CARA MEMBUAT LINK EXCEL

Pertama-tama kita perlu memahami tentang Excel dan Word. Excel adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sementara Word adalah program pengolah kata yang juga dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Dalam kebanyakan kasus, penggunaan Excel dan Word terkait erat satu sama lain. Misalnya, penggunaan mail merge yang memungkinkan pengguna untuk membuat surat dengan menggunakan data dari Excel.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat link antara Excel dan Word. Ini akan berguna karena memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memperbarui data yang terkait dalam dokumen Word. Terlebih lagi, cara membuat link antara Excel dan Word juga memudahkan pengguna untuk membuat laporan atau dokumen yang berisi data yang diperbarui secara otomatis.

Sebelum kita membahas tentang cara membuat link antara Excel dan Word, kita harus memahami terlebih dahulu tentang hyperlink. Hyperlink adalah tautan yang digunakan untuk menghubungkan dua lokasi yang berbeda dalam dokumen yang sama atau dokumen yang berbeda. Hyperlink dapat berisi teks, gambar, atau obyek lain yang dapat dipilih oleh pengguna untuk memulai tautan.

CARA MEMBUAT LINK EXCEL

Cara Membuat Hyperlink di Excel

Langkah pertama dalam membuat link antara Excel dan Word adalah dengan membuat hyperlink di Excel. Berikut adalah cara membuat hyperlink di Excel:

1. Pertama, klik sel atau objek yang ingin dibuat hyperlink
2. Selanjutnya, klik “Insert” di menu bar atas
3. Pilih “Hyperlink” dan ikon “Hyperlink” akan muncul
4. Ketik URL atau pilih file yang ingin di hyperlink
5. Klik “OK”

Baca Juga :  cara membuat mailing dari word ke excel Cara mail merge gambar dari excel ke word

Setelah membuat hyperlink di Excel, selanjutnya adalah membuat dokumen Word yang terkait dengan hyperlink tersebut.

Cara Membuat Dokumen Word yang Terkait dengan Hyperlink

Langkah selanjutnya adalah membuat dokumen Word yang terkait dengan hyperlink yang sudah dibuat di Excel. Berikut adalah cara membuat dokumen Word yang terkait dengan hyperlink:

1. Buka dokumen Word yang ingin dibuat hyperlink
2. Klik pada tempat di dokumen di mana hipertautan akan dimasukkan
3. Klik “Insert” di menu bar atas
4. Pilih “Hyperlink”
5. Pada bagian atas jendela “Insert Hyperlink”, pilih “Existing File or Web Page”
6. Arahkan ke file yang terkait dengan hyperlink Excel yang sudah dibuat
7. Klik “OK”

Setelah membuat dokumen Word yang terkait dengan hyperlink dari Excel, selanjutnya adalah memperbarui data di Excel sehingga terbukti bahwa dokumen Word yang terkait dengan hyperlink juga diperbarui.

Memperbarui Data di Dokumen Word yang Terkait dengan Hyperlink

Untuk memperbarui data di dokumen Word yang terkait dengan hyperlink Excel, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka dokumen Word yang terkait dengan hyperlink Excel
2. Klik dua kali pada hyperlink yang ingin diperbarui
3. Excel workbook yang terkait dengan hyperlink akan terbuka
4. Perbarui data di Excel
5. Simpan perubahan di Excel
6. Kembali ke dokumen Word
7. Klik pada hyperlink yang ingin diperbarui
8. Perbarui hyperlink dengan data yang baru

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, data di dokumen Word yang terkait dengan hyperlink Excel dapat diperbarui dengan mudah.

FAQ

1. Apakah bisa membuat hyperlink di Word?
Ya, hyperlink juga dapat dibuat di dokumen Word. Caranya sama seperti di Excel, yaitu dengan mengklik “Insert” di menu bar atas dan memilih “Hyperlink”.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT REKAM MEDIS DENGAN EXCEL

2. Apakah bisa membuat link antar sheet di Excel?
Ya, link antar sheet di Excel memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berpindah antara lembar kerja atau sheet. Caranya adalah dengan mengetik tanda sama dengan (=) lalu klik pada sel yang ingin di-link ke sheet lain.

Dengan cara membuat link antara Excel dan Word, pengguna dapat dengan mudah membuat dokumen Word yang terkait dengan data yang ada di Excel dan memperbarui dokumen Word dengan data yang diperbarui secara otomatis. Selain itu, pengguna juga dapat membuat link antar sheet di Excel untuk memudahkan navigasi dan mengekspresikan data dengan lebih mudah.