Cara Membuat Grafik Kombinasi Di Excel 2007

Excel adalah salah satu software office yang populer digunakan oleh pengguna komputer. Salah satu kegunaan Excel yang sering digunakan adalah untuk membuat tabel dan grafik. Membuat tabel dan grafik memudahkan kita untuk memvisualisasikan data secara lebih mudah dan jelas. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memodifikasi tampilan grafik pada Microsoft Excel, cara membuat tabel grafik, cara membuat tabel struktur organisasi, serta cara membuat grafik di Excel dengan mudah.

Grafik pada Microsoft Excel

Memodifikasi tampilan grafik pada Microsoft Excel dapat membuat grafik menjadi lebih menarik dan mudah dibaca. Berikut adalah beberapa cara memodifikasi tampilan grafik pada Microsoft Excel:

Mengubah Jenis Grafik

Jenis grafik yang paling umum adalah grafik garis, grafik batang, dan grafik lingkaran. Namun, Microsoft Excel menawarkan berbagai macam jenis grafik yang bisa digunakan. Untuk mengubah jenis grafik, pertama-tama pilih grafik yang ingin diubah jenisnya. Selanjutnya, pada tab “Design”, pilih “Change Chart Type” dan pilih jenis grafik yang diinginkan.

Cara Membuat Grafik Kombinasi Di Excel 2007

Setelah jenis grafik diubah, kita bisa memodifikasi tampilan grafik dengan berbagai cara, seperti mengubah warna, mengubah ukuran, dan lain-lain.

Menambahkan Label pada Grafik

Menambahkan label pada grafik bisa membuat grafik menjadi lebih mudah dibaca. Untuk menambahkan label pada grafik, klik dua kali pada bagian yang ingin ditambahkan label. Selanjutnya, pada tab “Chart Tools”, pilih “Layout” dan pilih “Chart Title”. Kita bisa mengatur posisi dan format dari label yang ditambahkan.

Menambahkan Data Point Label pada Grafik

Data point label adalah label yang menunjukkan nilai dari setiap data point pada grafik. Menambahkan data point label bisa membuat grafik menjadi lebih jelas dan mudah dibaca. Untuk menambahkan data point label, pilih grafik yang ingin ditambahkan data point label. Selanjutnya, pada tab “Chart Tools”, pilih “Layout” dan pilih “Data Labels”. Kita bisa memilih jenis data point label yang diinginkan.

Tabel Grafik di Excel

Membuat tabel grafik di Excel sangatlah mudah. Kita bisa memilih data yang akan dimasukkan ke dalam tabel grafik, dan membuat tabel grafik dengan beberapa klik saja. Berikut adalah cara membuat tabel grafik di Excel:

Memilih Data

Sebelum membuat tabel grafik, pastikan kita telah memilih data yang akan dimasukkan ke dalam tabel grafik. Untuk memilih data, klik dan drag pada seluruh data yang ingin dimasukkan ke dalam tabel grafik.

Membuat Tabel Grafik

Setelah data dipilih, untuk membuat tabel grafik, pilih “Insert” pada toolbar, lalu pilih “Table”. Excel akan menampilkan tabel grafik yang otomatis dibuat berdasarkan data yang dipilih tadi. Kita bisa memodifikasi tabel grafik dengan berbagai cara, seperti mengubah font, mengubah warna, dan lain-lain.

membuat tabel grafik

Dalam tabel grafik, kita bisa menambahkan formula, mengedit data, dan menyesuaikan tampilan tabel grafik sesuai dengan kebutuhan kita.

Tabel Struktur Organisasi di Excel

Tabel struktur organisasi atau organizational chart adalah tampilan visual dari struktur organisasi suatu perusahaan atau organisasi. Membuat tabel struktur organisasi di Excel sangatlah mudah. Berikut adalah cara membuat tabel struktur organisasi di Excel:

Menyiapkan Data

Sebelum membuat tabel struktur organisasi, pastikan kita telah menyiapkan data yang akan dimasukkan ke dalam tabel struktur organisasi. Data yang dibutuhkan adalah nama, gambar, dan posisi dari masing-masing karyawan atau bagian dalam struktur organisasi.

Membuat Tabel Struktur Organisasi

Untuk membuat tabel struktur organisasi di Excel, pilih “Insert” pada toolbar, lalu pilih “Hierarchy Chart”. Excel akan menampilkan pilihan tampilan dari tabel struktur organisasi. Pilih tampilan yang diinginkan, lalu kita bisa mengedit tampilan tabel struktur organisasi dengan menambahkan gambar, mengubah warna, dan lain-lain.

Baca Juga :  CARA MEMULIHKAN FILE EXCEL YANG SUDAH RUSAK UNREADABLE

membuat tabel struktur organisasi

Membuat tabel struktur organisasi di Excel sangatlah mudah, dan tampilannya bisa kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan kita. Tabel struktur organisasi memudahkan kita untuk melihat bagaimana struktur organisasi suatu perusahaan atau organisasi terbentuk dan siapa yang bertanggung jawab pada setiap bagian.

Grafik di Excel dengan Mudah

Membuat grafik di Excel bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Excel menyediakan berbagai macam grafik yang siap digunakan dengan beberapa klik saja. Berikut adalah cara membuat grafik di Excel dengan mudah:

Memilih Data

Sebelum membuat grafik, pastikan kita telah memilih data yang ingin dimasukkan ke dalam grafik. Klik dan drag pada seluruh data yang ingin dimasukkan ke dalam grafik.

Membuat Grafik

Untuk membuat grafik di Excel, pilih data yang telah dipilih tadi, lalu pilih “Insert” pada toolbar dan pilih jenis grafik yang diinginkan. Excel akan membuat grafik otomatis berdasarkan data yang dipilih. Selanjutnya, kita bisa memodifikasi tampilan grafik dengan berbagai cara, seperti mengubah warna, mengubah jenis grafik, dan lain-lain.

membuat grafik di Excel dengan mudah

FAQ

1. Apa kegunaan grafik pada Excel?

Grafik pada Excel berguna untuk memvisualisasikan data secara lebih mudah dan jelas. Dengan grafik, kita bisa melihat hubungan antara data dengan lebih mudah dan cepat. Grafik juga membantu kita untuk membuat presentasi data yang lebih menarik dan mudah diingat.

2. Apakah saya harus mengetahui rumus pada Excel untuk membuat grafik?

Tidak perlu. Microsoft Excel menyediakan fitur grafik yang bisa digunakan tanpa harus mengetahui rumus pada Excel. Namun, jika kita ingin membuat grafik yang lebih kompleks, kita bisa belajar rumus pada Excel yang berkaitan dengan grafik.

Video Tutorial Membuat Grafik di Excel

Berikut adalah video tutorial membuat grafik di Excel yang bisa membantu kita memahami cara membuat grafik di Excel dengan lebih mudah:

Dalam video tutorial tersebut, kita bisa belajar cara membuat grafik sederhana dan memodifikasinya. Tutorial tersebut cocok untuk pemula yang ingin belajar membuat grafik di Excel.

Kesimpulan

Membuat tabel dan grafik di Excel sangatlah mudah dan praktis. Excel menyediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk membuat tabel dan grafik dengan beberapa klik saja. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara memodifikasi tampilan grafik pada Microsoft Excel, cara membuat tabel grafik, cara membuat tabel struktur organisasi, serta cara membuat grafik di Excel dengan mudah. Selain itu, kita juga telah membahas FAQ mengenai grafik pada Excel. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kita dalam menggunakan Excel untuk membuat tabel dan grafik.