CARA BUAT DATA BASE KARYAWAN DI EXCEL

Ketika berbicara mengenai penggajian karyawan, tentu tidak bisa melepaskan cara membuat tabel gaji karyawan di Excel. Mengapa Excel? Karena Excel memang salah satu software yang digunakan untuk mengolah data yang terkenal sangat handal dan familiar di kalangan pekerja. Terutama bagi karyawan yang gemar mengoperasikan komputer dalam pekerjaan sehari-hari.

Cara Membuat Tabel Gaji Karyawan di Excel

Cara membuat tabel gaji karyawan di Excel ternyata tidak begitu sulit. Berikut adalah tahapan-tahapan yang bisa diikuti:

1. Membuat tabel data karyawan

Tahap awal dalam menciptakan tabel gaji karyawan adalah dengan menyiapkan tabel data karyawan terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Excel dan klik “New Workbook”.
  2. Pada halaman kosong yang muncul, ketiklah atau copy-paste data karyawan ke dalam sheet Excel.
  3. Tambahkan judul kolom pada setiap kolom data, seperti Nama Karyawan, Nomor Karyawan, Jabatan, Gaji Pokok, Tunjangan dan lain-lain.
  4. Buat tabel dengan mengatur lebar kolom dan baris agar rapi dan menarik.

2. Menghitung total gaji karyawan

Setelah tabel data sudah siap, maka tibalah saatnya untuk menghitung total gaji karyawan. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Tambahkan kolom baru dengan nama Total Gaji.
  2. Ketiklah rumus untuk menghitung total gaji dalam sel pertama Total Gaji.
  3. Salin rumus tersebut ke sel-sel lain yang membutuhkan total gaji.
  4. Gunakan fitur “AutoSum” bawaan Excel untuk melakukan perhitungan dengan mudah.
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Di Excel Untuk Mencari Nilai Rata Rata

Cara Format Excel Hitung Gaji Pokok Karyawan dan Uang Makan Harian

Tahapan selanjutnya adalah cara format Excel hitung gaji pokok karyawan dan uang makan harian. Caranya hampir sama dengan langkah-langkah pembuatan tabel gaji karyawan di atas. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Membuat tabel data karyawan

Langkah awal adalah membuat tabel data karyawan seperti pada tahap awal pembuatan tabel gaji karyawan di atas.

2. Menghitung gaji pokok

Cara menghitung gaji pokok karyawan di Excel bisa dilakukan dengan rumus yang ada. Berikut cara-caranya:

  1. Pilihlah kolom yang akan dihitung untuk gaji pokok karyawan.
  2. Ketiklah rumus “(Gaji Pokok/Hari*Lama Bekerja)” pada sel pertama kolom tersebut.
  3. Ubah format ke dalam bentuk uang dengan cara mengubah format cell menjadi “Currency”.

3. Menghitung uang makan harian

Cara menghitung uang makan harian karyawan di Excel hampir sama dengan cara menghitung gaji pokok. Berikut adalah caranya:

  1. Buat kolom baru dengan nama “Uang Makan”.
  2. Masukkan rumus “(Uang Makan/Hari*Lama Bekerja)” pada sel pertama kolom tersebut.
  3. Ubah format ke dalam bentuk uang seperti pada penjelasan cara menghitung gaji pokok.

Contoh Data Gaji Karyawan Excel / Fungsi Dan Cara Menggunakan Rumus

Berikut adalah contoh data gaji karyawan di Excel beserta fungsi dan cara menggunakan rumusnya:

CARA BUAT DATA BASE KARYAWAN DI EXCEL

Contoh data gaji karyawan di atas menggunakan rumus-rumus seperti:

  • Rumus Menggunakan SUMIF untuk menjumlahkan gaji pokok dan tunjangan
  • Rumus menggunakan IF untuk menghitung bonus
  • Rumus menggunakan CONCATENATE untuk menggabungkan beberapa kolom

Cara Buat Data Diklat Pegawai di Excel – Hongkoong

Bagi instansi pemerintah atau perusahaan, biasanya ada program diklat pegawai yang memerlukan data hasil evaluasi pelaksanaan diklat pegawai. Data evaluasi pelaksanaan ini bisa diolah menggunakan Excel dengan mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Buat tabel data diklat pegawai dengan memberikan judul kolom pada masing-masing data, seperti Nomor ID, Nama, Jabatan, Asal Institusi, Materi Pelatihan, Tanggal Mulai, dan Tanggal Berakhir.
  2. Pada kolom bertuliskan “Tanggal Berakhir”, tambahkan kolom baru dengan nama “Lama Diklat”.
  3. Isi kolom “Lama Diklat” dengan rumus “DATEDIF(Tanggal Mulai,Tanggal Berakhir,”D”)” untuk menghitung lama pelaksanaan diklat.
  4. Pada kolom “Lama Diklat”, tambahkan kolom baru lagi dengan nama “Nilai Akhir”
  5. Isi kolom “Nilai Akhir” dengan rumus perhitungan nilai hasil evaluasi diklat pegawai yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Baca Juga :  CARA MERUBAH FILE EXCEL KE ZIP

FAQ

1. Apakah tabel gaji karyawan di Excel hanya bisa digunakan pada perusahaan besar saja?

Tidak. Pembuatan tabel gaji karyawan di Excel bisa dilakukan pada perusahaan besar maupun kecil. Setiap perusahaan akan membutuhkan tabel tersebut untuk kepentingan administrasi keuangan dan manajemen sumber daya manusia.

2. Apakah ada risiko kesalahan pada pembuatan tabel gaji karyawan di Excel?

Tentu saja ada. Seperti pada pengolahan data pada umumnya, human error selalu berpotensi terjadi. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu melakukan review dan verifikasi data yang dimasukkan ke dalam tabel untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.

Video Tutorial Cara Membuat Tabel Gaji Karyawan di Excel

Berikut video tutorial cara membuat tabel gaji karyawan di Excel: