Cara Membuat Raport Smk K13 2018 Revisi Menggunakan Excel

Pada era digital seperti saat ini, membuat raport atau nilai penilaian siswa sudah tidak lagi mengandalkan kertas dan pensil, tapi sudah bisa dilakukan secara digital. Raport digital adalah cara terbaru dalam membuat raport yang dilakukan dengan menggunakan teknologi. Seiring berkembangnya era digital, raport digital semakin banyak diminati oleh para guru dan orang tua siswa.

Namun, masih banyak guru dan orang tua siswa yang belum mengetahui cara membuat raport digital. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang cara membuat raport digital menggunakan Excel dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat raport digital.

Pertama-tama, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum membuat raport digital. Pertama, pastikan Excel Anda sudah terinstal di komputer atau laptop Anda. Kedua, tentukan jenis raport yang akan dibuat, apakah raport pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Karena setiap jenis raport mempunyai format yang berbeda-beda.

Setelah persiapan selesai, langkah-langkah untuk membuat raport digital sebagai berikut:

1. Buat file baru di Excel dengan klik tombol Office, kemudian klik New, kemudian pilih Blank Workbook.

2. Siapkan data siswa, seperti Nama, NIS, Kelas, semester dan mata pelajaran yang akan diinput ke dalam raport.

3. Buat struktur raport sesuai dengan kebutuhan. Struktur raport adalah desain atau format yang akan digunakan sebagai layout raport, pada awal pembuatan struktur raport baru, gunakan layout sederhana terlebih dahulu agar mudah memahami langkah-langkah selanjutnya.

4. Input data ke dalam raport. Pastikan data yang diinput sudah benar dan sesuai dengan kebutuhan.

5. Setelah semua data diinput, lakukan pengaturan tampilan raport. Hal ini bertujuan agar tampilan raport terlihat rapih dan menyenangkan saat dilihat.

6. Lakukan Preview raport. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah tampilan raport sudah sesuai dan tidak ada kesalahan.

7. Jika sudah sesuai, simpan raport dengan format yang diinginkan. Pilih format PDF agar hasil raport bisa di print dengan mudah.

Sekarang raport digital sudah berhasil dibuat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat raport digital. Pertama, pastikan data yang diinput benar-benar akurat agar raport yang dihasilkan sesuai dengan kondisi siswa. Kedua, pastikan tampilan raport terlihat menarik dan rapi sehingga bisa membuat siswa atau orang tua merasa senang ketika melihat raport tersebut.

FAQ

Q: Apakah raport digital sudah umum digunakan oleh semua sekolah?
A: Belum, meskipun sudah banyak sekolah yang menggunakan raport digital, namun masih banyak sekolah yang belum menggunakan raport digital.

Q: Bagaimana cara memperbaiki kesalahan ketika sudah menyelesaikan dan menyimpan raport?
A: Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan edit data yang salah, kemudian lakukan preview lagi sebelum menyimpan. Jika sudah yakin 100 % tanpa kesalahan, maka baru simpan dan raport sudah bisa digunakan.

Untuk lebih memahami tentang cara membuat raport digital di Excel, berikut adalah video tutorial yang bisa Anda tonton:

Dalam video ini, dijelaskan langkah-langkah dengan detail tentang cara membuat raport digital menggunakan Excel. Dalam video ini juga disajikan contoh raport digital yang sudah jadi dan bisa Anda unduh untuk digunakan.

Demikianlah artikel tentang cara membuat raport digital menggunakan Excel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para guru dan orang tua siswa. Dengan raport digital, diharapkan proses pembuatan raport bisa menjadi lebih efisien dan efektif.

Baca Juga :  Cara Membuat Daftar Buku Perpustakaan Dengan Excel