Cara Menghitung Persentase Progres Pekerjaan Excel

Mengetahui cara menghitung persentase di Excel adalah keterampilan yang sangat penting dalam dunia bisnis dan industri. Dalam artikel ini, akan dijelaskan dengan detail tentang cara menghitung persentase di Excel dan juga beberapa contoh aplikasinya.

Contoh 1: Rumus Fungsi Excel untuk Menghitung Persentase

Cara Menghitung Persentase Progres Pekerjaan Excel

Ada beberapa rumus fungsi Excel yang bisa digunakan untuk menghitung persentase. Berikut adalah contoh-contoh rumus yang dapat digunakan:

  • =angka*percentage/100
  • =persentase*angka
  • =persentase/100*angka

Misalnya, jika ingin menghitung persentase 20% dari angka 100, maka dapat menggunakan salah satu rumus fungsi di atas. Hasilnya, akan diperoleh nilai 20.

Contoh 2: Menghitung Persentase Peningkatan

Contoh gambar menghitung persentase peningkatan di excel

Salah satu aplikasi penting dari penggunaan persentase di Excel adalah untuk menghitung persentase peningkatan. Contohnya, jika ingin mengetahui persentase kenaikan penjualan dalam satu tahun, maka dapat menggunakan rumus =((nilai baru-nilai lama)/nilai lama)*100.

Misalnya, jika penjualan di tahun pertama adalah 10.000 dan meningkat menjadi 15.000 di tahun kedua, maka dapat menggunakan rumus di atas untuk menghitung persentase kenaikan. Persentase peningkatannya adalah ((15.000-10.000)/10.000)*100, yaitu 50%.

Contoh 3: Menghitung Progres Pekerjaan

Contoh gambar menghitung progres pekerjaan di Excel

Menghitung progres pekerjaan adalah salah satu aplikasi Excel yang penting dalam dunia industri dan konstruksi. Untuk menghitung progres pekerjaan, dapat menggunakan rumus =pengerjaan yang sudah selesai/total pengerjaan. Dalam hal ini, pengerjaan yang sudah selesai dapat diukur berdasarkan persentase yang sudah selesai.

Misalnya, jika total proyek adalah 100%, dan sudah selesai sebanyak 50%, maka dapat digunakan rumus =50/100, yang menghasilkan nilai 0.5. Kemudian, nilai 0.5 dapat dikalikan dengan total bobot pekerjaan untuk menentukan bobot pekerjaan yang telah selesai.

FAQ

1. Apa itu persentase dalam Excel?

Persentase dalam Excel adalah kemampuan untuk menghitung persentase dari angka atau jumlah tertentu menggunakan rumus dan fungsi tertentu. Dengan menggunakan persentase di Excel, dapat menghitung persentase peningkatan, menentukan progres pekerjaan, dan banyak lagi.

2. Apakah rumus persentase di Excel sama dengan rumus di kalkulator?

Secara prinsip, rumus persentase di Excel sama dengan rumus di kalkulator. Namun, rumus yang digunakan di Excel dapat membantu menghitung persentase dari jumlah yang lebih kompleks dan juga memberikan fleksibilitas dalam menghitung persentase dengan persentase yang berbeda-beda.

Baca Juga :  CARA IMPORT DATA DARI WEB KE EXCEL