CARA MEMBUAT GOOGLE DOC EXCEL

Microsoft Office adalah salah satu software suite paling populer untuk pekerjaan sehari-hari dan telah menjadi standar untuk mengelola dokumen, spreadsheet, presentasi, dan email. Namun, Google Docs telah menjadi pesaing yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, karena memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan dari Microsoft Office.

Menggunakan Google Docs

Google Docs adalah suite aplikasi web yang dimiliki oleh Google. Ini terdiri dari pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan formulir online. Ini sepenuhnya gratis dan dapat digunakan di browser web apa pun, tanpa perlu mengunduh atau menginstal program apa pun.

Cara Membuat Dokumen di Google Docs

Untuk membuat dokumen di Google Docs, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka peramban web Anda dan masuk ke akun Google Anda.
  2. Klik pada aplikasi Google Drive.
  3. Klik tombol “Buat” di sudut kiri atas layar dan pilih “Dokumen” dari daftar opsi.
  4. Mulai mengetik di bawah judul dokumen.

Cara Membuat Spreadsheet di Google Docs

Untuk membuat spreadsheet di Google Docs, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka peramban web Anda dan masuk ke akun Google Anda.
  2. Klik pada aplikasi Google Drive.
  3. Klik tombol “Buat” di sudut kiri atas layar dan pilih “Spreadsheet” dari daftar opsi.
  4. Mulai memasukkan data di sel-sel spreadheet.

Cara Membuat Presentasi di Google Docs

Untuk membuat presentasi di Google Docs, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka peramban web Anda dan masuk ke akun Google Anda.
  2. Klik pada aplikasi Google Drive.
  3. Klik tombol “Buat” di sudut kiri atas layar dan pilih “Presentasi” dari daftar opsi.
  4. Tambahkan slide baru dengan mengklik tombol “+” di kiri bawah layar.
  5. Mulai menambahkan teks, gambar, dan grafik ke slide presentasi.
Baca Juga :  Cara Menghubungkan Data Lulus Antar Sheet Di Excel

Cara Membuat Folder di Google Docs

Untuk membuat folder di Google Docs, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sign in Akun Google.
  2. Kemudian pada kotak Pencarian yang ada di pojok kanan atas ketikan Github Docs atau Drive.google.com/
  3. Kemudian akan tampil tampilan halaman utama dari Google Drive selanjutnya klik Make a Copy.
  4. Klik Upload dan pilih file/folder yang ingin Anda upload ke Google Drive. Setelah selesai klik Open. Bagi Anda yang menggunakan Google Chrome, Anda juga dapat men-drag file/folder yang di upload pada jendela browser Google Chrome.
  5. Kemudian akan tampil tampilan Upload Complete!
  6. Selesai

Fungsi Google Docs untuk Pekerjaan

Google Docs sangat berguna di dalam pekerjaan, terutama dalam situasi di mana beberapa orang perlu mengakses dokumen yang sama. Beberapa manfaat terbaik dari Google Docs adalah:

  • Cloud Storage: Dokumen, spreadsheet, dan presentasi Anda disimpan di Google Drive, yang berarti Anda dapat mengaksesnya dari mana saja, kapan saja, bahkan jika Anda tidak memiliki komputer Anda tersedia.
  • Kerjasama: Dalam dokumen Google Docs, beberapa pengguna dapat mengedit dokumen pada saat bersamaan. Ini memudahkan kolaborasi dan meningkatkan produktivitas tim.
  • Pengeditan Dimana Saja: Google Docs sangat fleksibel, Anda dapat membuat, melihat, dan mengedit dokumen di browser web apa saja, termasuk di perangkat seluler Anda. Dokumen, spreadsheet, dan presentasi serta dapat dibuka di laptop, desktop, tablet, atau smartphone.
  • Bagikan Konten: Dokumen, Spreadsheet, dan presentasi Anda dapat dibagikan dengan orang lain melalui email atau tautan. Anda juga dapat mengontrol tingkat akses orang lain ke dokumen Anda.

FAQs

1. Apa yang dimaksud dengan Google Docs?

Google Docs adalah suite aplikasi web yang dimiliki oleh Google, Yang berisi pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan formulir online. Ini sepenuhnya gratis dan dapat digunakan di browser web apa pun, tanpa perlu mengunduh atau menginstal program apa pun.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT SKETSA BANGUNAN DENGAN MS EXCEL PDF

2. Apa manfaat dari Google Docs?

Beberapa manfaat terbaik dari Google Docs adalah Cloud Storage, pengeditan di mana saja, kerjasama dalam dokumen, dan edisi dimana saja. Ini memudahkan kolaborasi dan meningkatkan produktivitas tim serta pengeditan dokumen di dalam browser web.