CARA MERUBAH DATA EXCEL HORIZONTAL KE VERTIKAL

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara merubah data dari format vertikal ke horizontal atau sebaliknya dalam Excel. Kita akan membahas cara melakukannya bersama-sama dengan gambar dan ulasan lengkap.

Pertama kita akan memulai dengan cara merubah data dari format vertikal ke horizontal. Hal ini sangat berguna jika kita ingin mengubah data yang bersifat vertikal menjadi horizontal. Misalnya ketika kita memiliki daftar nama karyawan, dan kita ingin mengubahnya menjadi baris untuk setiap kolomnya.

Cara kerja dari cara ini adalah dengan menggunakan fungsi TRANSPOSE pada Excel. Fungsi ini dapat memutar data dari horizontal ke vertikal atau sebaliknya. Untuk memulainya, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka file excel yang ingin kita ubah formatnya.

2. Pilih sel kosong yang akan digunakan sebagai tempat data yang telah di transpose. Pastikan cell ini memiliki ruang yang cukup untuk memuat data.

3. Ketikkan formula TRANSPOSE pada sel kosong tersebut.

4. Pertama kita perlu menentukan rentang data yang akan di transpose. Caranya adalah dengan memilih range data pada file excel kita. Kita dapat menggunakan fungsi Select All, atau memilih dengan mengklik kotak di pojok kiri atas data dan menyeret ke kotak kiri bawah data.

5. Setelah rentang data dipilih, maka kita dapat menutup formula dengan mengetikkan tanda kurung tutup “)” dan menekan tombol enter.

6. Data yang telah di transpose akan ditampilkan pada sel yang telah kita sediakan pada awal, dan kita dapat mengedit format data sesuai dengan kebutuhan.

Contoh dari cara ini dapat dilihat pada gambar berikut ini:

CARA MERUBAH DATA EXCEL HORIZONTAL KE VERTIKAL

Dalam gambar tersebut, kita akan mengambil contoh untuk mengubah data dari satu kolom menjadi beberapa kolom yang lebih banyak. Kita dapat melihat bahwa dengan menggunakan fungsi TRANSPOSE pada Excel, kita dapat dengan mudah merubah data dari format vertikal ke horizontal dengan cepat dan mudah.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang cara merubah data dari format horizontal ke vertikal. Hal ini sangat berguna ketika kita ingin mengubah data yang tersedia dalam format horizontal menjadi format vertikal. Misalnya, ketika kita memiliki banyak data dalam berbagai kolom dan ingin mengubahnya menjadi satu kolom.

Untuk melakukannya, kita dapat menggunakan fungsi CONCATENATE pada Excel. Fungsi ini akan menggabungkan beberapa kolom menjadi satu dan menghasilkan data dalam satu kolom. Ikuti langkah-langkah berikut untuk merubah data horizontal ke vertikal:

1. Buka file excel yang ingin kita ubah formatnya.

2. Pilih cel kosong yang akan digunakan sebagai tempat untuk hasil penggabungan. Pastikan cell ini memiliki ruang yang cukup untuk memuat data.

3. Ketikkan formula berikut pada cell tersebut: “=CONCATENATE(A1,B1,C1,D1)”.

4. Di sini, A1, B1, C1, dan D1 adalah kolom yang ingin kita gabungkan. Kita dapat menyesuaikan kolom mana saja yang perlu digunakan.

5. Setelah formula tersebut dimasukkan, kita dapat menutup formula dengan tanda kurung tutup “)” dan menekan tombol enter.

6. Data yang telah digabung akan ditampilkan pada cell yang telah kita sediakan pada awal, dan kita dapat mengedit format data sesuai dengan kebutuhan.

Contoh cara ini dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Merubah Data dari Horizontal ke Vertikal

Dalam gambar tersebut, kita dapat melihat bahwa data asli terdiri dari beberapa kolom dalam format horizontal. Setelah menggunankan fungsi CONCATENATE pada Excel, data tersebut telah digabung dalam satu kolom dalam format vertikal yang siap untuk digunakan.

FAQ:

1. Apa yang harus dilakukan jika ukuran data yang akan di transpose sangat besar dan memakan waktu yang lama untuk melakukan prosesnya?

Jawab: Jika kita memiliki data yang sangat besar dan butuh waktu yang lama untuk melakukan transformasi, maka kita bisa melakukannya dengan menggunakan fungsi PowerQuery pada Excel. Fungsi ini dapat mengolah data yang sangat besar dengan lebih cepat dan efisien.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Pengukuran Jalan Di Excel

2. Jika saya perlu mengubah banyak data dengan format yang sama, apakah saya perlu mengulang proses yang sama berulang kali?

Jawab: Excel menyediakan fitur untuk merekam macro yang dapat merekam aksi yang kita lakukan pada Excel. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat merekam proses transpose atau penggabungan dan kemudian melakukan eksekusi dengan mengklik tombol saja sehingga dapat menghemat waktu anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara merekam macro pada Excel, silahkan lihat panduan yang tersedia pada situs resmi Microsoft atau tutorial pada situs YouTube.

Video:
Untuk video tentang cara merubah data dari vertikal ke horizontal atau sebaliknya di Excel, dapat dilihat pada video tutorial ini:

[youtube embed=”s1uw6ML2vm4″]

Video tersebut memberikan gambaran tentang cara melakukannya dengan mudah dan cepat dengan menggunakan fungsi TRANSPOSE dan CONCATENATE pada Excel. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan pada video tutorial tersebut dan mencoba sendiri di file Excel anda.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara merubah data dari format vertikal ke horizontal atau sebaliknya di Excel. Dengan menggunakan fungsi TRANSPOSE dan CONCATENATE, kita dapat dengan mudah mengubah format data sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kita juga telah membahas tentang merekam macro pada Excel dan fungsi PowerQuery untuk mengolah data dalam jumlah besar. Semoga informasi yang diberikan dapat berguna bagi anda dalam pekerjaan sehari-hari anda.