CARA COPY DATA BESAR SEACARA BERURUTAN EXCEL

Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Excel dan Ms Word untuk aktivitas kantor atau pekerjaan sehari-hari? Jika iya, tentu saja Anda sudah tidak asing dengan fitur copy paste. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih mudah dan efektif untuk copy paste data dari Excel ke Word?

Cara Copy Paste Data Excel Pada Ms Word

Sebelumnya, pastikan Anda sudah membuka file Excel dan Word yang ingin digunakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk copy paste data dari Excel ke Word dengan mudah:

  1. Pilih sel atau range sel di Excel yang ingin dicopy.
  2. Klik kanan dan pilih Copy, atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C.
  3. Buka file Word dan pilih tempat di mana data Excel ingin di-paste.
  4. Klik kanan dan pilih Paste, atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V.
  5. Data Excel akan ter-copy paste ke Word dengan format yang sama persis seperti di Excel.

Sangat mudah, kan? Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak perlu memformat data yang sudah dicopy lagi, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk copy paste data dari Excel ke aplikasi lain yang memungkinkan copy paste.

Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG READONLY

Cara Cepat Copy Data ke Tabel yang Difilter

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat ingin copy paste data ke tabel yang difilter di Excel? Jika iya, berikut adalah cara cepat untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Pilih sel atau range sel data yang ingin dicopy.
  2. Klik kanan dan pilih Copy, atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C.
  3. Pergi ke sheet atau tabel lain di mana Anda ingin mem-paste data tersebut.
  4. Pada kolom atau baris pertama, masukkan nilai 1.
  5. Pada sel yang di sebelah kolom atau baris pertama, masukkan formula =ROW()-n, di mana n adalah jumlah baris atau kolom yang difilter sebelumnya.
  6. Copy formula tersebut ke bawah hingga sel terakhir data yang akan dipaste.
  7. Pilih baris dan kolom pertama, dan paste data dengan cara seperti biasa.
  8. Data akan ter-paste dengan rapi pada tabel yang difilter, tanpa perlu melakukan formatting lagi.

Dengan cara ini, Anda bisa copy paste data ke tabel yang difilter dengan mudah dan efektif. Anda tidak lagi perlu mengalami kesulitan ketika akan melakukan copy paste data ke tabel yang difilter.

Cara Copy Data Excel dari Horizontal ke Vertikal

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat ingin copy data dari horizontal ke vertikal di Excel? Jika iya, berikut adalah cara yang bisa membantu Anda:

  1. Pilih sel atau range sel data yang ingin di-copy.
  2. Klik kanan dan pilih Copy, atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C.
  3. Pergi ke tempat di mana Anda ingin paste data tersebut.
  4. Klik pada sel dan tekan Shift+Space untuk memilih seluruh baris.
  5. Klik kanan dan pilih Transpose.
  6. Data akan ter-copy paste secara vertikal.

Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah copy data dari horizontal ke vertikal tanpa perlu mem-format ulang data tersebut.

Baca Juga :  CARA MEMASUKKAN DATA EXCEL KE QGIS

Cara Copy Data Excel Dari Vertikal Ke Horisontal dan Sebaliknya

Tak hanya dari horizontal ke vertikal, dalam Excel juga seringkali kita perlu melakukan copy paste dari vertikal ke horizontal atau sebaliknya. Lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sel atau range sel data yang ingin di-copy.
  2. Klik kanan dan pilih Copy, atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C.
  3. Pilih tempat untuk meletakkan data copied.
  4. Paste data tersebut pada sel kosong.
  5. Pilih sel yang bersebelahan dengan data yang tadi dimasukkan dengan klik kiri pada sel tersebut.
  6. Pergi ke tab Formula, kemudian klik pada tombol Transpose.
  7. Data akan ter-copy paste dengan posisi berlawanan dengan sebelumnya.

FAQ

1. Apakah cara Copy Paste data Excel ke Word ini dapat digunakan pada platform lain seperti Google Sheet dan Google Doc?

Iya, cara tersebut dapat diterapkan pada platform lain selama memiliki fungsi Copy Paste.

2. Bisakah fungsi Copy Paste dari Excel ke Word digunakan dalam jumlah sel yang sangat banyak?

Iya, cara tersebut bisa digunakan meskipun dalam jumlah sel yang sangat banyak. Namun perlu diperhatikan, saat me-copy paste dalam jumlah sel yang besar, performa komputer dan waktu yang diperlukan untuk menyalin data yang banyak jauh lebih lama dari biasanya.

Video Tutorial

Sekarang, Anda sudah tahu cara copy paste data dari Excel ke Word dan juga bagaimana melakukan copy paste data pada tabel yang difilter. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui cara cepat untuk copy paste data dari horizontal ke vertikal dan sebaliknya. Dengan mengetahui cara-cara tersebut, Anda bisa lebih produktif dan efektif dalam menggunakan program Microsoft Office. Jika masih ada pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga :  Cara Manual Membuat Filter Di Excel