Cara Membuat Grafik Pie Di Excel 2013

Ada banyak cara untuk mempresentasikan data dalam format yang mudah dipahami dan menarik. Salah satu cara yang populer digunakan adalah dengan membuat grafik. Grafik memiliki berbagai bentuk, salah satunya adalah grafik pie. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat grafik pie dengan menggunakan Microsoft Excel dan bagaimana cara membuat grafik pie yang menarik pada Microsoft Word.

Cara Membuat Grafik Pie di Microsoft Excel

  1. Buka program Microsoft Excel dan buat tabel yang akan digunakan untuk membuat grafik pie.
  2. Cara Membuat Grafik Pie Di Excel 2013

  3. Pilih data yang akan digunakan untuk membuat grafik pie, termasuk judul atau kategori.
  4. Data pada Excel

  5. Pilih tab “Insert” dan pilih “Pie” pada pilihan grafik yang tersedia.
  6. Grafik Pie pada Excel

  7. Excel akan menampilkan beberapa opsi grafik pie yang dapat dipilih. Pilih opsi sesuai dengan kebutuhan, seperti “Pie 2-D” atau “Pie with 3-D Effect”.
  8. Opsi Grafik Pie

  9. Grafik pie akan muncul pada lembar kerja Excel. Lakukan perubahan atau penyesuaian yang diinginkan dengan cara mengedit grafik atau dengan menggunakan opsi pengaturan grafik pada tab “Chart Tools”.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat grafik pie secara mudah dan cepat menggunakan Microsoft Excel. Namun, untuk membuat grafik pie yang menarik dan dapat mempermudah pemahaman terhadap data yang disajikan, ada beberapa tips yang dapat diikuti, seperti:

  1. Pilih warna yang dapat mempermudah pemahaman terhadap data yang disajikan. Jangan gunakan terlalu banyak warna dan pastikan warna yang digunakan dapat membedakan antara satu data dengan data yang lain.
  2. Grafik Pie dengan Warna yang Cocok

  3. Jangan gunakan label yang terlalu panjang pada tiap bagian dari grafik pie. Gunakan label yang singkat dan jelas agar lebih mudah dipahami.
  4. Label Grafik Pie yang Jelas

  5. Jangan gunakan terlalu banyak bagian pada grafik pie karena dapat membuat grafik terlihat penuh dan sulit dipahami. Sebaiknya gunakan 5 sampai 7 bagian pada grafik pie.
  6. Grafik Pie dengan Bagian yang Tepat

Cara Membuat Grafik Pie yang Menarik pada Microsoft Word

Membuat grafik pie pada Microsoft Word juga sangat mudah dan dapat membantu mempresentasikan data dengan lebih menarik. Berikut adalah cara membuat grafik pie yang menarik pada Microsoft Word:

  1. Buka dokumen Microsoft Word dan pilih tempat pada dokumen yang akan digunakan untuk memasukkan grafik pie.
  2. Pilih tab “Insert” dan pilih “Chart”.
  3. Pilihan Grafik pada Microsoft Word

  4. Pilih opsi “Pie” pada pilihan grafik yang tersedia.
  5. Pilihan Grafik Pie pada Microsoft Word

  6. Microsoft Word akan menampilkan tempat untuk memasukkan data yang akan digunakan untuk membuat grafik. Masukkan data pada kolom yang tersedia dan jangan lupa untuk memberikan judul atau kategori pada grafik.
  7. Data pada Microsoft Word

  8. Setelah data dimasukkan, Microsoft Word secara otomatis akan membuat grafik pie yang dapat disesuaikan dengan opsi pengaturan yang tersedia.
  9. Grafik Pie pada Microsoft Word

  10. Lakukan perubahan atau penyesuaian pada grafik pie, seperti mengganti warna atau mengatur tampilan. Opsi pengaturan grafik pie terdapat pada tab “Chart Tools”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat grafik pie yang menarik dan mudah dipahami pada Microsoft Word. Namun, berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat grafik pie yang menarik pada Microsoft Word:

  1. Pilih font yang jelas dan mudah dibaca pada label atau judul grafik.
  2. Ganti warna atau tampilan grafik pie dengan sesuai dengan tema atau tujuan presentasi yang ingin disampaikan.
  3. Jangan gunakan terlalu banyak bagian pada grafik pie untuk mempermudah pemahaman terhadap data yang disajikan.
  4. Jangan lupa untuk memberikan keterangan tambahan atau keterangan sumber data pada grafik pie.
Baca Juga :  CARA IMPORT DATA EXCEL KE ACCESS 2007

FAQ

1. Apakah grafik pie hanya dapat digunakan untuk presentasi bisnis?

Grafik pie dapat digunakan dalam berbagai tujuan presentasi, tidak hanya terbatas pada presentasi bisnis. Grafik pie dapat digunakan dalam presentasi akademik, presentasi penelitian, presentasi produk atau jasa, dan lain sebagainya. Dalam presentasi, grafik pie dapat membantu mempermudah pemahaman terhadap data yang disajikan.

2. Apakah Microsoft Excel dan Microsoft Word merupakan satu paket software?

Ya, Microsoft Excel dan Microsoft Word merupakan dua software yang termasuk dalam paket Microsoft Office. Paket ini juga mencakup software lain seperti Microsoft PowerPoint, Microsoft Access, dan lain-lain.

Video Cara Membuat Grafik Pie pada Microsoft Excel

Berikut ini adalah video tutorial singkat tentang cara membuat grafik pie pada Microsoft Excel:

Video Cara Membuat Grafik Pie pada Microsoft Word

Berikut ini adalah video tutorial singkat tentang cara membuat grafik pie pada Microsoft Word:

Dalam kesimpulannya, membuat grafik pie dapat membantu mempresentasikan data dengan lebih mudah dipahami dan menarik. Ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk membuat grafik pie yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, Microsoft Excel dan Microsoft Word menyediakan opsi dan fitur yang dapat mempermudah membuat grafik pie. Semoga artikel ini bermanfaat!