Cara Agar Membuat Filter Data Pada Kotak Excel

Autofilter Excel: Panduan Cara Filter Data di Excel

Cara Agar Membuat Filter Data Pada Kotak Excel

Autofilter adalah salah satu fitur di Microsoft Excel yang memungkinkan Anda untuk menampilkan hanya data yang Anda inginkan di dalam laporan atau tabel. Ini sangat berguna untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan dalam jumlah besar data dan membuat tabel Anda lebih mudah dibaca dan dimengerti. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Autofilter pada Excel

Langkah 1: Pertama, buka file Excel di mana Anda ingin menggunakan autofilter. Klik pada baris atas dari kolom yang ingin Anda filter atau gunakan tombol keyboard Ctrl + Shift + L. Ini akan menandai seluruh kolom di baris atas.

Cara Agar Membuat Filter Data Pada Kotak Excel

Langkah 2: Klik pada tab Data di bagian atas Excel, lalu klik Filter pada grup Sort & Filter. Anda juga bisa menggunakan tombol pintas untuk mengaktifkan autofilter dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Shift + L.

Cara Agar Membuat Filter Data Pada Kotak Excel

Langkah 3: Sekarang kolom yang telah Anda pilih pada baris atas harus memiliki tombol panah kecil (drop-down arrow).Klik tombol panah kecil pada kolom yang ingin Anda filter. Ini akan menampilkan daftar semua nilai dalam kolom tersebut. Anda kemudian dapat memilih item tertentu yang ingin Anda lihat dari daftar atau pilih semuanya dengan mengklik Select All. Klik OK untuk menampilkan hasil autofilter.

Baca Juga :  Cara Mencari Data Berdasarkan Tanggal Dan Nama Di Excel

Cara Agar Membuat Filter Data Pada Kotak Excel

Fungsi FILTER pada Microsoft Excel

Fungsi FILTER pada Microsoft Excel

Selain autofilter, Microsoft Excel juga menyediakan fungsi FILTER yang dapat membantu Anda untuk memperoleh hasil yang lebih spesifik dalam database besar.

Cara Menggunakan Fungsi FILTER pada Excel

Langkah 1: Pertama, buka file Excel di mana database besar Anda disimpan dan klik pada sel mana pun di mana Anda ingin melampirkan data hasil filter.

Fungsi FILTER pada Microsoft Excel

Langkah 2: Ketikkan fungsi FILTER, lalu masukkan rentang sel atau nama tabel yang akan difilter. Setelah itu, masukkan kondisi atau kriteria yang ingin Anda gunakan dalam filter. Ini dapat berupa rentang tanggal, rentang angka, atau rentang nilai lainnya. Sebagai contoh, filter dapat dibuat untuk menunjukkan nominal pada kolom G yang lebih besar dari 1000.

Fungsi FILTER pada Microsoft Excel

Langkah 3: Setelah Anda memasukkan kriteria filter, tekan Enter pada keyboard. Ini akan menghasilkan data yang difilter dalam sel yang Anda pilih di langkah pertama.

Cara Membuat Filter Instagram (IG) di HP Dengan Mudah 2022

Cara Membuat Filter Instagram (IG)

Cara membuat filter di Instagram adalah suatu hal yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Anda dapat membuat filter sendiri di Instagram dan juga menggunakannya dengan mudah di smartphone Anda. Dalam artikel kali ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah membuat filter Instagram dengan mudah.

Langkah-langkah Membuat Filter Instagram

Langkah 1: Pertama, Anda perlu mengunduh Spark AR Studio dari situs web Facebook. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat filter Instagram.

Cara Membuat Filter Instagram (IG)

Langkah 2: Setelah Anda mengunduh aplikasi Spark AR Studio, buka aplikasi dan klik Create Project.

Langkah 3: Pilih jenis filter yang ingin Anda buat, misalnya filter wajah atau filter lingkungan.

Langkah 4: Lanjutkan dengan memilih objek yang ingin Anda tambahkan ke filter Anda, seperti efek suara atau efek pencahayaan.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Garis Dan Batang Excel 2010

Langkah 5: Setelah Anda menambahkan semua efek yang Anda inginkan ke filter Anda, klik Save dan Publish untuk menyimpan filter itu ke dalam katalog Spark AR. Kemudian, unduh filter Instagram Anda.

Cara Membuat Filter Instagram (IG)

FAQ

Berikut adalah 2 pertanyaan dan jawaban untuk membantu lebih memahami tentang penggunaan autofilter dan membuat filter Instagram di HP:

1. Apa itu fungsi autofilter pada Microsoft Excel?

Jawaban: Autofilter pada Microsoft Excel adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menampilkan hanya data tertentu dalam tabel atau laporan yang Anda buat. Ini sangat berguna jika Anda ingin mencari nilai tertentu atau membuat tabel lebih mudah dibaca dan dimengerti.

2. Apakah mungkin membuat filter Instagram di HP saya?

Jawaban: Ya, Anda dapat membuat filter Instagram di HP Anda dengan menggunakan aplikasi Spark AR Studio yang tersedia di situs web Facebook.