Cara Instal Framework 3.5 Di Windows 8

Orang-orang sering mengalami masalah ketika mencoba untuk menginstal .NET Framework pada komputer mereka. Pada panduan ini, kita akan membahas cara menginstal .NET Framework pada Windows 8, 8.1, dan 10 secara offline.

Cara Instal .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan 8.1 Offline

Cara Instal Framework 3.5 Di Windows 8

.NET Framework adalah salah satu perangkat lunak Microsoft yang paling penting. Ada banyak program dan aplikasi yang membutuhkan .NET Framework untuk diinstal sebelum dapat digunakan. Windows 8 dan 8.1 datang dengan .NET Framework 4.5 yang telah terinstal, namun beberapa aplikasi masih membutuhkan .NET Framework 3.5.

Instalasi .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan 8.1 tidak selalu lancar. Masalahnya terletak pada fakta bahwa installer .NET Framework 3.5 memerlukan akses ke sumber daya Windows untuk diunduh dan diinstal. Akan tetapi, jika sumber daya Windows tidak tersedia, installer .NET Framework 3.5 will gagal dan akan menampilkan pesan kesalahan tentang kesalahan dalam mengunduh sumber daya. Jadi, jika ingin menginstal .NET Framework 3.5, pertama-tama pastikan bahwa Anda memiliki akses ke sumber daya Windows, seperti CD instalasi Windows 8 atau 8.1.

Menyiapkan Sumber Daya Windows untuk Instalasi Offline

Jika Anda memiliki akses ke sumber daya Windows, pastikan bahwa Anda menyimpannya di sebuah direktori yang mudah diakses. Anda dapat menyimpannya dalam folder khusus dengan nama seperti “Windows 8 Sources” atau “Windows 8.1 Sources”. Ingatlah bahwa direktori ini harus dapat diakses dari jendela perintah dan harus memiliki akses baca/tulis sebelum melanjutkan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempersiapkan sumber daya Windows untuk instalasi offline .NET Framework 3.5 di Windows 8 atau 8.1:

  1. Masukkan media instalasi Windows 8 atau 8.1 ke dalam komputer Anda.
  2. Buka Command Prompt dengan cara klik tombol Start dan ketik “cmd” kemudian klik kanan pada Command Prompt dan pilih “Run as administrator”.
  3. Ketikkan perintah berikut dan tekan Enter:
  
  Dism /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Source:X:sourcessxs /LimitAccess
  

Pastikan bahwa Anda mengganti “X” dengan huruf yang sesuai dengan drive tempat Anda menyimpan sumber daya Windows. Sebagai contoh, jika sumber daya Windows disimpan dalam direktori “D:Windows 8 Sources”, maka Anda perlu memasukkan “/Source:D:Windows 8 Sourcessxs” pada perintah tersebut.

Setelah Anda menjalankan perintah di atas, Anda dapat dengan mudah menginstal .NET Framework 3.5. Caranya adalah dengan membuka Control Panel dan kemudian pilih Program dan Fitur. Pilih Turn Windows features on or off, dan kemudian pilih .NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) untuk menginstal .NET Framework 3.5. Jangan lupa untuk memeriksa opsi “Specify an alternative source path” dan masukkan direktori tempat Anda menyimpan sumber daya Windows. Tuliskan nama direktori tersebut di kolom “Path” dan tekan Enter.

Cara Instal .NET Framework 2.0, 3.0, dan 3.5 di Windows 10

Cara Instal .NET Framework 2.0, 3.0, dan 3.5 di Windows 10

Untuk menginstal .NET Framework 2.0, 3.0, atau 3.5 pada Windows 10, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih Programs and Features.
  3. Klik “Turn Windows features on or off”.
  4. Pilih “.NET Framework x.x” (dalam hal ini, Anda akan memilih .NET Framework 3.5).
  5. Klik “OK” dan tunggu hingga instalasi selesai.

Setelah Anda menginstal .NET Framework pada Windows 10, Anda dapat menggunakan program dan aplikasi yang memerlukan .NET Framework sebagai prasyarat untuk diinstal dan dijalankan.

Cara Mengatasi Gagal Instal Microsoft .NET Framework 3.5

Cara Mengatasi Gagal Instal Microsoft .NET Framework 3.5

Jika Anda mengalami masalah saat menginstal Microsoft .NET Framework 3.5 di Windows, maka Anda bisa mengikuti beberapa solusi di bawah ini:

Baca Juga :  Cara Instal Driver Komputer Windows 7 Professional

  1. Menginstal ulang Microsoft .NET Framework 3.5.
  2. Gunakan utilitas Windows Update untuk mendapatkan versi terbaru dari Microsoft .NET Framework.
  3. Pastikan bahwa perangkat lunak anti-virus atau firewall Anda tidak menghalangi instalasi Microsoft .NET Framework.
  4. Lakukan scan pada komputer Anda dengan menggunakan alat antivirus dan anti-malware, seperti Windows Defender atau Malwarebytes Anti-Malware.
  5. Coba instal Microsoft .NET Framework 3.5 dari Safe Mode di Windows.

Setelah Anda mencoba solusi di atas, harusnya Anda dapat menginstal Microsoft .NET Framework 3.5 pada Windows dengan mudah dan lancar. Jika masih berlanjut, Anda dapat mencari bantuan dalam forum teknologi terkait atau menghubungi dukungan teknis dari Microsoft.

FAQ

Apa itu .NET Framework?

.NET Framework adalah perangkat lunak yang dibuat oleh Microsoft yang berfungsi sebagai platform untuk membangun aplikasi dan program berbasis Windows yang berjalan di desktop maupun di web.

Apa kegunaan dari .NET Framework pada Windows?

.NET Framework digunakan oleh banyak aplikasi dan program Windows untuk berjalan dengan baik. .NET Framework sebenarnya adalah bagian dari sistem operasi Windows, oleh karena itu banyak aplikasi membutuhkan .NET Framework untuk bisa diinstal dan dijalankan dengan lancar.

Video Tutorial: Cara Instal .NET Framework

Berikut adalah video tutorial yang dapat membantu Anda dalam menginstal .NET Framework di Windows.