cara membuat list sheet di excel Cara membuat dropdown list di excel

Excel menjadi salah satu program komputer yang sangat penting dalam keseharian kita saat ini. Dalam pengolahan data atau pekerjaan-pekerjaan kantor, Excel selalu menjadi software yang wajib digunakan. Namun, tidak hanya digunakan di kantor, Excel juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam membuat to-do list, tabel berwarna, dan juga daftar pilihan atau dropdown list.

Cara Membuat ToDo List di Excel + Progress Bar

cara membuat list sheet di excel Cara membuat dropdown list di excel

ToDo List menjadi salah satu hal yang sangat membantu dalam mengatur dan memanajemen waktu. Dalam kegiatan sehari-hari, seringkali kita merasa kebingungan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang harus dilakukan, dan akhirnya mengakibatkan waktu yang tidak efektif. Dalam Excel, kita dapat membuat ToDo List dengan tambahan progress bar yang akan menunjukkan seberapa jauh tugas tersebut sudah dikerjakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ToDo List di Excel:

  1. Buka Excel, dan buatlah tiga kolom. Kolom pertama untuk No, kolom kedua untuk tugas yang harus dikerjakan, dan kolom ketiga untuk progress bar.
  2. Pada kolom No, masukkan nomor sesuai dengan urutan tugas yang harus dikerjakan.
  3. Pada kolom tugas, masukkan judul tugas.
  4. Untuk progress bar, kita dapat menggunakan fitur Conditional Formatting. Kita dapat membuat pilihan warna untuk menunjukkan seberapa jauh tugas tersebut sudah dikerjakan, misalnya merah untuk yang belum dikerjakan, kuning untuk yang sedang dikerjakan, dan hijau untuk yang sudah selesai.
  5. Pilih kolom progress bar, lalu klik kanan dan pilih Conditional Formatting. Kemudian pilih New Rule.
  6. Pada pilihan New Formatting Rule, pilih Use a formula to determine which cells to format. Inputkan formula berikut: =COUNTIF($C1,"Y")/COUNTA($C1). Formula ini akan menunjukkan persentase seberapa banyak jumlah tugas yang sudah dikerjakan.
  7. Setelah itu, pilih Format, dan pilih warna yang diinginkan untuk menunjukkan progress dari tugas.
  8. Klik OK dan Anda berhasil membuat ToDo List dengan progress bar di Excel.
Baca Juga :  Cara Membuat Gambar Di Excel Di Google Drive Transparan

Dengan adanya ToDo List dengan progress bar di Excel, pengaturan waktu menjadi lebih mudah. Kita dapat dengan mudah menyelesaikan tugas yang harus dilakukan tanpa harus khawatir waktu yang tidak efektif. Selain itu, kita juga dapat menambahkan fitur tambahan seperti deadline dari setiap tugas, dan Excel akan memberikan notifikasi jika deadline sudah mendekat.

Cara Membuat Dropdown List di Excel

Membuat Dropdown List di Excel

Dropdown List menjadi salah satu fitur penting dalam Excel. Dalam membuat tabel atau data-entry, kita seringkali harus memilih salah satu data dari list yang sudah disediakan. Dengan adanya Dropdown List, kita tidak perlu memasukkan data manual, melainkan cukup dengan memilih salah satu data dari list. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Dropdown List di Excel:

  1. Buka Excel dan buatlah kolom untuk Dropdown List.
  2. Isi kolom tersebut dengan data yang akan dipilih. Pastikan data tersebut sudah terurut secara alfabetis atau numerik.
  3. Setelah itu, pilih cell yang ingin kita jadikan Dropdown List.
  4. Klik Data pada menu bar, dan pilih Data Validation.
  5. Pilih pilihan List pada Allow dan masukkan formula berikut pada Source: =namakolom!$rentang. Namakolom adalah nama kolom yang kita pilih sebelumnya, dan rentang adalah range dari data yang sudah diisi, misal A2:A10.
  6. Klik OK dan kita berhasil membuat Dropdown List di Excel.

Dengan adanya Dropdown List di Excel, proses entry-data menjadi lebih efisien dan dapat menghindari kesalahan-kesalahan dalam memasukkan data. Selain itu, kita juga dapat menambahkan validasi lain misalnya hanya boleh memasukkan data yang sudah ada pada Dropdown List tersebut.

FAQ

1. Apa kegunaan dari ToDo List dengan progress bar di Excel?

ToDo List dengan progress bar di Excel sangat membantu dalam mengatur dan memanajemen waktu. Dalam kegiatan sehari-hari, seringkali kita merasa kebingungan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang harus dilakukan, dan akhirnya mengakibatkan waktu yang tidak efektif. Dalam Excel, kita dapat membuat ToDo List dengan tambahan progress bar yang akan menunjukkan seberapa jauh tugas tersebut sudah dikerjakan. Dengan adanya ToDo List dengan progress bar di Excel, pengaturan waktu menjadi lebih mudah. Kita dapat dengan mudah menyelesaikan tugas yang harus dilakukan tanpa harus khawatir waktu yang tidak efektif. Selain itu, kita juga dapat menambahkan fitur tambahan seperti deadline dari setiap tugas, dan Excel akan memberikan notifikasi jika deadline sudah mendekat.

Baca Juga :  cara membuat mail merge 2007 koneksi dengan excel Cara membuat mail merge di ms.word dengan data di ms.excel mudah

2. Apa keuntungan menggunakan Dropdown List di Excel?

Dropdown List menjadi salah satu fitur penting dalam Excel. Dalam membuat tabel atau data-entry, kita seringkali harus memilih salah satu data dari list yang sudah disediakan. Dengan adanya Dropdown List, kita tidak perlu memasukkan data manual, melainkan cukup dengan memilih salah satu data dari list. Dengan menggunakan Dropdown List di Excel, proses entry-data menjadi lebih efisien dan dapat menghindari kesalahan-kesalahan dalam memasukkan data. Selain itu, kita juga dapat menambahkan validasi lain misalnya hanya boleh memasukkan data yang sudah ada pada Dropdown List tersebut.

If you are searching about Cara Membuat Daftar Pilihan di Excel – YouTube you’ve came to the right place. We have 5 Pictures about Cara Membuat Daftar Pilihan di Excel – YouTube like Cara Membuat ToDo List di Excel + Progress Bar – KiatExcel.com, Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis (Mudah) – SemutImut and also Cara Membuat ToDo List di Excel + Progress Bar – KiatExcel.com. Read more:

Cara Membuat Daftar Pilihan Di Excel – YouTube

Cara Membuat Daftar Pilihan di Excel - YouTube

www.youtube.com

daftar

Cara Membuat ToDo List Di Excel + Progress Bar – KiatExcel.com

Cara Membuat ToDo List di Excel + Progress Bar - KiatExcel.com

kiatexcel.com

checkbox langkah berikut

Cara Membuat Dropdown List Di Excel – HIZTO

Cara Membuat Dropdown List di Excel - HIZTO

hizto76.blogspot.com

dropdown setelah berada tombol grup validation itu

Cara Membuat Tabel Di Excel Berwarna Otomatis (Mudah) – SemutImut

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis (Mudah) - SemutImut

www.semutimut.com

tabel excel berwarna otomatis kamu freeze atur seperti nah tampilan mempercantik komputer

Cara Membuat ToDo List Di Excel + Progress Bar – KiatExcel.com

cara membuat list sheet di excel Cara membuat dropdown list di excel

kiatexcel.com

memanfaatkan dropdown menambahkan checkbox cukup fungsi dapat kita

Cara membuat daftar pilihan di excel. Tabel excel berwarna otomatis kamu freeze atur seperti nah tampilan mempercantik komputer. Cara membuat tabel di excel berwarna otomatis (mudah)

Baca Juga :  Cara Membuat Diagram Lingkaran Dalam Derajat Di Excel