CARA MEMBUAT KRS DENGAN EXCEL

Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat halaman web sederhana dengan menggunakan HTML dan CSS. Cara ini sangat berguna bagi mereka yang baru mengenal dunia pemrograman atau bagi mereka yang ingin mempelajari dasar-dasar pembuatan web.

Pertama-tama, Anda perlu memahami apa itu HTML dan CSS. HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat struktur dasar sebuah halaman web. CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur tampilan dari halaman web.

Dalam membuat halaman web sederhana, Anda perlu memiliki ide tentang apa yang ingin dijadikan sebagai konten pada halaman Anda. Kemudian, Anda perlu membuat struktur dari halaman web tersebut.

Struktur HTML Dasar
——————–
Pertama-tama, pada dokumen HTML, Anda perlu membuat struktur dasarnya dengan menambahkan elemen ekuivalen dari dokument HTML seperti berikut:
“`html




Halaman Web Sederhana





“`
Elemen “`“` adalah tag yang digunakan untuk menandakan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Elemen HTML lainnya terdapat diantara tag “`“`, “`“`, dan “`“`, menjadi seperti berikut:
– “`“` : memuat semua informasi tentang dokumen tersebut, seperti judul dokumen, skrip, link file eksternal, dan lain sebagainya. Elemen “`“` digunakan untuk menampilkan judul dokumen pada browser.<br> – “`“` : memuat semua tampilan konten pada halaman web Anda. Mulai dari teks hingga gambar bisa diletakkan di sini.
– “`“` : elemen ini berisi semua elemen HTML pada dokumen tersebut, ini diawali dengan tag “`“` pada permulaan dokumen.

Setelah menentukan struktur dasar, kita bisa mulai membuat konten pada halaman web Anda.

Contoh Membuat Gambar dengan Tags HTML
————————————–
Agar halaman web kita menjadi lebih menarik, kita bisa menambahkan gambar pada halaman web tersebut.

“`html



Gambar HTML


Ini adalah gambar keindahan bunga

CARA MEMBUAT KRS DENGAN EXCEL

Gambar diatas menunjukkan bunga-bunga yang cantik di taman saya. Tamaan ini sangat indah, tanganku gatal untuk berkebun lagi.



“`

Dalam contoh ini, kita menggunakan elemen “`“` untuk memasukkan gambar pada halaman web kita. Elemen ini memiliki atribut “`src“` untuk menentukan alamat URL gambar yang akan ditampilkan, dan “`alt“` untuk memberikan deskripsi pada gambar (membantu pencarian gambar pada mesin pencari).

Selain itu, kita juga bisa menentukan lebar dan tinggi gambar (dalam piksel) menggunakan atribut “`width“` dan “`height“`. Dalam tempat kosong ini kita bisa memberikan deskripsi dari gambar yang akan ditampilkan.

Pada contoh ini pula, kita membuat judul dengan tag “`

“` dengan warna hijau dan posisi tengah (text-align). Kita juga menggunakan CSS untuk mengatur tampilan halaman web kita menjadi lebih menarik.

Cara Membuat Tampilan Grid Dengan CSS
————————————–
Selain menggunakan tampilan linier, kita juga bisa menampilkan tampilan dengan menggunakan Grid CSS. GRID adalah bagian dari CSS yang memungkinkan developer untuk mengelompokkan elemen HTML ke dalam bentuk grid dengan berbagai ukuran kotak.

“`html



Layout Grid


1
2
3
4
5
6



“`

Dalam contoh ini, kita menggunakan elemen “`

“` sebagai kontainer grid. Kita juga menggunakan CSS untuk mengatur tampilan halaman web kita menjadi lebih menarik, termasuk membuat style class dengan nama “`.grid-wrapper“` dan “`.grid-item“`.

Pada style sheet “`.grid-wrapper“`, kita menggunakan properti “`grid-template-columns“` untuk membuat tiga kolom dengan lebar yang sama. Properti ini membuat tiga kolom dengan lebar yang sama menggunakan fungsi “`repeat()“`. Kita juga menggunakan properti “`grid-gap“` untuk memberikan jarak antara kotak dan “`padding“` untuk memperluas area kontainer grid pada setiap sisi.

Baca Juga :  Cara Membuat Rp Dalam Excel

Pada style sheet “`.grid-item“`, kita menggunakan background warning dengan warna biru tua (03a9f4), ditambah dengan padding, ukuran huruf, dan warna tulisan. Setelah itu, kita menggunakan “`class=”grid-item”“` untuk menambahkan setiap kotak ke dalam grid.

Cara Memasukkan Video YouTube pada Halaman Web
———————————————–
Video YouTube bisa menjadi konten yang menarik untuk ditambahkan pada halaman web kita. Berikut ini adalah cara untuk memasukkan video YouTube pada halaman web kita menggunakan tag “`

“`html



Video HTML





“`

Dalam contoh ini, kita menggunakan atribut “`width“` dan “`height“` untuk menentukan lebar dan tinggi dari video YouTube yang ditampilkan. We bisa menemukan video ID di URL video dan memasukkannya di bagian “`src“` tag “`

FAQ

1. Apa perbedaan antara HTML dan CSS?
A: HTML digunakan untuk membuat struktur dasar dari halaman web, sedangkan CSS digunakan untuk mengatur tampilan dari halaman web.

2. Bisakah saya membuat halaman web tanpa menggunakan HTML dan CSS?
A: Tidak, karena HTML dan CSS adalah dasar dari pembuatan halaman web. Namun, Anda dapat menggunakan platform seperti Wix, Weebly, atau WordPress yang menyediakan sistem pembuatan halaman web drag-and-drop tanpa harus mengetahui HTML dan CSS.

Video Tutorial Cara Membuat Halaman Web Sederhana
————————————————-
Berikut adalah video tutorial Cara Membuat Halaman Web Sederhana dengan HTML dan CSS:
https://www.youtube.com/watch?v=OzXv3kVnO-0

Kesimpulan
———-
Dalam artikel ini, kita membahas dasar-dasar pembuatan halaman web sederhana dengan menggunakan HTML dan CSS. HTML digunakan untuk membuat struktur dasar dari halaman web, sedangkan CSS digunakan untuk mengatur tampilan dari halaman web. Kita juga membahas cara memasukkan gambar dan video pada halaman web, serta membuat tampilan grid menggunakan CSS.

Dengan pengetahuan dasar ini, Anda dapat membuat halaman web sederhana dan menambahkan konten yang menarik pada halaman web Anda. Jangan lupa untuk terus berlatih dan eksperimen dengan HTML dan CSS untuk mengembangkan keterampilan Anda dalam pembuatan halaman web.