Cara Membuat 2 Garis Dalam Satu Kolom Di Excel

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa cara yang berguna dalam penggunaan software Microsoft Excel dan Microsoft Word untuk membantu memudahkan pekerjaan Anda sehari-hari. Kami akan menunjukkan cara menggabungkan kolom pada Excel, menggabungkan file Excel menjadi satu sheet, menambahkan huruf pada Excel, membuat garis tengah pada Excel, dan cara membuat beberapa halaman dalam satu lembar pada Word.

Menggabungkan Kolom Pada Excel

Menggabungkan kolom pada Excel sangat berguna ketika kita ingin menjadikan beberapa kolom yang berbeda menjadi satu kolom saja. Selain itu, menggabungkan kolom pada Excel juga bisa dipakai untuk menggabungkan kolom yang harus mejadi satu unit, misalnya dijadikan sebagai judul kolom. Berikut langkah-langkah cara menggabungkan kolom pada Excel:

  • Pilih seluruh kolom yang akan digabungkan.
  • Klik kanan pada salah satu kolom yang dipilih, dan klik “Format Cells”.
  • Pada tab “Alignment”, pilih “Center Across Selection” pada box “Horizontal”.
  • Tekan “OK”, dan kolom sudah tergabung.

Cara Membuat 2 Garis Dalam Satu Kolom Di Excel

Menggabungkan File Excel Menjadi Satu Sheet

Bagi yang sering bekerja dengan file Excel, mungkin seringkali menemukan masalah dengan banyaknya file Excel yang harus dikerjakan. Nah, dengan menggabungkan file Excel menjadi satu sheet saja, maka pekerjaan Anda akan semakin mudah. Berikut langkah-langkah cara menggabungkan file Excel menjadi satu sheet:

  • Buka file Excel pertama yang akan digabungkan.
  • Pilih seluruh cell pada workbook pertama (tekan ctrl + A).
  • Klik kanan pada cell yang dipilih, dan pilih “Copy”.
  • Buka file Excel kedua yang akan digabungkan.
  • Pada sheet ke-2, klik pada cell A1.
  • Pilih “Paste”.
  • Lalu seluruh cell pada sheet ke-1 akan ditampilkan pada sheet ke-2.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut untuk menggabungkan file Excel yang lain.
Baca Juga :  Bagaimana Membuat Diagram Dari Excel Dipindahkan Ke Word

menggabungkan file Excel menjadi satu sheet

Cara Menambah Huruf Pada Excel

Dalam pekerjaan yang menggunakan Excel, seringkali Anda harus menambahkan huruf pada sheet Excel tersebut. Misalnya, menambahkan huruf “Rp.” pada kolom harga. Berikut langkah-langkah cara menambah huruf pada Excel:

  • Pilih seluruh cell yang ingin ditambah hurufnya.
  • Di atas sheet Excel terdapat bar yang menunjukkan sel aktif. Pada bar itu, ketik huruf atau simbol yang ingin ditambahkan pada seluruh cell yang dipilih.
  • Tekan “Enter”, dan seluruh cell akan ditambah huruf.

Cara Membuat Garis Tengah Pada Excel

Serupa dengan langkah-langkah sebelumnya, membuat garis tengah pada Excel juga cukup mudah. Berikut langkah-langkah cara membuat garis tengah pada Excel:

  • Pilih seluruh cell yang ingin dibuat garis tengahnya.
  • Pilih menu “Font”, lalu centang opsi “Strikethrough”.
  • Tekan “OK”, dan seluruh cell akan memiliki garis tengah.

membuat garis tengah pada Excel

Cara Membuat Beberapa Halaman Dalam Satu Lembar Pada Word

Berikut cara membuat beberapa halaman dalam satu lembar pada Word:

  • Buka dokumen Word yang akan digabungkan.
  • Pilihlah bagian dokumen yang akan digabungkan sebelum digabungkan menjadi satu lembar.
  • Klik menu “Page Layout”, lalu pilih “Columns”.
  • Pilih opsi “Two” untuk membuat dua kolom dalam satu halaman.
  • Tambahkan isian pada halaman pertama, lalu klik “Page Break” pada bagian selanjutnya yang menjadi satu lembar pada bagian bawah halaman.
  • Setelah menggunakan “Page Break”, maka selanjutnya akan jadi kolom berikutnya.

membuat beberapa halaman dalam satu lembar pada Word

FAQ

1. Apakah ada cara lain yang lebih efisien untuk menggabungkan file Excel menjadi satu sheet?

Ya, ada cara lain yang lebih efisien untuk menggabungkan file Excel menjadi satu sheet. Yaitu dengan cara menggunakan fungsi “Consolidate” pada Excel.

2. Apakah bisa membuat beberapa halaman dalam satu lembar pada Excel?

Tidak, tidak mungkin membuat beberapa halaman dalam satu lembar pada Excel. Akan tetapi, Anda bisa mencetak beberapa lembaran pada satu kertas untuk memudahkan Anda saat memilah dan membandingkan data.

Baca Juga :  Cara Menghitung Aging Piutang Di Excel

Video Tutorial