CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG TIDAK DI SAVE

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer di dunia. Digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, mahasiswa, dan individu-individu untuk mengorganisir, menganalisis, dan memvisualisasikan data dalam berbagai cara. Namun, ada banyak orang yang mengalami kesulitan saat mencoba membuka dan memanipulasi file Excel. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara membuka dan memanipulasi file Excel dan CSV, serta mengatasi masalah yang mungkin Anda hadapi saat menggunakan program ini.

Cara Membuka File Excel

Ada beberapa cara untuk membuka file Excel, tergantung pada versi Excel yang Anda gunakan dan berkas Excel yang ingin Anda buka.

Membuka File Excel dengan Menu Open

Cara paling sederhana dan umum untuk membuka file Excel adalah dengan menggunakan menu “Open”. Begini caranya:

  1. Launch Microsoft Excel dan klik tombol “File” di sudut kiri atas layar.
  2. Pilih “Open” di menu kiri.
  3. Akan muncul jendela “Open”. Cari file Excel yang ingin Anda buka dan centang kotak di sebelahnya.
  4. Klik tombol “Open” di sudut kanan bawah.

File Excel Anda sekarang terbuka dan dapat diedit di Microsoft Excel.

Membuka File Excel dengan Double Klik

Anda juga dapat membuka file Excel dengan double klik pada berkas tersebut di folder atau desktop Anda. Klik dua kali pada file Excel dan secara otomatis akan membuka di Microsoft Excel. Namun, cara ini tidak selalu berhasil dan sering muncul pesan “File is Corrupted” jika file Excel Anda rusak atau terinfeksi virus.

Membuka File Excel dengan Klik Kanan

Cara terakhir untuk membuka file Excel adalah dengan menggunakan klik kanan pada berkas tersebut di folder atau desktop Anda. Begini caranya:

  1. Temukan file Excel yang ingin Anda buka di folder atau desktop Anda.
  2. Klik kanan pada file yang ingin Anda buka.
  3. Pilih “Open with” dari menu drop-down.
  4. Pilih “Microsoft Excel” dari list program yang muncul. Jika Microsoft Excel tidak muncul, klik “Choose another app” dan ketik “Microsoft Excel” dalam kotak pencarian.

Berkas Excel Anda kini terbuka di Microsoft Excel dan siap untuk diedit.

Cara Membuka File Excel yang Terkunci

Apakah Anda pernah mendapatkan file Excel yang terkunci dan Anda tidak memiliki password untuk membukanya? Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk membuka file Excel yang terkunci, tergantung pada versi program yang Anda gunakan.

Membuka File Excel yang Terkunci di Excel 2007-2019

Jika file Excel Anda terkunci dan Anda menggunakan versi Excel 2007 hingga 2019, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membukanya:

  1. Buka Excel dan klik tombol “File” di sudut kanan atas layar.
  2. Pilih “Info” di menu kiri.
  3. Klik tombol “Protect Workbook.”
  4. Pilih “encrypt with password”.
  5. Hapus semua karakter yang ada dalam kotak password dan klik OK.

Berkas Excel Anda sekarang terbuka dan dapat diedit.

Membuka File Excel yang Terkunci di Excel 2003 dan Sebelumnya

Jika Anda menggunakan Excel versi 2003 atau sebelumnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuka file Excel yang terkunci:

  1. Buka Excel dan klik tombol “Tools” di bagian atas jendela.
  2. Pilih “Options” di menu yang muncul.
  3. Klik tombol “Security” di tab atas.
  4. Klik tombol “Password to Open” dan masukkan kata sandi Anda.
  5. Klik “OK”.

Berkas Excel Anda sekarang terbuka dan dapat diedit.

Cara Membuka File CSV

File CSV (Comma Separated Values) adalah format file yang menyimpan data dalam bentuk tabel, di mana setiap nilai di dalam tabel dipisahkan dengan tanda koma. Karena format ini sangat umum digunakan dan mudah dibaca oleh banyak program spreadsheet, termasuk Microsoft Excel, penting untuk mengetahui bagaimana membuka file CSV agar tidak terjadi kerusakan dan data tidak berantakan.

Cara Membuka File CSV di Microsoft Excel

Untuk membuka file CSV di Excel, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Launch Microsoft Excel dan klik tombol “File” di sudut kiri atas layar.
  2. Pilih “Open” di menu kiri.
  3. Akan muncul jendela “Open”. Cari file CSV yang ingin Anda buka dan klik pada berkas tersebut.
  4. Pilih “Open”.
  5. Anda akan melihat jendela pemilihan teks. Gunakan pilihan default “Delimited” dan klik “Next”.
  6. Pilih tanda pemisah kolom CSV yang Anda gunakan. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah koma, tetapi bisa jadi titik koma, tab, atau spasi. Periksa kotak tepat di bawah pilihan tanda separator untuk melihat pratinjau bagaimana data Anda akan terlihat. Setelah memilih opsi yang benar, klik “Next”.
  7. Pilih jenis data untuk setiap kolom yang diimpor. Excel otomatis memilih tipe data berdasarkan format data, tetapi Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan Anda. Setelah semua tipe data dan tanda separator kolom telah dipilih dengan benar, klik tombol “Finish”.
Baca Juga :  Membuat Judul Excel Tidak Bergerak

File CSV Anda kini terbuka di Excel dan siap untuk diedit.

Cara Membuka File CSV Supaya Tidak Berantakan

Saat membuka file CSV di Excel, sering kali ditemukan masalah dengan cara Excel menginterpretasikan data. Celah, kosong, dan karakter lain di antara data Anda dapat membuat data menjadi berantakan dan sulit dibaca. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk memastikan file CSV Anda tidak berantakan:

  1. Buka file CSV dalam Microsoft Excel.
  2. Pilih kolom data Anda.
  3. Klik “Data” di menu atas. Ini akan memunculkan opsi “Text to Columns”.
  4. Pilih “Text to Columns”. Ini akan membuka wizard berikutnya.
  5. Pada halaman pertama dari wizard, pilih “Delimited” dan klik “Next”.
  6. Pada halaman kedua, pilih karakter “Comma” dalam daftar terpisah dan klik “Next”.
  7. Pada halaman terakhir dari wizard, klik tombol “Finish”.

Data Anda sekarang lebih mudah dibaca dan terorganisir.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit di Excel karena Protected View Excel

Terkadang, ketika Anda membuka file Excel, muncul pesan “Protected View Excel” yang mencegah Anda mengedit file. Hal ini bisa terjadi jika Excel menganggap file tersebut berasal dari sumber yang tidak terpercaya atau jika file tersebut rusak. Berikut adalah cara untuk mengatasi pesan “Protected View Excel”:

Pilihan 1: Aktifkan Edit Mode pada file Excel

Jika Excel menampilkan pesan “Protected View Excel” dan tidak akan membiarkan Anda mengedit file, Anda dapat menonaktifkan Protected View untuk mengedit file:

  1. Klik “File” di sudut kiri atas layar
  2. Pilih “Options” di menu kiri
  3. Pada panel kiri, pilih “Trust Center” dan klik tombol “Trust Center Settings”.
  4. Pilih “Protected View”.
  5. Berikan centang pada opsi “Disable protected view for files originating from the Internet” dan “Disable protected view for files located in potentially unsafe locations.”
  6. Klik “OK”.

Berkas Excel Anda sekarang dapat diedit dan disimpan.

Pilihan 2: Buka file Excel pada mode “Safe Mode”

Jika tidak mungkin untuk menonaktifkan Protected View karena Anda mencurigai file Excel tersebut tidak aman, Anda dapat membuka Excel pada mode “Safe Mode” untuk mengedit file:

  1. Tahan tombol “Ctrl” ketika mengklik ikon Excel untuk membuka program.
  2. Biarkan program membuka, tetapi jangan buka file Excel apa pun.
  3. Jalankan “File” dan pilih “Options”.
  4. Pada panel kiri, pilih “Trust Center” dan klik tombol “Trust Center Settings”.
  5. Pilih “Protected View”.
  6. Berikan centang pada opsi “Disable protected view for files originating from the Internet” dan “Disable protected view for files located in potentially unsafe locations.”
  7. Klik “OK”.

Berikut adalah video tutorial untuk membantu Anda mengatasi pesan “Protected View Excel”:

FAQ

1. Apa itu file CSV?

File CSV (Comma Separated Values) adalah format file yang menyimpan data dalam bentuk tabel, di mana setiap nilai di dalam tabel dipisahkan dengan tanda koma. Format ini sangat umum digunakan dan mudah dibaca oleh banyak program spreadsheet, termasuk Microsoft Excel.

2. Bagaimana cara membuka file Excel yang terkunci?

Untuk membuka file Excel yang terkunci, tergantung pada versi Excel yang Anda gunakan dan jenis proteksi yang digunakan pada file Excel tersebut. Jika file Excel Anda terkunci dan Anda menggunakan versi Excel 2007 hingga 2019, Anda dapat membukanya dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut: Buka Excel dan klik tombol “File” di sudut kanan atas layar. Pilih “Info” di menu kiri. Klik tombol “Protect Workbook” dan pilih “Encrypt with Password”. Hapus semua karakter yang ada dalam kotak password dan klik OK. Jika Anda menggunakan Excel versi 2003 atau sebelumnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuka file Excel yang terkunci: Buka Excel dan klik tombol “Tools” di bagian atas jendela. Pilih “Options” di menu yang muncul. Klik tombol “Security” di tab atas dan pilih “Password to Open”. Masukkan sandi Anda dan klik “OK”.

Kesimpulan

Menggunakan Microsoft Excel bisa menjadi sangat bermanfaat, terutama karena program ini bisa membantu Anda mengatur, menganalisis, dan memvisualisasikan data dengan lebih mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kita telah mempelajari cara membuka dan memanipulasi file Excel dan CSV, serta mengatasi pesan “Protected View Excel” yang muncul saat kita membuka file Excel di Excel. Selain itu, kita juga telah memberikan jawaban atas dua pertanyaan yang sering diajukan tentang file CSV dan bagaimana membuka file Excel yang terkunci. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda dalam menggunakan Microsoft Excel secara lebih efektif.