Cara Membuat 2 Kriteria Di Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program aplikasi komputer yang paling populer dan paling sering digunakan dalam banyak pekerjaan di bidang keuangan, pembukuan, dan administrasi. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Microsoft Excel adalah fungsi INDEX, COUNTIF dan IF. Fungsi-fungsi ini berguna dalam memanipulasi data dalam bentuk angka atau teks.

Fungsi INDEX di Excel

Fungsi INDEX adalah sebuah formula di Microsoft Excel yang digunakan untuk mengambil nilai dari sebuah range cell atau array, dengan melihat kemudahan nanti pada bagian baris ataupun kolom. Fungsi INDEX sangat berguna dalam membabu data, misalnya: jika terdapat data pada suatu tabel dan ingin kita ambil datanya secara membabis, maka kita dapat menggunakan fungsi INDEX.

Cara Membuat 2 Kriteria Di Excel

Cara Menggunakan Fungsi INDEX di Excel

Fungsi INDEX memiliki 2 syntax yang dapat kita gunakan, yaitu: INDEX(array,kolom,baris) atau INDEX(array,baris,kolom). Apabila kita menggunakan syntax pertama, kita perlu menentukan nomor kolom dari data yang ingin kita ambil. Sebagai contoh, kita memiliki sebuah tabel berikut:

No
Nama
Umur
1
Andi
21
2
Budi
23
3
Caca
25

Apabila kita ingin mengambil data dari kolom kedua (nama), kita dapat menggunakan formula berikut:

=INDEX(A2:C4, 0, 2)

Perhatikan bahwa pada syntax pertama, kita menggunakan angka 2 sebagai kolom yang ingin kita ambil.

Apabila kita menggunakan syntax kedua, kita perlu menentukan nomor baris dari data yang ingin kita ambil. Sebagai contoh, kita ingin mengambil data dari baris kedua dan kolom kedua (nama Budi), kita dapat menggunakan formula berikut:

=INDEX(A2:C4, 2, 2)

Perhatikan bahwa pada syntax kedua, kita menggunakan angka 2 sebagai baris dan kolom yang ingin kita ambil.

Fungsi COUNTIF di Excel

Fungsi COUNTIF adalah formula di Microsoft Excel yang berguna untuk menghitung jumlah data dalam sebuah range cell atau array sesuai dengan kriteria tertentu. Fungsi COUNTIF selalu menghasilkan angka bulat (integer).

Panduan menggunakan fungsi COUNTIF di Excel

Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF di Excel

Fungsi COUNTIF memiliki 2 syntax yang dapat kita gunakan, yaitu: COUNTIF(range, kriteria) dan COUNTIFS(range1, kriteria1, range2, kriteria2, dst). Sebagai contoh, kita memiliki sebuah tabel berikut:

No
Nama
Gender
Umur
1
Andi
Laki-laki
21
2
Budi
Laki-laki
23
3
Caca
Perempuan
25

Apabila kita ingin menghitung jumlah mahasiswa laki-laki, kita dapat menggunakan formula berikut:

=COUNTIF(C2:C4, “Laki-laki”)

Formula ini akan menghitung jumlah data pada kolom Gender dengan nilai “Laki-laki”.

Apabila kita memiliki lebih dari satu kriteria, kita dapat menggunakan formula COUNTIFS. Sebagai contoh, kita ingin menghitung jumlah mahasiswa laki-laki yang berumur di bawah 25 tahun, kita dapat menggunakan formula berikut:

=COUNTIFS(C2:C4, “Laki-laki”, D2:D4, “

Formula ini akan menghitung jumlah data pada kolom Gender dengan nilai “Laki-laki” dan di kolom Umur dengan nilai kurang dari 25.

Fungsi IF di Excel

Fungsi IF adalah formula di Microsoft Excel yang berguna untuk mengembalikan nilai tertentu apabila suatu kondisi dipenuhi, dan mengembalikan nilai lain apabila kondisi tidak dipenuhi. Fungsi IF sangat berguna dalam membuat logika pada sebuah kondisi tertentu.

Panduan menggunakan fungsi IF di Excel

Cara Menggunakan Fungsi IF di Excel

Fungsi IF memiliki 3 syntax yang dapat kita gunakan, yaitu: IF(logika, nilai_jika_benar, nilai_jika_salah), IFERROR(nilai, nilai_jika_error), dan IFNA(nilai, nilai_jika_nihil). Sebagai contoh, kita memiliki sebuah tabel berikut:

Baca Juga :  Cara Membuat Data Nilai Di Excel Yang Mudah
No
Nama
Nilai
Status
1
Andi
80
2
Budi
60
3
Caca
90

Apabila kita ingin menampilkan status dari setiap mahasiswa berdasarkan nilai yang mereka dapatkan, kita dapat menggunakan formula berikut:

=IF(C2>=75, “Lulus”, “Tidak Lulus”)

Formula ini akan menampilkan “Lulus” apabila nilai pada kolom Nilai lebih besar atau sama dengan 75, dan akan menampilkan “Tidak Lulus” apabila nilai lebih kecil dari 75.

FAQ

Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi komputer yang berguna dalam mengolah data, seperti membuat tabel, grafik, rumus matematis, dan logika.

Apa saja fungsi-fungsi yang sering digunakan dalam Microsoft Excel?

Beberapa fungsi yang sering digunakan dalam Microsoft Excel adalah: INDEX, COUNTIF, IF, SUM, AVERAGE, dan MAX.

Video Tutorial Penggunaan Fungsi INDEX