Membuat Laporan Penjualan Excel

Apakah Anda sedang mencari tutorial tentang cara membuat laporan penjualan menggunakan Microsoft Excel? Anda sudah berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat laporan penjualan menggunakan aplikasi spreadsheet terpopuler di dunia, Microsoft Excel.

1. Laporan Penjualan Pulsa Excel – Journal Pdf

Membuat Laporan Penjualan Excel

Salah satu jenis laporan penjualan yang umumnya dibuat menggunakan Microsoft Excel adalah laporan penjualan pulsa. Anda bisa belajar bagaimana cara membuat laporan penjualan pulsa menggunakan Excel dengan menonton video tutorial di atas. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Microsoft Excel di komputer.
  2. Buat tabel baru dengan cara klik tab “Insert” dan pilih “Table”.
  3. Isi kolom pada tabel dengan informasi transaksi penjualan pulsa. Kolom yang biasanya ada pada tabel laporan penjualan pulsa meliputi tanggal, jenis pulsa, nominal pulsa, harga jual, dan margin keuntungan.
  4. Pilih seluruh tabel dengan cara klik pada kotak di ujung kiri atas tabel.
  5. Klik tab “Insert” dan pilih “Chart”. Pilih jenis chart yang sesuai untuk laporan penjualan pulsa Anda, misalnya “Column Chart”.
  6. Buat chart yang sesuai dengan data pada tabel. Anda bisa menyesuaikan ukuran chart dan warna yang diinginkan.
  7. Simpan laporan penjualan pulsa dalam bentuk file Excel atau PDF.

2. Cara Membuat Laporan Penjualan Bulanan di Excel | Menggunakan Button

Cara Membuat Laporan Penjualan Bulanan di Excel | Menggunakan Button

Selain laporan penjualan pulsa, laporan penjualan bulanan juga sering dibuat menggunakan Microsoft Excel. Namun, untuk membuat laporan penjualan bulanan yang memiliki banyak data, biasanya menggunakan fitur “Button” untuk memudahkan user dalam memfilter data. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Microsoft Excel di komputer.
  2. Buat tabel baru dengan cara klik tab “Insert” dan pilih “Table”.
  3. Isi kolom pada tabel dengan informasi transaksi penjualan bulanan. Kolom yang biasanya ada pada tabel laporan penjualan bulanan meliputi tanggal, total penjualan, jumlah produk terjual, dan total keuntungan.
  4. Tambahkan kolom baru dengan nama “Bulan”.
  5. Isi kolom “Bulan” dengan formula =TEXT([tanggal],”mmm-yyyy”), dimana [tanggal] merupakan kolom tanggal pada tabel.
  6. Pilih seluruh tabel dengan cara klik pada kotak di ujung kiri atas tabel.
  7. Klik tab “Insert” dan pilih “Button”.
  8. Buat button “Filter” dan atur macro nya dengan cara klik kanan pada button, pilih “Assign Macro”.
  9. Pilih “New” untuk membuat macro baru.
  10. Ketik kode VBA berikut: Sub FilterData() ActiveSheet.ListObjects(“Table1″).Range.AutoFilter Field:=5, Criteria1:=”=””” & [B2] & “””” End Sub
  11. Simpan macro tersebut, lalu kembali ke file Excel.
  12. Ketik rumus COUNTIF pada kolom “Jumlah Produk Terjual”, dan SUM pada kolom “Total Penjualan” dan “Total Keuntungan”.
  13. Tambahkan chart pada laporan penjualan bulanan.
  14. Simpan laporan penjualan bulanan dalam bentuk file Excel atau PDF.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini digunakan untuk mengolah data dan membuat laporan yang mudah dibaca dan diatur.

2. Apa keuntungan menggunakan Excel dalam membuat laporan penjualan?

Keuntungan menggunakan Excel dalam membuat laporan penjualan adalah terdapat banyak fitur dan fungsi yang memudahkan pengguna dalam menganalisis dan memproses data. Selain itu, Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik dan chart yang detail dan terlihat profesional secara otomatis.

Baca Juga :  BAGAIMANA CARA PRINT FILE EXCEL AGAR TIDAK TERLIHAT KECIL

Video Tutorial Laporan Penjualan menggunakan Excel

Demikian tutorial tentang cara membuat laporan penjualan menggunakan Microsoft Excel. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola data penjualan. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan menggunakan Excel dengan terus berlatih dan mencoba fitur baru yang ada.