Cara Mencari Data Selisih Dua Sheet Di Excel

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara mencari selisih di Excel. Excel adalah salah satu program yang sangat populer digunakan oleh banyak orang untuk melakukan pengolahan data. Dalam Excel, terdapat banyak sekali fitur-fitur yang dapat membantu kita dalam melakukan pengolahan data, salah satunya adalah mencari selisih pada data.

Pencarian selisih pada Excel seringkali dibutuhkan dalam berbagai kasus, misalnya saat ingin membandingkan dua set data yang berbeda atau saat ingin mengetahui berapa selisih antara dua angka. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan membagikan cara-cara mencari selisih pada Excel yang bisa Anda gunakan.

Gambar 1

Cara Mencari Selisih Antara Dua Angka pada Excel

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka file Excel yang ingin Anda olah. Setelah itu, pilihlah sel atau sel-sel yang berisi angka yang ingin Anda cari selisihnya. Sebagai contoh, saya memiliki data jumlah pendapatan per bulan dari toko A dan B seperti pada gambar 2.

Gambar 2
Cara Mencari Data Selisih Dua Sheet Di Excel

Dalam contoh ini, saya ingin mencari selisih antara pendapatan toko A dan B pada bulan Januari. Oleh karena itu, saya akan memilih sel D2 yang berisi angka 2000 (pendapatan toko A pada bulan Januari) dan sel E2 yang berisi angka 1500 (pendapatan toko B pada bulan Januari), seperti pada gambar 2 di atas.

Setelah saya memilih sel-sel tersebut, saya akan mengetikkan rumus =SELISIH(E2,D2) pada sel F2. Rumus ini akan menghitung selisih antara angka yang ada pada sel E2 dan sel D2.

Gambar 3
Gambar 3

Setelah mengetikkan rumus tersebut, tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Excel akan menampilkan hasil perhitungan selisih antara angka yang ada pada sel E2 dan sel D2. Dalam contoh ini, selisih antara pendapatan toko A dan B pada bulan Januari adalah 500, seperti pada gambar 3 di atas.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sama untuk mencari selisih pada bulan-bulan lainnya. Cukup mengubah angka pada sel E dan D saja dengan angka yang sesuai dengan bulan yang ingin Anda cari.

Cara Mencari Selisih Antara Dua Set Data di Excel

Selain mencari selisih antara dua angka, Excel juga bisa digunakan untuk mencari selisih antara dua set data. Misalnya, jika Anda memiliki dua set data yang berbeda seperti barang keluar dan masuk pada suatu stok, cara-cara berikut bisa membantu Anda untuk mengetahui selisih antara kedua set data tersebut.

Untuk mencari selisih antara dua set data, Anda bisa menggunakan fitur VLOOKUP dan IF pada Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan data yang ingin Anda cari selisihnya. Sebagai contoh, saya memiliki dua set data seperti pada gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4
Gambar 4

Dalam contoh ini, saya ingin mencari selisih atau perbedaan antara harga barang di lokasi A dan lokasi B. Oleh karena itu, saya akan menggunakan fitur VLOOKUP dan IF untuk mencari data yang sama dan menghitung selisihnya.

2. Buat tabel baru yang akan menampilkan selisih antara kedua set data tersebut. Misalnya, saya akan membuat tabel baru seperti pada gambar 5 di bawah ini.

Gambar 5
Gambar 5

Kolom A dan B berisi daftar harga barang di lokasi A dan B, sedangkan kolom C akan menampilkan selisih atau perbedaan antara harga barang di kedua lokasi tersebut.

3. Gunakan rumus VLOOKUP untuk mencari data pada kolom A di tabel A-B yang sama dengan data pada kolom A di tabel B-A. Adapun rumus VLOOKUP yang harus Anda ketikkan pada sel C2 adalah sebagai berikut: =IF(ISERROR(VLOOKUP(A2,$D$2:$E$5,2,FALSE)),0,A2-VLOOKUP(A2,$D$2:$E$5,2,FALSE))

Baca Juga :  Cara Membuat Data Diskriminan Di Excel

Penjelasan tentang komponen-komponen dari rumus ini:

  • ISERROR(VLOOKUP(A2,$D$2:$E$5,2,FALSE)): untuk memeriksa apakah data pada kolom A di tabel A-B sama dengan data pada kolom A di tabel B-A
  • 0: nilai yang akan ditampilkan pada kolom C jika data pada kolom A di tabel A-B tidak sama dengan data pada kolom A di tabel B-A
  • A2-VLOOKUP(A2,$D$2:$E$5,2,FALSE): rumus yang akan menghitung selisih antara harga barang di lokasi A dan B. Jika data pada kolom A di tabel A-B sama dengan data pada kolom A di tabel B-A, Excel akan menampilkan selisih antara harga barang di lokasi A dan B pada kolom C.

Setelah Anda mengetikkan rumus tersebut pada sel C2, tekan tombol Enter pada keyboard. Excel akan menampilkan hasil perhitungan selisih antara harga barang di lokasi A dan B.

4. Seret rumus tersebut ke bawah seluruh kolom C (sampai dengan baris ke-5). Sebagai hasilnya, Excel akan menampilkan tabel seperti pada gambar 6 di bawah ini.

Gambar 6
Gambar 6

Dalam contoh ini, Excel berhasil mencari selisih antara set data harga barang di lokasi A dan B.

FAQ

Berikut adalah dua pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai pencarian selisih di Excel.

1. Apa yang dimaksud dengan selisih di Excel?

Selisih di Excel adalah perbedaan atau hasil pengurangan antara dua nilai atau data. Misalnya, selisih antara pendapatan toko A dan B pada bulan Januari adalah 500.

2. Apakah selisih di Excel selalu dihitung dengan rumus pengurangan?

Tidak selalu. Selisih di Excel bisa dihitung dengan menggunakan berbagai rumus yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk mencari selisih antara dua set data, Anda bisa menggunakan fitur VLOOKUP dan IF pada Excel.

Video:
Untuk lebih memahami cara mencari selisih di Excel, berikut adalah video tutorial yang bisa Anda ikuti:

[Video tutorial mencari selisih di Excel](https://www.youtube.com/watch?v=7SjYGjQim3A)