CARA MELIHAT DATA DI EXCEL

Mungkin Anda pernah mendengar atau bahkan sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel? Ya, perangkat lunak produk Microsoft ini memang sangat populer digunakan oleh berbagai macam kalangan, mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, hingga pengusaha. Excel sendiri digunakan untuk mengolah data, membuat tabel, diagram, dan grafik untuk memvisualisasikan data secara mudah. Namun, dalam pengolahan data, sering kali kita memerlukan fitur untuk mengurutkan data di Excel. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara mengurutkan data di Excel secara otomatis. Yuk, simak bersama-sama!

Cara Mengurutkan Data di Excel Secara Otomatis

Mengurutkan data di Excel dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan. Secara otomatis, Excel dapat mengurutkan data berdasarkan huruf abjad, angka, tanggal, dan lain sebagainya. Berikut adalah cara mengurutkan data di Excel secara otomatis:

1. Mengurutkan Data Berdasarkan Abjad atau Angka

Langkah-langkah mengurutkan data di Excel secara otomatis dapat ditunjukkan sebagai berikut:

  • Pilih kolom yang ingin diurutkan dan tekan tombol A-Z atau Z-A pada panel
  • Pastikan bahwa seluruh data pada kolom tersebut telah dipilih
  • Tekan tombol A kecil atau tombol Z besar untuk mengurutkan data dari A ke Z atau Z ke A
  • NB: Keyboard shortcut untuk mengurutkan data berdasarkan abjad dan angka di Excel yaitu Ctrl+Shift+Left Alt dan A
Baca Juga :  CARA MEMBUAT ABSEN DI MICROSOFT EXCEL

Cara ini sangat mudah dan cukup berguna, terlebih jika Anda memiliki daftar nama, list produk, atau data dengan variasi huruf besar dan kecil yang ingin diurutkan

2. Mengurutkan Data Berdasarkan Tanggal

Untuk mengurutkan data di Excel secara otomatis berdasarkan tanggal yang tertera dalam sel, berikut cara yang dapat Anda lakukan:

  • Pastikan bahwa seluruh data pada kolom tersebut telah dipilih
  • Pilih tab Data pada Excel dan klik Icon Sort yang berada pada bagian Sort & Filter
  • Pada kotak yang muncul, tentukan kolom yang ingin diurutkan, bijaksana untuk memastikan bahwa Excel menentukan dengan benar apakah tidak ada kolom yang terpilih, kemudian pilih jenis urutan yaitu A-Z atau Z-A
  • Jika data dalam kolom tersebut memiliki format tanggal, Anda harus memastikan bahwa Excel dapat mengenali bahwa data dalam sel tersebut adalah tanggal. Pastikan bahwa seluruh data dipusatkan dalam kolom
  • Excel akan kemudian mengurutkan data dalam kolom tersebut dengan benar berdasarkan tanggal
  • NB: Keyboard shortcut untuk mengurutkan data berdasarkan tanggal di Excel yaitu Ctrl+Shift+Left Alt dan S

Jangan lupa! Pastikan bahwa format sel yang berisi tanggal memang benar, misalnya ditulis dalam format dd/mm/yyyy atau mm/dd/yyyy, jika tidak maka Excel akan gagal mengenali data tersebut dan data akan diurutkan dengan cara yang tidak benar

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Kelas

Tahun ajaran telah dimulai! Biasanya dalam pekerjaan kantor dengan berbagai tugas dan pekerjaan seperti ini, Excel juga digunakan untuk menyimpan berbagai macam data. Salah satunya adalah data kelas dan murid. Nah, pada kali ini kami akan memberikan cara mengurutkan data di Excel secara otomatis berdasarkan kelas dan juga menampilkan data ganda pada tabel.

Baca Juga :  Belajar Membuat Aplikasi Akuntansi Excel

1. Kelompokkan Data Berdasarkan Kelas

Sebelum mengurutkan data, sebuah data perlu diklasifikasikan terlebih dahulu. Caranya dengan mengelompokkan data berdasarkan setiap kelas. Hal ini karena pengurutan data akan dilakukan berdasarkan kelasnya. Berikut ini caranya:

  1. Buat kolom baru di sebelah kanan data
  2. Tulis judul baru pada kolom tersebut, misalnya “Kelas”
  3. Untuk setiap baris data, tulis kelas di kolom yang baru di atas baris tersebut
  4. NB: Pastikan tulisan kelas sama untuk setiap baris siswa dengan kelas yang sama

2. Membuat Urutan Kelas Berdasarkan Kelas

Setelah data terkelompokkan berdasarkan kelas, selanjutnya adalah meng-urutkan data berdasarkan kelas. Berikut cara yang dapat dilakukan:

  • Pilih sel-sel data yang ingin diurutkan
  • Pilih menu “Data” di atas layar
  • Pilih opsi “Sort Ascending” atau “Sort Descending” berdasarkan urutan kelasnya
  • Tekan tombol OK untuk melanjutkan
  • Excel akan mengurutkan data berdasarkan urutan kelas sesuai dengan permintaan Anda
  • Cara ini juga dapat dilakukan untuk filter data yang duplikat

FAQ

1. Apakah ada shortcut untuk mengurutkan data di Excel?

Ya, ada! Anda bisa menggunakan tombol keyboard Ctrl+Shift+Left Alt dan A untuk mengurutkan data berdasarkan huruf abjad atau angka, atau Ctrl+Shift+Left Alt dan S untuk mengurutkan data berdasarkan tanggal

2. Bagaimana cara menghapus data duplikat di Excel?

Anda dapat menggunakan fitur “Advanced Filter” untuk menghapus data duplikat di Excel. Berikut cara untuk menghapus data duplikat di Excel:

  1. Pilih seluruh kolom data yang ingin diolah
  2. Pilih Advanced Filter untuk membuka jendela Advanced Filter
  3. Pilih opsi “Copy to another location” untuk membuat tabel baru
  4. Pilih tempat di mana tabel baru akan muncul pada opsi “Copy to”
  5. Pastikan bahwa opsi “Unique records only” terpilih
  6. Klik OK untuk menyaring tabel baru tanpa duplikat
Baca Juga :  CARA MENGINPUT DATA PENJUALAN DI EXCEL

Anda juga dapat menggunakan fitur Remove Duplicates pada Excel, yaitu dengan cara memilih seluruh kolom data dan kemudian klik tab Remove Duplicates, lalu pilih kolom yang ingin dihapus duplicatnya. Excel kemudian akan menghapus data yang duplikat pada kolom yang dipilih.

Video Tutorial

Berikut video tutorial mengenai cara mencari dan menghapus data ganda di Excel:

Dalam video ini, dijelaskan cara mencari dan menghapus data duplikat di Excel menggunakan fitur Remove Duplicates. Tutorial ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menghilangkan data duplikat dalam pengolahan data di Excel.

Demikianlah artikel mengenai cara mengurutkan data di Excel secara otomatis. Ada banyak cara untuk mengelola data di Excel, dan semuanya tergantung pada kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dalam pengelolaan data Anda di Excel!