Cara Menghitung Nilai Terbesar Di Excel

Excel atau Microsoft Excel adalah aplikasi perangkat lunak pengolah angka yang digunakan untuk mengatur data dalam bentuk spreadsheet. Penyusunan data melalui excel dimulai dari membuat tabel, kemudian mengisi nilai dan melakukan pengolahan data dengan berbagai macam teknik dan rumus-rumus yang ada di dalamnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara menghitung nilai tertinggi dan terendah yang ada di excel serta cara menghitung jumlah nilai.

Cara Menghitung atau Menampilkan Nilai Tertinggi dan Terendah di Excel

Menghitung nilai tertinggi atau terendah dalam sebuah tabel merupakan salah satu hal yang penting dilakukan ketika kita ingin mencari suatu informasi tertentu dari data yang besar. Berikut ini adalah cara menghitung nilai tertinggi dan terendah di excel:

1. Menghitung Nilai Tertinggi

Untuk menghitung nilai tertinggi pada sebuah tabel, caranya adalah dengan menggunakan rumus MAX yang ada di excel. Berikut ini adalah contoh cara menghitung nilai tertinggi:

Langkah-langkah:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =MAX(nama range) dimana nama range adalah nama kolom yang ingin dihitung terhadap nilai tertinggi.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul.

Contoh:

Cara Menghitung Nilai Terbesar Di Excel

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus MAX:

Nilai
25
35
30
40
32

Jika kita ingin menghitung nilai tertinggi dari tabel di atas, maka kita bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT ROW TETAP DI EXCEL

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =MAX(A2:A6) dimana A2:A6 adalah range kolom nilai yang ingin dihitung terhadap nilai tertinggi.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul, yaitu 40.

2. Menghitung Nilai Terendah

Untuk menghitung nilai terendah pada sebuah tabel, caranya adalah dengan menggunakan rumus MIN yang ada di excel. Berikut ini adalah contoh cara menghitung nilai terendah:

Langkah-langkah:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =MIN(nama range) dimana nama range adalah nama kolom yang ingin dihitung terhadap nilai terendah.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul.

Contoh:

Cara Menghitung Jumlah Nilai Di Excel - Excel dan Rumus Microsoft Excel

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus MIN:

Nilai
25
35
30
40
32

Jika kita ingin menghitung nilai terendah dari tabel di atas, maka kita bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =MIN(A2:A6) dimana A2:A6 adalah range kolom nilai yang ingin dihitung terhadap nilai terendah.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul, yaitu 25.

Rumus Fungsi Excel Untuk Menentukan Nilai Tertinggi Atau Terbesar

Selain menggunakan rumus MAX, terdapat juga beberapa rumus lain yang bisa digunakan untuk menentukan nilai tertinggi atau terbesar. Berikut adalah beberapa rumus tersebut:

1. LARGE

Fungsi LARGE berfungsi untuk menentukan nilai tertinggi atau terbesar di antara sejumlah nilai. Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus LARGE:

Langkah-langkah:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =LARGE(nama range, k) dimana nama range adalah nama kolom yang ingin dihitung terhadap nilai tertinggi dan k adalah posisi nilai tertinggi dalam urutan data.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul.

Contoh:

Rumus Fungsi Excel Untuk Menentukan Nilai Tertinggi Atau Terbesar

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus LARGE:

Baca Juga :  CARA EDIT FILE MS EXCEL BENTUK PDF
Nilai
25
35
30
40
32

Jika kita ingin mengetahui nilai tertinggi ke-2 dari tabel di atas, maka kita bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =LARGE(A2:A6, 2) dimana A2:A6 adalah range kolom nilai yang ingin dihitung terhadap nilai tertinggi dan 2 adalah posisi nilai tertinggi dalam urutan data.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul, yaitu 35.

2. MAXIFS

Fungsi MAXIFS berfungsi untuk menentukan nilai tertinggi dari sejumlah nilai sesuai dengan kriteria yang kita tentukan. Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus MAXIFS:

Langkah-langkah:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =MAXIFS(nama range nilai, nama range kriteria, kriteria) dimana nama range nilai adalah range kolom nilai yang ingin dihitung terhadap nilai tertinggi, nama range kriteria adalah range kolom kriteria dan kriteria adalah kriteria yang ingin ditentukan.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul.

Contoh:

CARA MENGHITUNG NILAI KKM SECARA OTOMATIS MENGGUNAKAN APLIKASI EXCEL

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus MAXIFS:

Nilai Kriteria
80 Lulus
70 Gagal
85 Lulus
75 Gagal
90 Lulus

Jika kita ingin mengetahui nilai tertinggi dari peserta yang lulus (kriteria = “Lulus”), maka kita bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =MAXIFS(A2:A6, B2:B6, “Lulus”) dimana A2:A6 adalah range kolom nilai yang ingin dihitung terhadap nilai tertinggi, B2:B6 adalah range kolom kriteria dan “Lulus” adalah kriteria yang ingin ditentukan.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul, yaitu 90.

Cara Menghitung Jumlah Nilai Di Excel

Selain menghitung nilai tertinggi dan terendah, menghitung jumlah nilai juga sering dilakukan ketika kita ingin mengetahui total dari suatu data. Berikut ini adalah cara menghitung jumlah nilai di excel:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT 1ST DI EXCEL

1. Menggunakan Rumus SUM

Rumus SUM digunakan untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range atau range sel. Berikut ini adalah contoh cara menghitung jumlah nilai menggunakan rumus SUM:

Langkah-langkah:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =SUM(nama range) dimana nama range adalah nama kolom yang ingin dihitung jumlah nilainya.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul.

Contoh:

Cara Menghitung Persen Disertai Contoh | Excel-Kalkulator - Pakar Dokumen

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus SUM:

Nilai
25
35
30
40
32

Jika kita ingin menghitung jumlah nilai dari tabel di atas, maka kita bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =SUM(A2:A6) dimana A2:A6 adalah range kolom nilai yang ingin dihitung jumlah nilainya.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul, yaitu 162.

2. Menggunakan Rumus SUBTOTAL

Rumus SUBTOTAL digunakan untuk menghitung jumlah nilai pada sebuah range atau range sel dengan memperhitungkan filter yang ada pada tabel. Berikut ini adalah contoh cara menghitung jumlah nilai menggunakan rumus SUBTOTAL:

Langkah-langkah:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =SUBTOTAL(9, nama range) dimana nama range adalah nama kolom yang ingin dihitung jumlah nilainya.

2. Tekan enter pada keyboard maka hasilnya akan muncul.

Contoh:

Cara Menghitung Persen Disertai Contoh | Excel-Kalkulator - Pakar Dokumen

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus SUBTOTAL:

No Nama Nilai
1 Andi 25
2 Budi 35
3 Cici 30
4 Dani 40
5 Eva 32

Jika kita ingin menghitung jumlah nilai dari tabel di atas dengan filter pada kolom “Nama”, maka kita bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1. Pada sel kosong, ketikkan perintah =SUBTOTAL(9, C2:C6) dimana C2:C6 adalah range kolom nilai yang ingin dihitung jumlah nilainya dengan filter pada kolom “Nama”.

2. Tek