Cara Mebuat Garis Di Excel Dengan Cm

Excel adalah salah satu aplikasi yang paling umum digunakan di seluruh dunia, baik oleh pelajar, mahasiswa, guru, pekerja, dan bahkan para pengusaha sekalipun. Excel sangat penting dalam menyimpan data dan mengevaluasi informasi, membuat laporan, membuat tabel, dan banyak lagi. Namun, seringkali kita merasa kesulitan saat menggunakan Excel, entah itu menghilangkan garis di Excel atau membuat grafik garis.

Cara Mebuat Report yang Bagus di Excel

Cara Mebuat Garis Di Excel Dengan Cm

Jika kamu ingin membuat report yang bagus di Excel, ada beberapa langkah yang dapat kamu ikuti:

  1. Pertama-tama, kamu harus menentukan tujuan laporanmu. Apakah laporanmu akan digunakan untuk menampilkan data atau digunakan sebagai sarana untuk mengambil keputusan?
  2. Ungkapkan data secara visual. Kamu bisa menggunakan grafik, tabel, dan diagram untuk menyajikan data dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah dipahami.
  3. Buat format laporanmu semenarik mungkin. Gunakan font yang mudah dibaca dan pilih warna yang senada agar laporanmu mudah diikuti dan terlihat rapi dan enak dilihat.
  4. Buatlah kesimpulan dari data yang telah diolah. Ketika kamu telah selesai menyajikan data, buatlah sebuah kesimpulan dari data tersebut agar pembaca dapat memahami secara ringkas apa yang kamu sampaikan.

Lengkap Cara Menyisipkan Tabel MS Excel di MS Word dan Print

Lengkap Cara Menyisipkan Tabel MS Excel di MS Word dan Print

Menyisipkan tabel Excel ke dalam dokumen Word dapat membantu kamu menyajikan data dengan lebih jelas dan efektif. Berikut ini adalah cara menyisipkan tabel Excel ke dalam dokumen Word:

  1. Buka dokumen Word dan Excel yang ingin ditampilkan.
  2. Pada tabel Excel, pilih seluruh isi tabel menggunakan tombol mouse.
  3. Klik pada beranda, kemudian pilih “Salin” atau tekan Ctrl + C untuk menyalin isi tabel.
  4. Pada dokumen Word, tempatkan kursor pada area tempat tabel ingin ditampilkan, kemudian tekan Ctrl + V atau klik kanan lalu pilih “Tempel.”
  5. Kustomisasi tabel yang telah dimasukkan menggunakan menu tab “Alat Tabel” di dokumen Word atau dari tab “Alat Tabel” di Excel.
  6. Setelah selesai, kamu bisa melakukan beberapa finishing seperti menerapkan background, menambahkan garis tepi, atau menyesuaikan ukuran.
Baca Juga :  Cara Menghitung Peluang Angka Di Excel

Cara Menghilangkan Garis di Excel

Cara Menghilangkan Garis di Excel

Ketika menggunakan Excel, kamu mungkin sering melihat garis-garis yang menunjukkan batas sel, baik secara horisontal maupun vertikal. Namun, pada beberapa kasus, kamu mungkin ingin menghilangkan garis-garis tersebut. Untuk menghilangkan garis di Excel, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel atau rentang sel yang ingin kamu hapus garisnya.
  2. Pilih “Beranda” dan arahkan ke menu “Garis” di atas grup “Font”. Setelah itu, pilih sama sekali tanpa garis untuk menghapus garis secara keseluruhan atau pilih pinggiran tampilan persis untuk menghapus garis pinggiran tertentu.
  3. Jika Anda ingin menghilangkan garis di sekitar sel, bukan isinya, silakan pilih “Gambar” dan “Gambar Pinggiran” di kanan menu setelah memilih sel di Excel Anda. Setelah itu, pilih pengaturan “Sekarang Tanpa Garis”.

Cara Menghilangkan Garis di Microsoft Excel

Cara Menghilangkan Garis di Microsoft Excel

Jika kamu ingin menghilangkan garis pada judul di Microsoft Excel, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, seleksi sel yang berisi judul yang ingin kamu hilangkan garisnya.
  2. Pilih opsi “Garis Tepi” dari grup “Garis” pada tab “Beranda”. Setelah itu, pilih opsi “Menampilkan Garis Tepi” dan klik “Warna Tepi”. Setelah memilih “Warna Tepi”, pilih opsi tanpa garis untuk menghapus garis.
  3. Garis tepi sekarang perlu dihapus dari sel judul. Pada tab Beranda, pilih opsi “Ketebalan Garis”, lalu pilih opsi dengan ketebalan garis 1/2 poin atau 0 poin (tanpa garis).

Cara Buat Grafik Garis

Cara Buat Grafik Garis

Grafik garis adalah cara yang baik untuk menampilkan data dengan tren waktu. Untuk membuat grafik garis di Excel, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel atau rentang sel yang berisi data yang ingin kamu pakai untuk grafik garis.
  2. Pilih “Beranda” dan pilih tipe grafik garis yang diinginkan di menu “Grafik”. Contohnya, kamu bisa memilih grafik garis “Line Chart”.
  3. Setelah kamu memilih tipe grafik, Excel akan membuat grafik garis awal menggunakan data yang kamu pilih di langkah pertama. Kemudian, kamu dapat mengedit dan menyesuaikan grafik sesuai kebutuhanmu.
  4. Kamu bisa mengedit grafik garis dengan menambahkan label sumbu, menambahkan konten dan judul, serta menyesuaikan elemen grafik seperti warna, ukuran, dan garis.
Baca Juga :  CARA PRINT EXCEL DI TENGAH

FAQ

Apa yang Dimaksud dengan Excel?

Excel adalah program aplikasi Microsoft Office yang digunakan untuk mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data yang ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik.

Apa Saja Fungsi dari Excel?

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari Excel:

  1. Menyimpan dan mengatur data dalam bentuk tabular
  2. Menghitung rumus matematika dan statistik
  3. Menampilkan data dalam bentuk tabel atau grafik
  4. Mengolah data di atas lembar kerja, termasuk pemfilteran dan pengurutan
  5. Menjalankan fungsi perhitungan otomatis

Video Tutorial

Berikut ini adalah beberapa video tutorial menarik tentang penggunaan Excel:


Demikianlah beberapa tips dan trik menggunakan Excel, mulai dari cara membuat report yang bagus, menyisipkan tabel Excel ke Word dan cara membuat grafik garis. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam memaksimalkan penggunaan Excel untuk bekerja dan aktivitas sehari-hari.