CARA MERUBAH FILE EXCEL DARI MENDATAR KE BAWAH

Cara Merubah File PDF ke Excel adalah sebuah tutorial yang sangat penting bagi orang-orang yang sering bekerja dengan dokumen. PDF (Portable Document Format) adalah format file yang paling banyak digunakan untuk dokumen, baik itu dokumen pribadi maupun dokumen di kantor. Namun, bagi sebagian orang, dokumen dalam bentuk Excel (Microsoft Excel) lebih mudah untuk dikerjakan, karena Excel lebih mengandalkan format tabel dan angka. Nah, untuk mengubah file PDF menjadi Excel, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini cara-cara merubah file PDF ke Excel:

CARA MERUBAH FILE EXCEL DARI MENDATAR KE BAWAH
Cara Merubah File PDF ke Excel Online / Offline (+Gambar) – SemutImut

Salah satu cara merubah file PDF ke Excel adalah dengan menggunakan software yang khusus untuk mengubah format dokumen. Namun, software tersebut biasanya berbayar. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli software tersebut, maka Anda bisa menggunakan cara yang lebih hemat yakni dengan cara merubah file PDF ke Excel secara online. Berikut ini cara-cara merubah file PDF ke Excel secara online:

1. Mengubah File PDF ke Excel dengan Menggunakan Smallpdf

Smallpdf adalah sebuah web aplikasi yang dapat membantu Anda mengubah format dokumen. Salah satu fitur dari Smallpdf adalah Merubah PDF ke Excel. Berikut ini cara-cara merubah file PDF ke Excel dengan menggunakan Smallpdf:

  1. Buka Smallpdf pada browser.
  2. Klik “Choose Files”, pilih file PDF yang ingin diubah.
  3. Tunggu Smallpdf memproses file PDF tersebut.
  4. Klik “Download Excel” untuk mengunduh file Excel yang telah diubah dari file PDF.

Setelah proses selesai, Anda bisa membuka file Excel dengan menggunakan Microsoft Excel atau menggunakan software lain yang dapat membuka file Excel.

2. Mengubah File PDF ke Excel dengan Menggunakan Adobe Acrobat Pro DC

Jika Anda sering mengolah dokumen PDF, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Adobe Acrobat Pro DC. Salah satu fitur dari Adobe Acrobat Pro DC adalah kemampuannya untuk mengubah PDF ke Excel. Berikut ini cara-cara merubah file PDF ke Excel dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro DC:

  1. Buka Adobe Acrobat Pro DC pada komputer Anda.
  2. Pilih menu “File” dan klik “Open” untuk membuka file PDF yang ingin diubah.
  3. Pilih menu “Export PDF” dan klik “Microsoft Excel” sebagai format eksport.
  4. Tentukan lokasi penyimpanan file Excel yang telah diubah tersebut.
  5. Klik “Save” untuk menyimpan file Excel yang telah diubah dari file PDF.

Setelah proses selesai, Anda bisa membuka file Excel dengan menggunakan Microsoft Excel atau menggunakan software lain yang dapat membuka file Excel.

List Of Merubah File Pdf Ke Excel References – Satu Trik
List Of Merubah File Pdf Ke Excel References – Satu Trik

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin merubah file PDF ke Excel:

1. Periksa Format Dokumen PDF

Sebelum Anda mengubah file PDF ke Excel, periksa dahulu apakah format dokumen PDF tersebut sudah memenuhi syarat untuk diubah ke format Excel atau tidak. Format dokumen PDF yang bagus untuk diubah ke Excel adalah dokumen yang berisi tabel atau angka, dan bukan dokumen yang berisi teks berupa paragraf dan huruf. Jika dokumen PDF tersebut belum memenuhi syarat tersebut, maka akan sulit untuk mengolah dokumen tersebut dalam format Excel.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Data Double Di Excel

2. Gunakan Software atau Aplikasi yang Terpercaya

Saat Anda ingin mengubah file PDF ke Excel, penting untuk menggunakan software atau aplikasi yang terpercaya. Ada banyak aplikasi atau software gratis yang tersedia di internet, namun tidak semuanya dapat diandalkan dalam mengubah dokumen. Beberapa aplikasi atau software bahkan mengandung virus atau malware yang berpotensi membahayakan komputer Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih software atau aplikasi yang terpercaya sebelum melakukan proses pengubahan.

FAQ

1. Apakah saya harus membayar untuk menggunakan Smallpdf dalam mengubah file PDF ke Excel?

Tidak, Smallpdf dapat digunakan secara gratis. Namun, ada beberapa fitur di dalam Smallpdf yang hanya dapat digunakan apabila Anda menggunakan versi premium.

2. Apakah saya dapat melakukan pengubahan format pada dokumen PDF melalui Microsoft Excel?

Tidak, Microsoft Excel hanya dapat membaca dokumen dalam format Excel. Untuk mengubah format dokumen PDF ke Excel, Anda harus menggunakan software atau aplikasi khusus yang dapat melakukan proses pengubahan.