Membuat Desimal Di Excel

Pilar – Cara Mengubah Angka Menjadi Desimal di Excel

Excel adalah program spreadsheet yang paling populer di seluruh dunia. Hampir setiap orang telah menggunakannya setidaknya sekali dalam hidup mereka, baik itu untuk keperluan bisnis, akademis, atau bahkan hanya untuk menghitung angka dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fitur-fitur yang cepat dan efisien, Excel memudahkan pengguna untuk menghitung angka, membuat grafik, dan menganalisis data dalam waktu yang cukup singkat.

Namun, ada beberapa kasus di mana Excel dapat terasa sedikit sulit dipahami, salah satunya adalah ketika pengguna ingin mengubah angka menjadi desimal. Hal ini dapat terjadi ketika pengguna ingin mengubah angka yang dihasilkan oleh suatu formula atau ketika pengguna ingin memasukkan angka dengan beberapa angka di belakang koma. Sebenarnya, mengubah angka menjadi desimal di Excel tidaklah terlalu sulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengubah angka menjadi desimal di Excel.

Cara mengubah angka menjadi desimal di Excel

1. Menggunakan Format Cell

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengubah angka menjadi desimal di Excel adalah dengan menggunakan format cell. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Pilih sel atau range sel yang ingin Anda ubah menjadi format desimal.
b. Klik kanan pada sel atau range sel tersebut dan pilih Format Cells.
c. Pilih kategori Number dan klik pada pilihan Number di daftar kategori.
d. Setelah itu, di bagian Decimal Place, tentukan jumlah angka desimal yang diinginkan.
e. Klik OK untuk menerapkan format desimal pada sel atau range sel yang dipilih.

2. Menggunakan Fungsi ROUND

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan fungsi ROUND. Fungsi ROUND akan membulatkan nilai angka pada koma tertentu tergantung pada nilai desimal yang Anda tentukan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Ketik formula =ROUND(angka, jumlah_desimal) pada sel yang kosong.
b. Ganti angka dengan nomor yang ingin Anda ubah menjadi desimal.
c. Ganti jumlah_desimal dengan jumlah desimal yang diinginkan.
d. Tekan Enter untuk menyelesaikan.

Contoh penggunaan fungsi ROUND:

Jika Anda ingin mengubah angka 5 menjadi 5,00 dengan dua desimal, ketik formula =ROUND(5,2) pada sel tersebut. Hasilnya akan menjadi 5,00.

3. Menggunakan Fungsi FIXED

Cara ketiga yang dapat dilakukan untuk mengubah angka menjadi desimal di Excel adalah dengan menggunakan fungsi FIXED. Fungsi FIXED akan mengembalikan nilai angka yang sama dengan nilai angka asli tetapi dengan jumlah digit desimal yang ditentukan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Ketik formula =FIXED(angka, jumlah_desimal) pada sel yang kosong.
b. Ganti angka dengan nomor yang ingin Anda ubah menjadi desimal.
c. Ganti jumlah_desimal dengan jumlah desimal yang diinginkan.
d. Tekan Enter untuk menyelesaikan.

Contoh penggunaan fungsi FIXED:

Jika Anda ingin mengubah angka 7 menjadi 7,00 dengan dua desimal, ketik formula =FIXED(7,2) pada sel tersebut. Hasilnya akan menjadi 7,00.

Penghilangan Desimal di Excel

Terkadang, video atau laporan keuangan memerlukan angka bulat, yaitu tanpa desimal. Excel dapat menghilangkan angka desimal dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan fungsi INT, yang akan memotong angka desimal dan menghasilkan angka bulat.

1. Menggunakan Fungsi INT

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Ketik formula =INT(angka) pada sel yang kosong.
b. Ganti angka dengan nomor yang ingin Anda ubah dan hilangkan desimalnya.
c. Tekan Enter untuk menyelesaikan.

Contoh:

Jika Anda ingin menghilangkan angka desimal dari 3,215 dan mempromosikannya menjadi bilangan bulat, ketik =INT(3,215). Hasilnya akan menjadi 3.

2. Mengubah Format Cell

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Pilih sel atau range sel yang ingin diubah formatnya.
b. Klik kanan pada sel atau range sel tersebut dan pilih Format Cells.
c. Pilih kategori Number dan klik pada pilihan Number di daftar kategori.
d. Pada kotak Decimal Place, masukkan angka nol (0).
e. Klik OK untuk menerapkan format ke sel atau range sel yang dipilih.

Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL KEMARIN DI LAPTOP

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika angka desimalnya tidak diubah setelah menggunakan salah satu dari tiga cara mengubah di atas?

Jika angka desimal tidak berubah setelah menggunakan salah satu dari tiga cara di atas, pastikan bahwa sel atau range sel yang ingin Anda ubah formatnya memang dipilih. Selain itu, pastikan bahwa jumlah desimal yang diatur adalah jumlah yang diinginkan.

2. Apa fungsi dari FIXED dan ROUND dalam Excel?

Fungsi FIXED dan ROUND dalam Excel digunakan untuk mengubah angka menjadi desimal. Keduanya memungkinkan pengguna memilih berapa banyak digit desimal yang ingin ditampilkan. Fungsi ROUND membulatkan angka ke digit desimal tertentu sedangkan fungsi FIXED menampilkan angka dengan digit desimal yang diinginkan.

Video Tutorial Cara Mengubah Angka Menjadi Desimal di Excel

Berikut adalah video tutorial cara mengubah angka menjadi desimal di Excel:

[Video URL]

Kesimpulan

Mengubah angka menjadi desimal di Excel dapat dilakukan dengan mudah menggunakan format cell, fungsi ROUND, atau fungsi FIXED. Selain itu, menghilangkan desimal dari angka juga dapat dilakukan dengan cepat menggunakan fungsi INT atau dengan mengubah format sel ke angka bulat. Jika Anda mengalami masalah ketika mengubah angka menjadi desimal, pastikan sel atau range sel yang ingin Anda ubah formatnya sudah dipilih dan jumlah desimal yang diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda dapat menonton video tutorial tentang cara mengubah angka menjadi desimal di Excel untuk mendapatkan panduan visual yang lebih baik.