Cara Menginner Joinkan Data Acak Di Excel





Artikel Pilar: Mengenal Lebih Jauh Tentang Excel


Mengenal Lebih Jauh Tentang Excel

Siapa yang belum pernah mendengar tentang Microsoft Excel? Ya, program pengolah data satu ini memang sering dipakai di kantor, sekolah, ataupun di rumah. Banyak sekali fitur yang tersedia di Excel yang mempermudah penggunanya dalam menghitung, menginput, dan mengolah data. Namun, masih banyak yang belum menguasai seluruh fitur di Excel. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Excel lebih dalam lagi.

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad, Kelas, Tanggal

Salah satu fitur di Excel yang sering digunakan adalah mengurutkan data. Terkadang kita memiliki data yang belum terurut dan perlu diurutkan supaya lebih rapi dan mudah dibaca. Ada beberapa cara untuk mengurutkan data di Excel, di antaranya:

1. Mengurutkan Data Berdasarkan Abjad

Apabila kita memiliki data nama orang dalam satu kolom dan ingin mengurutkannya berdasarkan huruf pertama dari nama tersebut, maka kita bisa menggunakan fitur A-Z Sorting. Berikut caranya:

Pertama, pilih kolom yang akan diurutkan. Klik pada bagian kolom tersebut. Kemudian, klik tombol A-Z Sorting yang terletak pada tab Home > sort & filter. Data akan diurutkan secara ascending, yaitu dari huruf paling kecil terlebih dahulu.

Cara Menginner Joinkan Data Acak Di Excel

Gambar 1. Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad, Kelas, Tanggal

Kita juga bisa mengurutkan secara descending, yaitu dari huruf terbesar terlebih dahulu. Caranya sama, hanya saja kita akan mengklik tombol Z-A Sorting.

2. Mengurutkan Data Berdasarkan Kelas

Sering kali kita perlu mengelompokkan data berdasarkan suatu kategori, terutama dalam data sekolah atau kampus seperti kelas atau jurusan. Cara mengurutkan data berdasarkan kelas di Excel cukup mudah, yaitu:

Pertama, pilih kolom yang akan diurutkan. Klik pada bagian kolom tersebut. Kemudian, klik tombol Sort & Filter pada tab Home > filter. Data akan ditampilkan dengan filter pada kolom yang kita klik. Selanjutnya, klik nama kolom lain yang bersangkutan dengan data berdasarkan kelas. Misalnya kolom nama yang berisi nama-nama siswa, maka kolom kelas bisa berisi kelas-kelas siswa. Setelah itu, pilih Tombol A-Z Sorting lagi dan data akan diurutkan berdasarkan kelas.

3. Mengurutkan Data Berdasarkan Tanggal

Sering kali kita perlu mengurutkan data berdasarkan tanggal, terutama pada data yang menyangkut waktu. Cara mengurutkan data berdasarkan tanggal di Excel cukup mudah, yaitu:

Pertama, pilih kolom yang akan diurutkan. Klik pada bagian kolom tersebut. Kemudian, klik tombol Sort & Filter pada tab Home > filter. Pada menu dropdown, pilih Filter by date. Setelah itu, kita bisa memilih data yang akan kita urutkan berdasarkan tanggal, bulan, atau tahun. Data akan ditampilkan secara mengikuti susunan waktu yang kita pilih.

Cara Membuat Bilangan Acak di Excel

Selain mengurutkan data, Excel juga memiliki fitur untuk membuat bilangan acak. Fitur ini cukup berguna apabila kita perlu membuat data sampel untuk keperluan analisis atau uji coba. Berikut adalah cara membuat bilangan acak di Excel:

1. Membuat Bilangan Acak Secara Otomatis

Pertama, pilih sel yang akan diisi dengan bilangan acak. Kemudian, ketik formula =RAND() di dalamnya. Tekan Enter pada keyboard. Bilangan acak akan muncul di dalam sel tersebut.

Baca Juga :  Belajar Membuat Rab Dengan Excel Pemula

Jika kita ingin membuat lebih dari satu bilangan acak, kita cukup mengeklik kotak pojok kanan bawah sel tersebut, kemudian menarik ke bawah atau ke samping. Bilangan acak akan muncul di setiap sel yang kita tujukan.

2. Membuat Bilangan Acak dalam Rentang Tertentu

Pertama, tentukan batasan rentang bilangan acak yang ingin kita buat. Misalnya, kita ingin membuat bilangan acak antara 1 hingga 1000. Kemudian, pilih sel yang akan diisi dengan bilangan acak pertama. Ketik formula =RAND()*1000 pada sel tersebut, kemudian tekan Enter.

Jika kita ingin membuat lebih dari satu bilangan acak, kita cukup mengeklik kotak pojok kanan bawah sel tersebut, kemudian menarik ke bawah atau ke samping. Bilangan acak akan muncul di setiap sel yang kita tujukan. Namun, untuk mengurutkan data bilangan acak, kita perlu menggunakan fitur sorting yang kita bahas sebelumnya.

Membuat Bilangan Acak di Excel

Gambar 2. Cara Membuat Bilangan Acak di Excel

FAQ

1. Apa itu Excel?

Excel adalah program pengolah data yang diciptakan oleh Microsoft. Program ini digunakan untuk menghitung, menginput, dan mengolah data.

2. Apa saja fitur di Excel?

Excel memiliki banyak fitur. Beberapa fitur populer di Excel adalah PivotTable, VLOOKUP, Calculated Field, dan Conditional Formatting.

Video Mengenai Excel

Berikut adalah video tutorial singkat mengenai Excel:



FAQ

1. Apa itu Excel?
Jawaban: Excel adalah program pengolah data yang diciptakan oleh Microsoft. Program ini digunakan untuk menghitung, menginput, dan mengolah data.

2. Apa saja fitur di Excel?
Jawaban: Excel memiliki banyak fitur. Beberapa fitur populer di Excel adalah PivotTable, VLOOKUP, Calculated Field, dan Conditional Formatting.