CARA MEMBUAT TOTAL HARGA DI EXCEL

Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling populer di dunia. Dengan Excel, Anda bisa menganalisis data, membuat laporan, membuat budget, dan masih banyak lagi. Ada banyak fitur yang bisa digunakan dalam Excel, salah satunya adalah membuat tabel. Dalam tutorial ini, kita akan belajar cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis dengan mudah.

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Excel dan membuat lembar kerja baru. Pada lembar kerja baru tersebut, Anda bisa memulai untuk membuat tabel. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada cell di pojok kiri atas tempat Anda ingin memulai tabel. Misalnya, cell A1.
  2. Pilih tab “Insert” pada menu bar di atas.
  3. Klik pada tombol “Table”.
  4. Pilih range data pada lembar kerja Excel untuk membentuk tabel. Pastikan opsi “My Table Has Headers” telah dicentang agar nama kolom dikenali.
  5. Klik pada tombol “OK”.

Dalam beberapa detik, tabel berwarna otomatis akan muncul di lembar kerja Excel Anda. Jangan khawatir, Anda dapat mengubah warna latar belakang dan warna sisipan kapan saja sesuai keinginan Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih tab “Design” pada menu bar di atas.
  2. Pilih salah satu dari pilihan gaya tabel yang disediakan atau gunakan opsi lain seperti “Banded Rows” atau “Banded Columns” untuk mengimplementasikan warna-warna berbeda pada baris atau kolom di dalam tabel.
  3. Klik pada tombol “Table Styles Options” untuk menetapkan warna latar belakang untuk tabel dan sisipan antar sel.
  4. Klik pada tombol “OK”.

Selamat! Sekarang Anda telah berhasil membuat tabel di Excel berwarna otomatis dan mengubah opsi warna apa pun sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Menghitung Persen di Excel

Menghitung persentase adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan dalam pengolahan data di Excel. Ada berbagai cara untuk melakukan perhitungan persentase di Excel. Berikut ini adalah dua alternatif yang bisa Anda pilih.

Cara Pertama: Rumus Persentase Excel

Salah satu cara paling mudah untuk menghitung persentase di Excel adalah melalui penggunaan rumus persentase Excel. Rumus ini cukup sederhana, dan Anda dapat menggunakannya untuk menghitung persentase apa saja dengan cerdas dan efisien. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka lembar kerja Excel dan masukkan angka yang ingin Anda hitung persentasenya.
  2. Klik pada cell di mana hasil persentase akan muncul.
  3. Anda bisa menggunakan rumus seperti “=A1/B1*100” (asumsikan nilai A1 adalah angka yang ingin dihitung persentase dan nilai B1 adalah angka dasar) untuk menghitung persentase. Kemudian tekan tombol enter.
  4. Sekarang Hasil persentase akan muncul di cell yang telah Anda pilih.

Cara Kedua: Fungsi Persentase Excel

Selain melalui penggunaan rumus persentase Excel, Anda juga bisa menghitung persentase di Excel dengan menggunakan fungsi persentase Excel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka lembar kerja Excel dan masukkan angka yang ingin Anda hitung persentasenya.
  2. Klik pada cell di mana hasil persentase akan muncul.
  3. Masukkan fungsi “=persen(A1/B1)” di dalam formula bar. (asumsikan nilai A1 adalah angka yang ingin dihitung persentase dan nilai B1 adalah angka dasar)
  4. Anda bisa menekan enter setelah selesai mengetikkan formula.
  5. Anda telah berhasil menghitung persentase di Excel dengan menggunakan fungsi persentase Excel.

Cara Menghitung Total Harga di Excel

Di Excel, ada banyak cara untuk menghitung total harga. Namun, beberapa cara lebih efektif daripada yang lain, tergantung pada jenis data yang Anda gunakan dan jenis grafik atau grafik yang ingin Anda buat. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menghitung total harga dengan mudah menggunakan Excel.

Baca Juga :  CARA FILTER DATA PADA EXCEL

Cara Pertama: Menghitung dengan Rumus Excel

Rumus Excel sangat berguna untuk menghitung total harga. Misalnya, jika Anda memiliki daftar produk dengan harga masing-masing alatnya, Anda bisa menggunakan rumus Excel untuk menghitung total harga dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka lembar kerja Excel dan masukkan daftar harga produk yang ingin Anda hitung total harganya.
  2. Buat kolom baru di sebelah kolom Harga dan beri judul “Total”.
  3. Di cell pertama pada kolom Total (misalnya, cell C2), masukkan rumus berikut: = A2 * B2.
  4. Salin rumus ke seluruh sel pada kolom Total dengan mengklik pada cell C2, menariknya ke seluruh sel di kolom Total dan kemudian melepaskan klik.
  5. Total harga akan muncul di bawah daftar harga produk yang telah Anda masukkan, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat berapa total harga yang harus dibayar.

Cara Kedua: Menghitung dengan Fungsi SUM

Fungsi SUM adalah fungsi pembuatan Excel yang memungkinkan Anda untuk menambahkan nilai-nilai yang telah Anda masukkan ke dalam lembar kerja. Anda dapat memanfaatkannya untuk menghitung total harga barang atau layanan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Buka lembar kerja Excel dan masukkan daftar harga produk yang ingin Anda hitung total harganya.
  2. Di sel di bawah daftar harga produk, ketikkan fungsi SUM diikuti dengan range sel yang ingin Anda jumlahkan. Misalnya, jika range sel harga adalah dari A2 sampai A10, tuliskan =SUM(A2:A10).
  3. Tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Total harga produk akan muncul di sel yang Anda telah pilih.

FAQ

1. Apa manfaat membuat tabel di Excel?

Membuat tabel di Excel akan membantu Anda dalam mengorganisasikan data dengan lebih efektif. Anda dapat menyaring, mengurutkan, dan menganalisis data dengan lebih mudah dan cepat, serta membuat laporan yang lebih rapi dan profesional.

2. Bagaimana cara membuat grafik di Excel?

Cara membuat grafik di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Pilih data yang ingin Anda masukkan ke dalam grafik.
  2. Pada menu Insert, klik pada “Chart”.
  3. Pilih jenis grafik yang ingin Anda buat.
  4. Kustomisasi grafik sesuai keinginan Anda, seperti menambahkan judul, label, atau warna.
  5. Tekan tombol “OK” untuk menyelesaikan.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara membuat tabel di Excel: