Cara Menghitung Perhitungan Pph 21 Gaji Excel

Tugas ini akan membahas tentang Dasar Perhitungan PPh Pasal 25 yang akan membahas tentang pengertian PPh Pasal 25 beserta cara perhitungannya. Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25 adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan yang diterima oleh wajib pajak orang pribadi yang bukan pengusaha dalam negeri (PMDN). Penghasilan yang dikenakan PPh Pasal 25 adalah penghasilan yang bersifat penghasilan dari usaha atau pekerjaan.

Pengertian PPh Pasal 25

Berdasarkan Undang-Undang No.36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan, PPh Pasal 25 adalah pajak penghasilan yang dikenakan atas penghasilan yang diterima oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang bukan pengusaha dalam negeri atas pembayaran yang diterima atau diperoleh.

Penghasilan yang dikenakan PPh Pasal 25 adalah penghasilan dari usaha atau pekerjaan, seperti honorarium, uang saku, dan penghasilan lainnya yang diterima oleh Wajib Pajak Orang Pribadi. PPh Pasal 25 dikenakan pada sumber penghasilan yang ada di Indonesia.

Berdasarkan Undang-Undang No.6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Pasal 21, permohonan pengurangan atau pengembalian PPh Pasal 25 hanya dapat dilakukan oleh wajib pajak dengan jenis penghasilan penghasilan Tidak Kena Pajak (TKP).

Cara Perhitungan PPh Pasal 25

Cara perhitungan PPh Pasal 25 terdiri atas beberapa tahap:

  1. Hitung Besarnya Penghasilan Bruto
  2. Hitunglah besarnya penghasilan bruto yang diterima oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang dikenakan PPh Pasal 25. Penghasilan bruto adalah penghasilan sebelum dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan.

  3. Kurangi Pengurang-pengurang PPh Pasal 25
  4. Dalam menghitung PPh Pasal 25, Wajib Pajak Orang Pribadi dapat mengurangkan biaya-biaya tertentu seperti pengeluaran-pengeluaran yang dibebankan secara langsung kepada pekerjaan atau penghasilan dalam rangka memperoleh, mengembangkan dan memelihara penghasilan yang dikenakan PPh Pasal 25.

  5. Hitung Total PPh Pasal 25
  6. Setelah menghitung penghasilan bruto dan dikurangi dengan pengurang-pengurang PPh Pasal 25, hitunglah total PPh Pasal 25 yang harus dibayarkan.

Contoh Perhitungan PPh Pasal 25

Berikut adalah contoh perhitungan PPh Pasal 25:

Seorang Wajib Pajak Orang Pribadi mendapatkan penghasilan dari pekerjaan senilai Rp 10.000.000,-. Penghasilan tersebut dikenakan PPh Pasal 25 sebesar 5%.

Berikut adalah contoh perhitungan PPh Pasal 25:

  1. Penghasilan Bruto
  2. Rp 10.000.000,-

  3. Pengurang-pengurang PPh Pasal 25
  4. Pengurangan biaya-biaya yang dibebankan secara langsung kepada pekerjaan atau penghasilan atau dalam rangka memperoleh, mengembangkan, dan memelihara penghasilan yang dikenakan PPh Pasal 25 sebesar Rp 2.000.000,-.

  5. Total PPh Pasal 25
  6. Total PPh Pasal 25 yang harus dibayarkan adalah Rp 400.000,- (5% x (Rp 10.000.000 – Rp 2.000.000)).

Cara Melakukan Pemotongan terhadap PPh Pasal 25

Besarnya pajak yang harus dipotong atas penghasilan yang dikenakan PPh Pasal 25 ditentukan berdasarkan Nota Penjualan atau Invoice yang didapat oleh Wajib Pajak dari pihak yang membayar penghasilan. Pemotongan PPh Pasal 25 dilakukan oleh pihak yang membayar penghasilan.

Pemotongan PPh Pasal 25 dapat dilakukan oleh pihak yang membayar penghasilan dengan melakukan pengurangan pada besarnya penghasilan yang diberikan kepada Wajib Pajak. Besarnya potongan PPh Pasal 25 diberikan kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam waktu 10 hari sejak melakukan potongan.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TRANSPARAN DI EXCEL

FAQ

Apa itu PPh Pasal 25?

PPh Pasal 25 adalah pajak penghasilan yang dikenakan atas penghasilan yang diterima oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang bukan pengusaha dalam negeri atas pembayaran yang diterima atau diperoleh.

Bagaimana cara menghitung PPh Pasal 25?

Cara perhitungan PPh Pasal 25 terdiri atas beberapa tahap, yaitu menghitung besarnya penghasilan bruto, mengurangi pengurang-pengurang PPh Pasal 25, dan menghitung total PPh Pasal 25 yang harus dibayarkan.

Video Tutorial Cara Perhitungan PPh Pasal 25

Berikut adalah video tutorial cara perhitungan PPh Pasal 25:

Gambar Tutorial Cara Perhitungan PPh Pasal 25

Perhitungan PPh Pasal 25 oleh Xpertascse

Cara Menghitung Perhitungan Pph 21 Gaji Excel

Sumber: http://xpertascse.weebly.com/

Rumus Excel Menghitung Ptkp oleh Delinewstv

Rumus Excel Menghitung Ptkp

Sumber: http://delinewstv.blogspot.com/

Cara Hitung Perhitungan PPh 21 Terbaru Excel 2022 + Download XLSX

Cara Hitung Perhitungan PPh 21

Sumber: https://jobskarir.id/

Tutorial Cara Perhitungan Pph21 Tetap Dan Tidak Tetap oleh Caribes.net

Tutorial Cara Perhitungan Pph21 Tetap Dan Tidak Tetap

Sumber: https://caribes.net/

Perhitungan PPh 21 Gaji Karyawan Accurate Online oleh FAC Institute

Perhitungan PPh 21 Gaji Karyawan

Sumber: https://fac-institute.com/