CARA MENJALANKAN APLIKASI 64 BIT DI WINDOWS 32 BIT

Cara Menjalankan Aplikasi 64-Bit di Windows 32-Bit

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 32-bit, kamu mungkin akan mengalami kesulitan ketika ingin menjalankan aplikasi 64-bit. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah langkah-langkah dan tips penting yang perlu kamu ketahui untuk menjalankan aplikasi 64-bit di sistema operasi Windows 32-bit.

Cara 1: Menggunakan Emulator

Salah satu cara paling populer untuk menjalankan aplikasi 64-bit di Windows 32-bit adalah dengan menggunakan emulator. Emulator ini akan memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi 64-bit di dalam lingkungan virtual yang dapat diinstal di sistem operasi Windows 32-bit kamu.

Step 1: Unduh Emulator

Yang pertama harus kamu lakukan adalah mengunduh emulator yang tersedia. Ada banyak emulator yang tersedia secara gratis di internet seperti VMWare, VirtualBox, dan QEMU. Kamu bisa memilih salah satu emulator yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Step 2: Instal Emulator

Setelah kamu mengunduh emulator, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstalnya. Kamu bisa mengklik tombol ‘Instal’ di halaman pengunduhan emulator yang kamu pilih. Pastikan kamu mengikuti setiap langkah penginstalan emulator yang kamu download.

Step 3: Unduh Aplikasi 64-bit

Ke langkah selanjutnya, kamu harus mengunduh aplikasi 64-bit yang ingin kamu jalankan. Pastikan kamu mengetahui persyaratan sistem untuk menjalankan aplikasi tersebut. Biasanya, persyaratan sistem aplikasi tersebut akan tertera di halaman pengunduhan aplikasi tersebut.

Step 4: Jalankan Aplikasi 64-bit Melalui Emulator

Setelah kamu menginstal emulator dan mengunduh aplikasi 64-bit, tiba saatnya untuk menjalankan aplikasi tersebut melalui emulator. Kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Buka emulator yang sudah kamu instal
  • Pilih opsi untuk membuat mesin virtual baru
  • Atur pengaturan untuk mesin virtual tersebut
  • Simpan pengaturan dan instal mesin virtual baru kamu
  • Buka mesin virtual baru yang sudah kamu instal
  • Instal aplikasi 64-bit di dalam mesin virtual tersebut
  • Sekarang kamu sudah bisa menjalankan aplikasi 64-bit pada sistem operasi Windows 32-bit kamu

Cara 2: Menggunakan Mode Kompatibilitas

Jika kamu tidak ingin menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi 64-bit di Windows 32-bit kamu, kamu juga bisa menggunakan mode kompatibilitas. Ini adalah mode khusus yang dapat kamu gunakan untuk mengubah cara aplikasi bekerja pada sistem operasi Windows 32-bit. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan mode kompatibilitas.

Step 1: Klik Kanan Pada Aplikasi

Pada aplikasi 64-bit yang ingin kamu jalankan, kamu harus melakukan klik kanan pada aplikasi tersebut. Kemudian, pilih opsi ‘Properties’.

Step 2: Pilih Opsi Kompatibilitas

Pada halaman ‘Properties’, kamu harus memilih opsi ‘Compatibility’. Opsi ini akan memungkinkan kamu untuk mengubah cara aplikasi bekerja pada sistem operasi Windows 32-bit kamu.

Step 3: Aktifkan Opsi Mode Kompatibilitas

Pada halaman ‘Compatibility’, kamu harus memeriksa opsi ‘Run this program in compatibility mode for’. Setelah itu, kamu harus memilih opsi ‘Windows 7’ atau ‘Windows 8’ dari opsi yang tersedia. Kamu juga bisa mencoba untuk memilih opsi lain jika opsi tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Step 4: Simpan Pengaturan Kompatibilitas

Setelah kamu memilih mode kompatibilitas yang sesuai, jangan lupa untuk menekan tombol ‘Apply’ dan ‘Ok’ pada halaman ‘Properties’. Pengaturan kompatibilitas kamu akan disimpan dan kamu bisa langsung mencoba untuk menjalankan aplikasi 64-bit pada sistem operasi Windows 32-bit kamu.

Baca Juga :  CARA INSTALL PRINTER EPSON LX 310 DI WINDOWS XP

Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ingin menjalankan aplikasi 64-bit di Windows 32-bit, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui atau pertimbangkan. Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan saat menjalankan aplikasi 64-bit di Windows 32-bit.

Sistem Operasi Windows 32-bit Tidak Mendukung Aplikasi 64-bit

Sistem operasi Windows 32-bit tidak didesain untuk mendukung aplikasi 64-bit secara langsung. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan emulator atau mode kompatibilitas untuk menjalankan aplikasi tersebut pada sistem operasi Windows 32-bit. Saat memilih emulator, pastikan kamu menggunakan emulator yang memenuhi persyaratan untuk menjalankan aplikasi 64-bit yang ingin kamu jalankan.

Melakukan Instalasi Aplikasi 64-bit pada Mesin Virtual

Saat menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi 64-bit pada sistem operasi Windows 32-bit, kamu harus menginstal aplikasi tersebut pada mesin virtual yang kamu buat. Pastikan kamu memiliki cukup ruang penyimpanan untuk menginstal aplikasi tersebut pada mesin virtual. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki persyaratan sistem yang cukup untuk menjalankan aplikasi tersebut pada mesin virtual kamu.

Kompatibilitas Tidak Selalu Menjamin Kesuksesan

Meskipun kamu menggunakan mode kompatibilitas untuk menjalankan aplikasi 64-bit pada sistem operasi Windows 32-bit kamu, itu tidak selalu menjamin kesuksesan. Beberapa aplikasi mungkin tidak bekerja dengan baik pada mode kompatibilitas. Oleh karena itu, kamu perlu mencoba lebih dari satu opsi untuk menjalankan aplikasi tersebut pada sistem operasi Windows 32-bit kamu.

FAQ

Q: Apa itu aplikasi 64-bit?

A: Aplikasi 64-bit adalah jenis aplikasi yang dirancang untuk diinstal pada sistem operasi 64-bit. Aplikasi tersebut dirancang untuk memanfaatkan kekuatan dan kemampuan dari sistem operasi 64-bit.

Q: Apa saja persyaratan sistem untuk menjalankan aplikasi 64-bit?

A: Persyaratan sistem untuk menjalankan aplikasi 64-bit dapat bervariasi. Namun, beberapa persyaratan umum untuk menjalankan aplikasi 64-bit termasuk sistem operasi 64-bit, CPU 64-bit, dan memori RAM yang cukup. Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem aplikasi yang ingin kamu jalankan sebelum mengunduh atau menginstal aplikasi tersebut.

Video Tutorial: Cara Menjalankan Aplikasi 64-bit di Windows 32-bit