Membuat No Urut Excel

Mungkin kamu pernah merasa kesulitan untuk membuat nomor urut secara otomatis di program Microsoft Excel. Namun, jangan khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara yang cukup mudah. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Membuat No Urut Excel

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat nomor urut otomatis di Excel:

Cara 1 : Menggunakan Fungsi AutoFill

Fungsi AutoFill di Excel dapat digunakan untuk mengisi rentang sel dengan serangkaian nilai yang membentuk pola tertentu. Untuk membuat nomor urut otomatis menggunakan Fungsi AutoFill, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketik nomor 1 pada sel yang diinginkan
  2. Klik dan tahan mouse di bilah kotak kecil di sudut kanan bawah sel yang berisi nomor 1
  3. Dorong ke bawah atau ke samping sesuai dengan jumlah baris atau kolom yang ingin diisi nomor urut otomatis
  4. Secara otomatis, angka pada sel yang diisi akan diakhiri dengan nomor yang diinginkan

Contoh : Misalkan kamu ingin membuat nomor urut otomatis pada kolom A dari sel A2 hingga sel A11, kamu tinggal ketik angka 1 pada sel A2, lalu “drag” ke bawah pada kotak kecil di kanan bawah sel A11. Maka, nomor urut otomatis akan muncul pada kolom A dari sel A2 hingga A11.

Cara 2: Menggunakan Fungsi ROW

Selain menggunakan Fungsi AutoFill, kamu juga bisa menggunakan Fungsi ROW untuk membuat nomor urut otomatis pada Excel. Fungsi ROW digunakan untuk mengembalikan nomor baris relatif dari referensi sel.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TERBILANG DI EXCEL 2007

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Ketik formula =ROW() pada sel yang diinginkan
  2. KlikEnter, maka nomor urut otomatis akan muncul pada sel dimana formula tersebut diisi
  3. Gunakan fungsi AutoFill untuk mengisi nilai pada sel yang diinginkan sesuai jumlah baris atau kolom yang diinginkan

Contoh : Jika kamu ingin mulai nomor urut pada sel A3 hingga A11, kamu bisa ketik formula =ROW() pada sel A3. Kemudian, gunakan fungsi AutoFill untuk mengisi nomor pada sel A4 hingga A11. Maka, nomor urut otomatis telah selesai dibuat.

Cara 3: Menggunakan Fungsi INDEX

Langkah terakhir adalah menggunakan Fungsi INDEX. Fungsi INDEX memungkinkan kamu untuk mengambil nilai dari sel atau rentang sel dalam tabel. Kamu bisa menggunakan Fungsi INDEX untuk membuat nomor urut otomatis pada Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Ketik formula =INDEX($1:$1,ROW(A1)) pada sel yang diinginkan
  2. Jika kolom pertama digunakan untuk nomor urut, isilah dengan angka 1
  3. Klik Enter
  4. Gunakan fungsi AutoFill untuk mengisi nilai pada sel yang diinginkan sesuai jumlah baris atau kolom yang diinginkan

Contoh : Jika kamu ingin mulai nomor urut pada sel A2 hingga A11, ketik formula =INDEX($1:$1,ROW(A1)) pada sel A2. Lalu, gunakan fungsi AutoFill untuk mengisi nomor pada sel A3 hingga A11. Dengan begitu, nomor urut otomatis sudah berhasil dibuat.

FAQ

Untuk membantu memudahkan pemahaman kamu dalam membuat nomor urut otomatis pada Excel, berikut adalah pertanyaan seputar pembuatan nomor otomatis di Excel.

1. Bagaimana cara membuat nomor urut di Excel dengan bantuan VBA?

Cara membuat nomor urut otomatis menggunakan bantuan VBA cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Excel dan tekan “Alt + F11” untuk membuka Visual Basic Editor
  2. Akan muncul jendela “Microsoft Visual Basic for Applications” , di bagian kiri, klik pada “Insert” dan pilih “Module”
  3. Selanjutnya, ketikkan kode berikut ini pada modul yang baru kamu buat:
Function nomorUrut() as Integer
Static i as Integer
i = i + 1
nomorUrut = i
End Function
  1. Kemudian, klik pada “Save As” dan beri nama file VBA dengan format “Excel Macro-Enabled Workbook (*. xlsm)” atau “Excel Macro-Enabled Template (*. xltm)”
  2. Jika ingin menggunakan fungsi nomorUrut, buatlah lembar kerja baru dan ketikkan fungsi nomorUrut pada sel yang Anda inginkan
  3. Gunakan fungsi AutoFill untuk mengisi nomor pada sel yang diinginkan sesuai jumlah baris atau kolom yang diinginkan
  4. Nomor urut terbentuk dengan otomatis.
Baca Juga :  CARA BUAT DATA REKAM MEDIS MENGGUNAKAN EXCEL

2. Apakah membuat nomor urut otomatis dapat menghemat waktu?

Tentu saja! Dengan menggunakan fungsi AutoFill atau Fungsi ROW pada Excel, kamu bisa menghemat waktu dalam pembuatan nomor urut otomatis. Tidak perlu secara manual memasukkan nomor pada setiap baris atau kolom secara berulang untuk setiap data. Dengan membuat nomor otomatis, kamu bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dan hemat waktu.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat nomor urut otomatis pada Excel. Dengan memahami cara-cara tersebut, kamu akan lebih mudah dan cepat membuat nomor urut otomatis pada Excel ketika sedang membuat berbagai macam tabel, database, atau daftar.