CARA MERUBAH FILE DARI HTM KE EXCEL

PDF dan Excel adalah dua jenis file yang sering digunakan dalam bisnis maupun kegiatan sehari-hari. Namun, terkadang kita perlu mengubah format file tersebut menjadi format lain agar lebih mudah diakses atau dikelola. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara merubah PDF ke Excel serta cara merubah Word atau Excel ke PDF secara online maupun offline dengan mudah dan cepat.

Cara Merubah PDF ke Excel Online

Merubah PDF ke Excel sangat berguna jika kita ingin mengolah data dalam bentuk tabel dengan lebih mudah dan interaktif. Berikut adalah beberapa website yang menyediakan layanan merubah PDF ke Excel secara online:

  • PDFtoExcel merupakan website yang mudah digunakan dan tidak menampilkan iklan yang mengganggu. Kita hanya perlu mengupload file PDF yang ingin diubah dan klik convert. Selain itu, website ini juga memiliki fitur untuk mengubah PDF ke Word atau CSV.
  • iLovePDF adalah website yang cukup populer dan memiliki banyak fitur, termasuk merubah PDF ke Excel. Selain itu, iLovePDF juga menyediakan layanan untuk mengkompres, menggabungkan, dan membagi file PDF.
  • Free PDF Convert adalah website yang menyediakan layanan merubah PDF ke Excel secara gratis hingga 5 file per hari. Namun, kita harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur tersebut.

Gambar 1. Contoh website PDFtoExcel

CARA MERUBAH FILE DARI HTM KE EXCEL

Meskipun layanan di atas dapat digunakan secara gratis, terdapat batasan pada ukuran file yang dapat diupload. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat menggunakan software atau aplikasi khusus untuk merubah PDF ke Excel offline.

Cara Merubah PDF ke Excel Offline

Beberapa software/popularitas aplikasi yang dapat digunakan untuk merubah PDF ke Excel secara offline antara lain:

  • Adobe Acrobat DC adalah software berbayar yang memiliki fitur lengkap untuk mengolah file PDF, termasuk merubah PDF ke Excel. Namun, Adobe Acrobat DC memerlukan spesifikasi PC yang cukup tinggi dan dibutuhkan lisensi untuk menggunakan fiturnya.
  • Small PDF merupakan aplikasi online dan offline yang dapat digunakan untuk merubah PDF ke Excel. Selain itu, Small PDF juga memiliki fitur untuk mengubah PDF ke Word, PowerPoint, dan JPG.
  • Office to PDF Premium merupakan software berbayar yang menyediakan fitur lengkap untuk mengubah file Office (Word, Excel, dan PowerPoint) ke format PDF. Namun, software ini tidak dapat digunakan untuk mengubah PDF ke Excel atau format lain.

Gambar 2. Contoh aplikasi Small PDF

Contoh aplikasi Small PDF

Demikian cara merubah PDF ke Excel secara online maupun offline dengan mudah dan cepat. Namun, jika kita perlu merubah file Word atau Excel ke PDF, kita dapat menggunakan beberapa website maupun software berikut:

Cara Merubah File Word atau Excel ke PDF Online

Merubah file Word atau Excel ke PDF berguna jika kita perlu mengirim dokumen yang tidak dapat diubah oleh penerima. Berikut adalah beberapa website yang menyediakan layanan merubah file Word atau Excel ke PDF secara online:

  • Small PDF adalah website yang sangat mudah digunakan untuk merubah file Word atau Excel ke PDF. Kita hanya perlu mengupload file yang ingin diubah dan klik convert. Selain itu, website ini juga memiliki fitur untuk mengubah PDF ke Word atau Excel.
  • iLovePDF adalah website yang menyediakan layanan merubah file Word atau Excel ke PDF secara gratis tanpa batasan ukuran file. Selain itu, website ini juga menyediakan layanan untuk mengedit dan menyatukan file PDF.
  • Online2PDF adalah website yang memberikan kemudahan dalam mengubah file Word atau Excel ke PDF. Kita dapat mengubah beberapa file sekaligus dan mengatur kualitas dan resolusi file PDF hasil konversi.
Baca Juga :  CARA MENCARI MODUS DI EXCEL

Gambar 3. Contoh website iLovePDF

Contoh website iLovePDF

Merubah file Word atau Excel ke PDF juga dapat dilakukan secara offline dengan beberapa software atau aplikasi berikut:

Cara Merubah File Word atau Excel ke PDF Offline

Berikut adalah beberapa software/aplikasi yang dapat digunakan untuk merubah file Word atau Excel ke PDF secara offline:

  • Adobe Acrobat DC adalah software berbayar yang memiliki fitur lengkap untuk mengolah file PDF, termasuk merubah file Word atau Excel ke PDF. Namun, Adobe Acrobat DC memerlukan spesifikasi PC yang cukup tinggi dan dibutuhkan lisensi untuk menggunakan fiturnya.
  • Microsoft Print to PDF adalah fitur bawaan pada Windows 10 yang memungkinkan kita untuk mengubah file Word atau Excel ke PDF secara gratis. Kita hanya perlu memilih opsi Print pada file yang ingin diubah, lalu pilih Microsoft Print to PDF sebagai printer. Namun, fitur ini tidak memiliki banyak fitur seperti software berbayar lainnya.
  • Free Excel to PDF Converter adalah software gratis yang dapat digunakan untuk merubah file Excel ke PDF dengan mudah dan cepat. Software ini juga mendukung konversi batch untuk mengubah beberapa file sekaligus.

Gambar 4. Contoh aplikasi Microsoft Print to PDF

Contoh aplikasi Microsoft Print to PDF

Dengan beberapa cara di atas, kita dapat dengan mudah merubah file PDF, Word, atau Excel ke format lainnya. Namun, masih terdapat beberapa pertanyaan umum mengenai konversi file tersebut. Berikut adalah beberapa FAQ mengenai cara merubah file PDF, Word, atau Excel:

FAQ

1. Apakah file yang telah dikonversi akan tetap memiliki format yang sama dengan file aslinya?

Jawaban: Tergantung pada cara dan software/aplikasi yang digunakan. Beberapa software/aplikasi dapat menjaga format dan layout file yang asli, sedangkan beberapa lainnya mungkin akan mengubah sedikit tampilan atau konten file setelah konversi. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan tes atau preview terlebih dahulu sebelum mengirimkan file hasil konversi tersebut.

2. Apakah terdapat batasan ukuran file yang dapat dikonversi?

Jawaban: Ya, kebanyakan website atau aplikasi yang menyediakan layanan konversi file memiliki batasan ukuran file. Namun, batasannya cukup besar, seperti 100MB hingga 5GB tergantung pada website atau aplikasi yang dipilih.

Untuk melihat tutorial lebih jelas seputar cara merubah file PDF, Word, atau Excel, bisa dilihat pada video berikut: