Cara Menghitung Nilai Bunga Dan Total Pada Fv Excel

Rumus Matematika memang seringkali membuat para siswa tertekan. Tidak hanya di sekolah, bahkan di kehidupan nyata, saat berurusan dengan keuangan, matematika tetap menjadi bagian yang harus dikuasai. Salah satu materi matematika yang dipakai dalam keuangan adalah rumus bunga. Menghitung bunga sebenarnya tidak sulit, selama kamu sudah memahami rumus-rumus matematika yang dibutuhkan.

Rumus Angsuran Bunga Matematika SMP

Rumus angsuran bunga matematika smp, biasanya digunakan dalam menghitung kredit. Kredit adalah bentuk pinjaman yang diberikan oleh bank kepada nasabah. Pada saat nasabah menerima kredit, biasanya akan diterapkan sistem pengembalian kredit (angsuran). Dalam setiap angsuran yang dibayarkan, pada umumnya terdiri dari angsuran pokok dan angsuran bunga.

Cara Menghitung Nilai Bunga Dan Total Pada Fv Excel

Rumus angsuran bunga dapat diperoleh dengan menggunakan rumus matematika dasar sebagai berikut:

Angsuran Bunga = Sisa Pinjaman Awal x Bunga / 12

Dalam rumus tersebut, “Sisa Pinjaman Awal” merupakan sisa pinjaman setelah dihitung setiap pengembalian kredit, lalu “Bunga” adalah persentase bunga yang diperhitungkan dalam angsuran tersebut. Sementara itu, “12” dalam rumus tersebut mencerminkan jumlah bulan dalam setahun (kalau pengembalian dilakukan secara tahunan).

Rumus Excel Menghitung Bunga Majemuk

Rumus excel menghitung bunga majemuk, sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis. Salah satu penggunaannya yaitu dalam menghitung investasi. Investasi yang dilakukan pada bank umumnya menggunakan sistem bunga majemuk. Sistem ini berarti penghasilan bunga pada investasi akan diproses oleh bank, lalu akan disetel untuk membayar pada investasi utama untuk jangka waktu yang ditentukan.

Rumus Excel Menghitung Bunga Majemuk

Untuk menghitung bunga majemuk menggunakan excel, pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan nilai awal (principal). Setelah itu, ditentukanlah durasi serta persentase bunga. Dalam Excel, rumus yang digunakan untuk menghitung bunga majemuk adalah sebagai berikut:

=P*(1+(R/N))^(N*T)

Penjelasan rumus: Dalam rumus tersebut, P adalah nilai awal (principal), R adalah persentase bunga (dalam decimal), N adalah jumlah compound (hitungan untuk bunga pada setiap periode) dan T adalah durasi (dalam tahun).

Cara Mencari Nilai Total Di Excel

Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki dalam excel adalah cara mencari nilai total di excel. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak data yang dikelola melalui excel, termasuk dalam penghitungan keuangan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai cara mencari nilai total sangat penting.

Cara Mencari Nilai Total Di Excel

Cara mencari nilai total di excel sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan rumus yang telah disediakan excel. Rumus tersebut dapat dipakai pada kolom penghitungan tertentu. Rumusnya adalah sebagai berikut:

=SUM(A1:A10)

Penjelasan rumus: Dalam rumus tersebut, A1 adalah sel awal dan A10 adalah sel akhir yang akan dihitung total nilainya.

Cara Menghitung Total Penjualan Di Excel

Bila kamu seorang pebisnis, tentu kamu ingin mengetahui berapa nilai total penjualan yang dihasilkan dalam rentang waktu tertentu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menghitung total penjualan di excel.

Cara Menghitung Total Penjualan Di Excel

Cara menghitung total penjualan di excel dapat dilakukan dengan menggunakan rumus SUM. Rumus tersebut digunakan untuk menghitung nilai total dalam satu atau beberapa sel dengan cara menjumlahkannya secara otomatis. Penulisan rumusnya dapat dilakukan seperti berikut:

=SUM(A1:A10)

Penjelasan rumus: Dalam rumus tersebut, A1 adalah sel awal kolom dan A10 adalah sel akhir yang akan dihitung total nilainya.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DAFTAR HADIR DI EXCEL 2007

FAQ

1. Apa itu Rumus Bunga?

Rumus bunga adalah rumus matematika dasar yang digunakan untuk menghitung jumlah bunga yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. Rumus bunga dapat digunakan sebagai acuan dalam menghitung bunga pada berbagai transaksi keuangan, seperti pinjaman, kredit, atau investasi.

2. Apa saja Rumus Matematika Dasar yang Dibutuhkan dalam Menghitung Bunga?

Beberapa rumus matematika dasar yang dibutuhkan dalam menghitung bunga antara lain rumus persen, rumus perkalian, dan rumus pangkat. Dalam rumus angsuran bunga, kamu juga perlu mengerti konsep sisa pinjaman dan durasi pengembalian. Selain itu, dalam menghitung bunga majemuk, kamu perlu mengerti konsep compounding (perhitungan bunga pada setiap periode).

Video Tutorial: Cara Menghitung Bunga