Cara membuat pivot table dapat mempermudah anda dalam menganalisis data. Pivot table dapat membantu anda dalam mengurutkan, menghitung dan merangkum data dalam jumlah besar. Dalam tutorial ini, kita akan membahas langkah-langkah cara membuat pivot table menggunakan Microsoft Excel.
Langkah-langkah Membuat Pivot Table
Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat pivot table menggunakan Microsoft Excel:
- Pertama, buka program Microsoft Excel. Kemudian, pilih salah satu sheet yang ingin Anda buat pivot table tersebut.
- Setelah itu, pilih data yang ingin anda masukkan ke dalam pivot table. Anda bisa memilih data tanpa memasukkan data di sel kosong.
- Lalu, pergi ke menu “Insert” di bagian atas layar. Kemudian, klik pada “PivotTable.”
- Pilih range data yang telah Anda pilih sebelumnya di halaman kerja Excel.
- Pilih tempat Anda ingin menempatkan tabel pivot. Anda dapat menempatkan tabel pivot di lokasi yang sama dengan data yang telah Anda pilih atau di halaman kerja Excel yang berbeda
- Jangan lupa untuk mengklik checkbox “Add this Pivot Table to the Data Model” jika Anda ingin menggunakan fitur PivotTable secara lebih efektif. Klik “OK.”
- Setelah itu, akan muncul sebuah sheet kosong dengan daftar bidang pivot di bagian kanan layar.
- Drag dan tarik bidang data yang ingin Anda lihat ke dalam area Value pada Layout tab. Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu bidang data pada area tersebut.
- Drag dan tarik bidang yang ingin Anda analisis ke dalam area Rows dan Columns di Layout tab.
- Jangan lupa untuk mengklik tombol “Refresh” jika Anda mengubah data di halaman kerja Excel dan ingin update hasil pivot table.
Membuat Pivot Chart pada Excel
Selain membuat pivot table, Anda juga dapat membuat pivot chart pada Excel. Pivot chart merupakan grafik yang dapat menyajikan data pivot table dalam bentuk visual. Berikut ini langkah-langkah cara membuat pivot chart pada Excel:
- Pertama, buatlah pivot table seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.
- Lalu, pilih salah satu bidang dalam pivot table dan klik kanan. Kemudian, pilih “Create Pivot Chart.”
- Pilih salah satu jenis grafik yang ingin Anda gunakan di pop-up chart tab dan klik tombol “OK”.
- Setelah itu, akan muncul sebuah pivot chart pada halaman kerja Excel.
- Anda dapat menambahkan judul, sumbu grafik, dan label data pada pivot chart dengan mengklik pada chart tersebut.
Frequently Asked Questions
1. Apa itu pivot table pada Excel?
Pivot table pada Excel adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menganalisis dan merangkum data dalam jumlah besar dengan cepat dan mudah. Pivot table dapat mengurutkan, menghitung, dan merangkum data dan memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan data tersebut dengan cepat. Pivot table sangat berguna untuk pengguna yang ingin mengekstraksi informasi dari data yang sangat besar atau pengguna yang membutuhkan cara yang lebih mudah untuk menganalisis data.
2. Apa keuntungan menggunakan pivot table pada Excel?
Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan pivot table pada Excel:
- Pivot table dapat mempermudah Anda dalam menganalisis data yang jumlahnya besar.
- Pivot table memungkinkan Anda untuk merangkum dan mengurutkan data dengan cepat.
- Pivot table memungkinkan Anda untuk melihat pola dalam data dengan cepat dan mudah.
- Pivot table dapat mengikuti perubahan pada data yang Anda lakukan pada halaman kerja Excel.
Video Tutorial
Berikut ini adalah video tutorial tentang cara membuat pivot table pada Excel: