cara Memulihkan File Excel dan Word yang Hilang atau Belum Tersimpan dengan mudah dan praktis.

1. Gunakan Fitur AutoRecover

Excel dan Word telah dilengkapi dengan fitur AutoRecover, yang secara otomatis menyimpan file dokumen akan menampilkan notifikasi saat ada kehilangan koneksi atau saat program tertutup secara otomatis. Anda dapat menavigasi langsung ke file ini untuk memulihkan file yang hilang.

Untuk mengaktifkan fitur AutoRecover di Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Options dengan mengklik tab File
  2. Pilih Options di sisi bawahnya
  3. Pilih Save
  4. Periksa kotak Save AutoRecover
  5. Tentukan jumlah waktu (dalam menit) ketika file disimpan secara otomatis.

Untuk mengaktifkan fitur AutoRecover di Word, ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu Options dengan mengklik tab File
  2. Pilih Options di sisi bawahnya
  3. Pilih Save
  4. Periksa kotak Save AutoRecover
  5. Tentukan jumlah waktu (dalam menit) ketika file disimpan secara otomatis.

Selain itu, Anda juga bisa mencari file AutoRecover secara manual dengan cara membuka menu File dan memilih Recent Documents. Di menu terkait, pilih “Recover Unsaved Documents”. Jangan khawatir jika terdapat gangguan dalam program yang Anda gunakan, karena fitur AutoRecover akan menyimpan semua file dokumen dalam format label “AutoRecover” yang ditambahkan pada file asli. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencari dan mengembalikan file yang hilang dengan mudah.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT LIST EXCEL

2. Gunakan Fitur Temporary File Recovery

Jika fitur AutoRecover tidak berhasil dalam mengembalikan dokumen yang hilang, metode yang dapat Anda coba selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Temporary File Recovery. Fitur ini menetapkan sementara file dokumen persis seperti AutoRecover. Namun, tempat penyimpanan file dibuat dengan nama yang berbeda dan disimpan dalam format temporer. Cara yang dapat dilakukan dalam melakukan fitur Temporary File Recovery adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Options di Excel atau Word
  2. Pilih Save
  3. Cari folder default dari Temporary File dan catat alamat folder ini.
  4. Tutup program yang sedang berjalan.
  5. Lakukan pencarian folder Temporary File yang sesuai dengan alamat yang telah dicatat.
  6. Cari file dokumen yang hilang berdasarkan nama file dan format yang digunakan oleh program.
  7. Pilih dokumen, klik kanan dan pilih option “Open”.
  8. Buka dokumen dan pastikan file telah tersimpan.

3. Gunakan CD / Flashdisk Backup

Mungkin sebagian dari Anda masih ingat bagaimana cara penyimpanan dokumen-dokumen penting pada CD atau flashdisk untuk langkah antisipasi. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengembalikan dokumen yang hilang atau belum tersimpan. Namun, Anda harus memperhatikan pengaturan File / Flashdisk Backup secara teratur. Hal ini karena kapasitas data backup berbeda tergantung pada tipe media yang Anda gunakan.

Jika Anda telah membackup file dokumen pada CD atau flashdisk, maka langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan media penyimpanan ke perangkat yang hilang atau terhapus. Kemudian, buka program Word atau Excel dan pilih menu “File” dan klik “Open”. Setelah itu, navigasi ke media backup dan pilih dokumen yang hilang atau belum tersimpan. Disinilah Anda akan menemukan file yang hilang atau tidak ter-save. Pastikan untuk menyimpan file dokumen tersebut pada perangkat atau sistem yang berbeda.

Baca Juga :  Cara Memprint Out Data Semua Sheet Di Excel

4. Gunakan Fitur Cloud Drive

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file hilang atau belum tersimpan pada program Excel dan Word adalah dengan melakukan backup dokumen pada layanan Cloud seperti Google Drive, Dropbox atau OneDrive. Layanan cloud dapat menjadi media penyimpanan yang fleksibel dan menyediakan akses mudah ke file dokumen dari manapun, kapan saja.

Langkah untuk membackup file pada layanan Cloud antara lain:

  1. Lakukan Upload File Excel atau Word ke layanan Cloud yang Anda miliki
  2. Pastikan terdapat folder khusus tempat file backup disimpan untuk memudahkan pencarian saat file terhapus atau tidak ter-save
  3. Jangan lupa untuk terus memperbarui file backup Anda agar tidak kehilangan terhadap atau apabila terjadi gangguan

Selain itu, Cloud juga menyediakan fitur sync di mana setiap pengguna dapat mengatur penyimpanan yang seimbang antara perangkat dan layanan Cloud. Fitur ini menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam membackup file dokumen dan memudahkan dalam mengembalikan file yang hilang atau belum tersimpan.

5. Gunakan Software Recovery

*Gambar

Cara Memulihkan File Excel yang Tidak Tersimpan

CARA MENCARI FILE EXCEL YANG TERSIMPAN OTOMATIS DI PC

Software recovery adalah alternatif terakhir ketika cara-cara di atas tidak berhasil memulihkan file Excel atau Word yang hilang atau belum tersimpan. Ada banyak software recovery yang tersedia di internet dan aplikasi komersial yang dapat membantu mengembalikan file Excel atau Word yang tidak disimpan atau terhapus.

Seperti software recovery umumnya, program recovery dapat memulihkan atau mengembalikan file dengan cepat secara otomatis. Namun, software recovery memiliki kelemahan dalam hal penggunaan yang rentan terhadap malware, virus, atau iklan-iklan yang tidak diinginkan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan software recovery (setelah mempertimbangkan resiko), Jangan lupa untuk mengamankan website dan halaman download yang telah Anda kunjungi dengan antivirus terkini. Selain itu, tetap waspada dan teliti dalam mengunduh, kesalahan dalam mengunduh atau dalam meng-install program dapat merusak sistem yang Anda miliki.

Baca Juga :  Cara Membuat Input Data Pada Excel

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika file excel atau word hilang saat sedang dalam pengeditan

Jawaban:

Jika file Excel atau Word hilang setelah editing, Anda dapat memulihkannya dengan menggunakan AutoRecover atau dengan menggunakan fitur AutoRecover, atau dengan mencari backup pada layanan Cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Jika metode-metode tersebut tidak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan software recovery untuk mengembalikan file yang hilang.

2. Apa yang harus dilakukan sebelum memulai pengeditan file Excel dan Word?

Jawaban:

Sebelum memulai pengeditan file, pastikan untuk selalu menyimpan dokumen dengan nama file yang jelas dan mudah diingat. Selain itu, pastikan bahwa fitur AutoRecover telah diaktifkan dan dilakukan backup dokumen pada layanan Cloud secara rutin. Hal ini dapat mencegah terhapusnya dokumen ketika terjadi gangguan.

Video Tutorial

*Video

Cara Memulihkan File Excel Yang Tidak Tersimpan

Kesimpulan

Mengalami gangguan pada laptop atau komputer memang sangat menyebalkan. Namun, jangan khawatir karena Excel dan Word telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat bermanfaat dalam mengembalikan file Excel atau Word yang hilang atau belum tersimpan dengan mudah dan praktis.

Jika file dokumen hilang ms, segera gunakan fitur AutoRecover atau fitur Temporary File Recovery. Selain itu, jangan lupa untuk membackup file dokumen di layanan Cloud secara teratur dan mempertimbangkan dalam menggunakan software recovery di dalam memulihkan file yang hilang atau belum tersimpan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengembalikan file Excel dan Word yang hilang atau belum tersimpan dengan cara yang mudah dan praktis.