CARA INSERT FILE EXCEL DINAMIS EXCEL DI POWERPOINT

Mungkin sebagian besar dari kita sudah akrab dengan Microsoft Excel sebagai aplikasi lembar kerja elektronik. Excel telah jadi program wajib untuk kebutuhan pelaporan, perhitungan, analisis data, dan lain sebagainya. Namun, masih banyak pengguna Excel yang masih memakai fitur yang sama-sama biasa saja.

Cara Membuat Tabel Dinamis di Excel (Menggunakan Fungsi TABLE & OFFSET)

Salah satu fitur Excel yang berguna untuk membuat laporan tingkat lanjut adalah tabel dinamis atau juga dikenal dengan PivotTable. Dalam membuat tabel dinamis, kita membutuhkan fungsi TABLE dan OFFSET.

Apa Itu Tabel Dinamis Excel?

Tabel dinamis adalah elemen data dalam Excel yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menampilkan informasi dalam bentuk yang dapat diatur ulang dengan cepat dan mudah, biasanya dalam bentuk tabel. Dalam satu lembar kerja, kita dapat membuat beberapa tabel dinamis. Fungsi dari tabel dinamis sendiri adalah menampilkan informasi yang diinginkan dengan penyesuaian cepat dan mudah. Selain itu, fitur tabel dinamis juga berguna dalam melakukan perhitungan sum, average, dan lain-lain, sehingga pengguna dapat menganalisis data dengan lebih mudah.

Berikut ini adalah cara membuat tabel dinamis menggunakan fungsi TABLE dan OFFSET:

  1. Pertama, buatlah data mentah (raw data) dalam sebuah tabel.
  2. Kemudian, gunakan fungsi TABLE untuk memberi nama pada tabel tersebut.
  3. Selanjutnya, pilih tab Insert, lalu klik PivotTable.
  4. Pilih Use an external data source, lalu klik Choose Connection.
  5. Pilih tabel yang ingin digunakan, lalu klik OK.
  6. Tentukan area untuk tabel dinamis, lalu klik OK.
  7. Tentukan field yang ingin ditampilkan dalam tabel dinamis, lalu arahkan mouse ke baris ataupun kolom yang menjadi pivot. Drag and drop field bertipe angka yang ingin dijumlahkan/ dianalisis dalam bagian Values (misalnya Total Sales).
  8. Setelah semua field ditambahkan, cetaklah tabel dinamis tersebut dengan klik Print.

Cara Membuat Nama Range Dinamis pada Excel

Jika tabel dinamis adalah fitur Excel untuk mengubah tampilan laporan dengan mudah, maka nama range dinamis adalah fitur Excel yang memudahkan pengguna dalam melakukan penamaan sel, range, atau area. Dengan membuat nama range dinamis, Anda dapat menyusun data Anda dengan lebih terstruktur dan mudah dibaca.

Dalam membuat nama range dinamis, Anda memerlukan referensi untuk kolom dan barisnya. Pertama, berikan nama range sesuai kebutuhan Anda (misalnya laporan, data, atau tabel). Kemudian, pada cell yang akan dibuat referensi barisnya, tuliskan formula Excel ROW(). Ketikkan rumus yang sama pada cell yang akan dibuat referensi kolomnya, namun ganti ROW() dengan COLUMN().

Misalnya, pada cell A2 Anda menuliskan ROW(), dan pada cell B2 menuliskan COLUMN(). Ketikkan formula =OFFSET(A1,ROW()-ROW(A1),) pada cell selain A1 dan B1. Silakan ubah A1 sesuai kebutuhan Anda. Simpan rumus tersebut sebagai sebuah nama range pada kolom atau baris yang ingin Anda tanggal.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan fungsi Table dan Offset pada Excel?

Fungsi TABLE berfungsi sebagai penamaan daerah sel atau cell pada Excel, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengacu dan menggunakan nama tersebut saat merujuk ke sel dan range sel yang terkait. Sedangkan fungsi OFFSET berguna dalam mengambil range sel yang dimulai dari cell yang ditentukan dan berjalan sejauh jumlah baris dan kolom yang ditentukan.

Baca Juga :  CARA MANTRANSFER DATA DARI FILE KE FILE EXCEL
2. Bagaimana cara membuat nama range dinamis pada Excel?

Pertama, berikan nama range sesuai kebutuhan Anda (misalnya laporan, data, atau tabel). Kemudian, pada cell yang akan dibuat referensi barisnya, tuliskan formula Excel ROW(). Ketikkan rumus yang sama pada cell yang akan dibuat referensi kolomnya, namun ganti ROW() dengan COLUMN(). Silakan baca tutorial Excel kami yang menjelaskan cara membuat nama range dinamis secara mendalam.

Include Video Youtube Cara Insert Gambar di Excel Secara Otomatis

Berikut adalah tutorial video dari Channel Youtube Ibu Guru yang menjelaskan cara insert gambar di Excel secara otomatis.

FAQ

1. Apa fungsi video tutorial menggunakan Youtube dalam konten?

Video tutorial dapat membantu membantu pembaca yang lebih memahami tutorial dan menjadikannya lebih menarik.

2. Dimana saya bisa menemukan tutorial Excel lainnya?

Ada banyak sumber duga yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan Excel Anda, mulai dari Tutorial Excel untuk Pemula hingga Tutorial Excel untuk Tingkat Lanjut. Coba kunjungi beberapa situs berikut untuk memulai belajar Excel: Excel Easy, GoSkills, atau TutorialsPoint.