Cara Membuat Daris Berpotongan Di Excel

Cara mengoperasikan Microsoft Excel bisa dibilang sudah menjadi keahlian umum yang diperlukan oleh banyak orang di masa sekarang ini. Terutama bagi mereka yang bekerja di bidang administrasi atau keuangan, Microsoft Excel merupakan suatu tools yang sangat vital dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Bagi yang sudah menguasai aplikasi ini pasti tidak kesulitan dalam mengoperasikan berbagai macam fitur yang disediakan. Tapi bagi yang masih pemula, atau baru memulai belajar, tentu masih sering menemui kesulitan dalam mengoperasikannya.

Cara Menyimpan Workbook Pada Excel Dengan Menggunakan

Cara Membuat Daris Berpotongan Di Excel

Menyimpan workbook merupakan suatu hal yang penting dalam menggunakan Microsoft Excel. Apalagi jika file yang kita kerjakan memiliki berbagai macam sheet atau lembar kerja, dan memiliki pekerjaan yang cukup banyak. Tentunya kita tidak ingin file yang kita kerjakan hilang begitu saja karena tidak disimpan dengan benar. Untuk itu, berikut adalah cara menyimpan workbook pada Microsoft Excel:

  1. Pada menu utama Microsoft Excel, klik tab File yang berada di sebelah kiri atas halaman.
  2. Pilih menu Save As.
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru yang berisi beberapa pilihan untuk menyimpan file kita. Pilih lokasi penyimpanan file, kemudian berikan nama pada file kita.
  4. Pada bagian Save as type, pilih salah satu format yang kita inginkan. Microsoft Excel menyediakan beberapa format file yang dapat kita gunakan untuk menyimpan file kita, seperti Excel Workbook, Excel Macro-enabled Workbook, dan lain sebagainya.
  5. Jika kita ingin memberikan password pada file kita, kita dapat melakukan pengaturan pada bagian Tools, kemudian pilih General Option.
  6. Terakhir, klik Save untuk menyimpan file kita.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menyimpan workbook pada Microsoft Excel dengan benar dan teratur. Tentunya ini akan membantu kita dalam menghemat waktu, juga meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penyimpanan file. Selain itu, jika nantinya kita ingin membuka kembali file yang sudah disimpan, kita akan lebih mudah untuk mencarinya karena sudah disimpan dengan benar.

Cara Menjumlahkan Di Excel Beda Sheet

Cara Menjumlahkan Di Excel Beda Sheet

Salah satu fitur yang sering digunakan pada Microsoft Excel adalah fitur sum, yang digunakan untuk menjumlahkan angka-angka pada lembar kerja. Tapi bagaimana jika kita ingin menjumlahkan angka-angka yang terletak pada lembar kerja yang berbeda? Berikut adalah cara menjumlahkan angka-angka pada lembar kerja yang berbeda pada Microsoft Excel:

  1. Buatlah suatu lembar kerja baru pada Microsoft Excel.
  2. Pada lembar kerja tersebut, klik cell yang akan digunakan untuk menjumlahkan angka-angka pada lembar kerja yang berbeda.
  3. Pada Formula Bar, ketikkan formula =SUM(), kemudian pilih kisaran angka yang ingin dijumlahkan pada lembar kerja pertama. Sebagai contoh, jika kita ingin menjumlahkan angka-angka yang terletak pada kolom A pada lembar kerja pertama, maka kita dapat mengetikkan formula sebagai berikut: =SUM(Sheet1!A1:A10).
  4. Setelah itu, setiap selesai mengetikkan formula, jangan lupa untuk mengakhiri enter dengan menekan tombol enter pada keyboard.
  5. Lakukan hal yang sama untuk kisaran angka pada lembar kerja kedua, ketiga, dan seterusnya dengan menambahkan koma seperti pada contoh sebelumnya. Misalnya untuk lembar kerja kedua: =SUM(Sheet2!A1:A10).
  6. Setelah itu, total dari seluruh kisaran angka pada lembar kerja akan terlihat pada cell yang kita pilih pada lembar kerja baru tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menjumlahkan angka-angka pada lembar kerja yang berbeda pada Microsoft Excel dengan mudah. Tentunya hal ini akan memudahkan kita dalam mengelola data-data yang terdapat pada file Microsoft Excel. Selain itu, dengan lebih lanjut mempelajari berbagai macam fitur pada Microsoft Excel, kita akan semakin mudah dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan kita.

Cara Membuat Garis Garis Di Word

Cara Membuat Garis Garis Di Word

Tak hanya Microsoft Excel, Microsoft Word juga merupakan aplikasi yang digunakan oleh banyak orang untuk menyelesaikan berbagai macam tugas, semisal menulis laporan atau dokumen lainnya. Salah satu fitur yang cukup sering digunakan dalam Microsoft Word adalah fitur pembuatan garis. Berikut adalah cara membuat garis-garis pada Microsoft Word:

  1. Buka halaman Microsoft Word yang akan digunakan.
  2. Klik tab Insert, kemudian klik Shapes.
  3. Pilih salah satu bentuk garis yang akan kita gunakan, seperti garis lurus, garis putus-putus, atau garis gorong-gorong.
  4. Setelah itu, pasangkan cursor pada halaman Word secara horizontal, dan drag ke arah yang diinginkan untuk membuat garis.
  5. Apabila telah selesai membuat garis, letakkan cursor kembali di luar area garis.
Baca Juga :  Cara Membuat Kata Yang Sama Di Excel

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat garis-garis pada Microsoft Word dengan mudah. Tentunya fitur ini akan membantu kita dalam membuat dokumen yang lebih rapi dan terstruktur. Kita juga dapat mengatur ketebalan garis dan warna garis sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, Microsoft Word juga menyediakan berbagai macam fitur lain yang dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas-tugas kita.

Cara Membuat Pilihan Di Excel Dengan Mudah

Cara Membuat Pilihan Di Excel Dengan Mudah

Seringkali kita membutuhkan fitur pilihan pada Microsoft Excel, seperti pada data-entry form atau pada penghitungan data. Pilihan ini berfungsi untuk memberikan beberapa opsi yang dapat dipilih oleh pengguna. Berikut adalah cara membuat pilihan pada Microsoft Excel:

  1. Pada Microsoft Excel, klik cell yang akan digunakan untuk membuat pilihan.
  2. Klik tab Data, kemudian klik Data Validation.
  3. Pada Allow, pilih List.
  4. Kemudian pada bagian source, ketikkan opsi yang ingin kita berikan pada pengguna, dipisahkan dengan koma. Sebagai contoh, jika kita ingin memberikan opsi pada cell A1, kita dapat mengetikkan sebagai berikut: =Red,Yellow,Green.
  5. Setelah itu, tekan OK.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat pilihan pada Microsoft Excel dengan mudah. Tentunya hal ini akan memudahkan kita dalam memasukkan data pada file Excel. Selain itu, dengan lebih banyak mempelajari fitur-fitur pada Microsoft Excel, kita dapat semakin efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan kita.

FAQ

1. Apa saja format file yang disediakan oleh Microsoft Excel?

Microsoft Excel menyediakan beberapa format file untuk menyimpan workbook yang kita buat. Format-file tersebut antara lain Excel Workbook (.xlsx), Excel Macro-enabled Workbook (.xlsm), Excel Binary Workbook (.xlsb), Excel Template (.xltx), dan lain-lain.

2. Apa saja fitur-fitur yang dapat ditemukan di dalam Microsoft Word?

Microsoft Word menyediakan berbagai macam fitur yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan tugas-tugas kita. Beberapa fitur tersebut antara lain pengaturan format, pembuatan tabel, pembuatan grafik, pembuatan daftar, dan sebagainya.

Jika kita ingin lebih mendalami penggunaan Microsoft Excel atau Microsoft Word, kita dapat mencari referensi-referensi tambahan di internet, baik melalui tutorial-video maupun tutorial-tulisan. Dengan belajar lebih dalam tentang penggunaan aplikasi ini, kita akan semakin berpengalaman dan mahir dalam mengoperasikannya. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan kita dan juga perkembangan karir kita.